Mengenal Manfaat Black Garlic untuk Suplemen Kesehatan Tubuh Kita

Ada banyak manfaat black garlic untuk kesehatan - Diminimalis.com

Belakangan ini kepopuleran balck garlic begitu meningkat, sebagai herbal alami untuk membersihkan racun (detox) dari dalam tibuh. Black garlic bukanlah jenis bawang yang berwarna hitam, namun penyebuatan ini karena wujud bawang putih yang menjadi hitam akibat dipanaskan selama berhari-hari. Bagi Anda yang penasaran tentang apa itu black garlic, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengulas lebih dalam tentang manfaat black garlic untuk suplemen kesehatan tubuh kita.

 

Manfaat Black Garlic Untuk Kesehatan dan Kecantikan, cara konsumsi black garlic, efek samping black garlic, manfaat bawang hitam untuk kecantikan, harga black garlic, bawang hitam bahaya, manfaat bawang hitam untuk pria, gambar black garlic
Ada banyak manfaat black garlic untuk kesehatan – Diminimalis.com

Black garlic mengandung senyawa allicin sehingga membuatnya dijadikan sebagai salah satu obat herbal populer. Tanaman ini juga sudah digunakan sejak zaman Mesir Kuno. Allicin dalam bawang hitam termasuk komponen biologis aktif yang paling utama serta berperan sebagai anti bakteri.

Adanya allicin membuat bawang hitam berperan penting dalam menurunkan berat badan, mencegah tekanan darah tinggi, mengecerkan darah, zat anti oksidan, zat anti kanker hingga anti mikroba. Zat ini juga yang membuat bawang hitam memiliki bau yang khas. Akan tetapi apabila bawang hitam telah melalui proses fermentasi, maka baunya akan hilang dan justru menjadi sedap.

Manfaat Black Garlic untuk Suplemen Kesehatan

1. Anti Kanker

Manfaat Black Garlic Untuk Kesehatan dan Kecantikan, cara konsumsi black garlic, efek samping black garlic, manfaat bawang hitam untuk kecantikan, harga black garlic, bawang hitam bahaya, manfaat bawang hitam untuk pria, gambar black garlic
Black garlic dapat mencegah kanker – Diminimalis.com

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam bawang hitam terdapat zat anti kanker karena adanya kandungan sulfida alil. Selain itu, terdapat pula kandungan PhIP yang merupakan bentuk amina heterosiklik atau HCA. Diallyl sulfida dalam bawang hitam akan menghambat pertumbuhan zat karsinogen yang menyebabkan kanker. Ini membuat bawang hitam efektif dalam menangkal aneka jenis kanker yang berbahaya bagi tubuh.

2. Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi akan dapat diturunkan berkat konsumsi rutin bawang hitam. Manfaat bawang hitam untuk pria dan wanita ini terbukti berkat adanya riset bahwa bawang hitam efektif dalam menurunkan hipertensi antara 7 hingga 8 persen. Bahkan, efek bawang hitam ini juga bisa menurunkan tekanan darah orang normal.

3. Kaya Nutrisi dan Tetap Rendah Kalori

Bawang hitam terbukti sebagai herbal yang kandungan nutrisinya tinggi serta sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan utamanya terutama adalah vitamin C, kalsium serta zat besi. Dalam 136 gram bawang hitam terdapat vitamin C yang memenuhi hingga 71 persen kebutuhan harian, kalsium yang bisa memenuhi 25 persen kebutuhan harian serta zat besi yang memenuhi 13 persen kebutuhan harian.

Selain itu, masih dalam 136 gram bawang hitam akan terkandung pula karbohidrat sebanyak 45 gram yang memenuhi 15 persen kebutuhan harian serta serat sebanyak 3 gram yang memenuhi 11 persen kebutuhan harian. Nutrisi ini menjadikan bawang hitam sangat bermanfaat bagi kesehatan dan menunjang kesehatan. Selain itu, tidak ada kandungan zat yang membahayakan tubuh manusia seperti kalori ataupun lemak jenuh.

4. Sumber Antioksidan

Manfaat Black Garlic Untuk Kesehatan dan Kecantikan, cara konsumsi black garlic, efek samping black garlic, manfaat bawang hitam untuk kecantikan, harga black garlic, bawang hitam bahaya, manfaat bawang hitam untuk pria, gambar black garlic
Black garlick merupakan anti oksidan alami bagi tubuh – Diminimalis.com

Khasiat terpopuler dari bawang hitam ialah sumber antioksidan tinggi. Tak hanya mencegah, bawang hitam terbukti sebagai zat anti virus serta bakteri. Zat dalam bawang hitam juga akan dapat mencegah perkembangan bakteri, ragi, jamur serta cacing dalam tubuh.

5. Memangkas Kolesterol Jahat

Adanya kolesterol jahat dalam tubuh dapat diturunkan berkat konsumsi bawang hitam. Kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh akan menurun secara signifikan. Berdasar riset, bawang hitam bisa menurunkan kolesterol jahat sampai dengan 10 hingga 15 persen. Kabar baiknya lagi, bawang hitam takkan berefek pada HDL atau kolesterol baik, sehingga kita akan tetap sehat.

 

6. Efektif Bagi Kecantikan Kulit

Manfaat bawang hitam untuk kecantikan kulit pun sangat beragam. Diantaranya adalah membersihkan komedo yang ada di hidung, menghilangkan noda dari bekas luka, serta sebagai obat jerawat. Cara penggunaannya juga mudah karena kita cukup menghaluskan bawang hitam dan mengoleskannya pada bagian kulit yang bermasalah.

Cara konsumsi black garlic sendiri beragam dan bisa dicampur dengan beberapa makanan atau minuman. Jika ingin merasakan kekuatan rasa black garlic, kita bisa mengonsumsinya secara langsun. Apalagi sekarang sudah tersedia black garlic siap konsumsi di pasaran. Umumnya, bawang hitam ini akan dikemas dalam botol dan bisa kita keluarkan per siung tiap kali hendak dikonsumsi.

Mengingat manfaatnya yang luar biasa serta sangat beragam, tidak ada salahnya apabila kita juga mencoba untuk mengkonsumsi rempah ini. Untuk mendapatkan black garlic, Anda pun bisa membeli secaar online atau datang ke pusat perbelanjaan terdekat. Kita dapat menemukan bawang hitam dengan harga yang bervariasi sesuai ukuran dan isi per botol.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah keamanan dari bawang hitam yang kita beli. Pastikan produk tersebut aman dan terdaftar di BPOM sehingga terjamin legalitasnya. Selain itu, beli juga produk bawang hitam di tempat yang terpercaya dan memiliki reputasi bagus.

Demikian informasi tentang aneka manfaat kesehatan dari konsumsi black garlic yang bisa kita dapatkan. Dengan manfaat black garlic yang sangat luar biasa ini, tidak heran jika banyak orang yang mencarinya sebagai obat herbal dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.