oleh

Ternyata inilah Manfaat Bersepeda yang Jarang Kita Menyadarinya

Sebenarnya olah raga merupakan salah satu kebutuhan manusia yang tidak boleh ditinggalkan. Namun banyak orang yang akhirnya jarang berolah raga karena tak memiliki waktu luang, malas atau tidak memiliki teman untuk diajak berolah raga bersama. Termasuk salah satu faktor yang membuat seseorang enggan berolah raga, karena merasa tak memiliki skill yang membuatnya menjadi minder. Contoh dalam hal ini adalah skill futsal, voli, basket dsb. Padahal olah raga tidak seribet itu, bila hal tersebut menjadi salah satu kendala Anda untuk berolah raga, kenapa tidak berspeda saja? Terdengar simpel tapi hal ini bisa menjadi solusi olah raga yang bisa dijalani setiap orang. Karena ada banyak manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh yang sebaiknya kita pahami.

manfaat bersepeda, efek samping bersepeda, manfaat bersepeda untuk diet, olahraga bersepeda yang benar
Ada banyak manfaat dari olah raga bersepeda bagi tubuh Anda – Diminimalis.com

Manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh

Berikut ini ada beberapa manafaat bersepeda bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Bersepeda membantu membentuk tubuh. Karena gerakan saat bersepeda turut membentuk, menguatkan serta mengencangkan paha, otot betis dan daerah pinggul. Selain itu lemak di daerah ini akan berkurang dan diganti oleh otot.

2. Gerakan kaki saat mengayuh sepeda turut membantu mengurangi selulit di paha, serta mengurangi stres di daerah lutut dan pergelangan kaki dibanding dengan kegiatan lain seperti berjalan atau latihan aerobik.

3. Berpseda dapat membantu melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot seluruh tubuh.

4. Kalori yang terbakar saat bersepeda dapat membantu mengurangi resiko diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi dan berat badan.

5. Bila dilakukan dengan santai sembari menikmatipemandangan, maka hal ini dapat mengurangi stress dan mengembalikan semangat kerja Anda.

6. Bila ruitn dilakukan minimal seminggu sekali, akan baik untuk kesehatan jantung Anda. Ini menjadi solusi bagi Anda yang tidak memiliki ruang olah raga di rumah.

7. Meningkatkan kekuatan otot. Berapa banyak anggota tubuh yang terlibat saat Anda bersepeda? Hampir semuanya, bukan? Mulai dari kaki yang mengayuh hingga mata yang waspada.
Banyaknya anggota tubuh yang aktif membuat otot tubuh bagian yang bersangkutan mengalami peningkatan aktivitas. Jika aktivitas itu dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

8. Merawat sendi. Selain otot, sendi-sendi pada kaki dan tangan akan ikut aktif. Sikut, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Mobilitas yang baik pada persendian akan membuatnya makin fleksibel.

9. Menjaga berat badan. Berkat bersepeda, kinerja kardiovaskular dan otot Anda menjadi kian optimal. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik, dan otot terlatih adalah pembakaran kalori atau tingkat metabolisme tubuh ikut meningkat.

Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Upayakan untuk mengombinasikan kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan yang seimbang sebagai langkah menghindari risiko kegemukan.

10.Menurunkan tingkat stres. Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh tentu saja akan mengurangi beban pikiran Anda. Ditambah dengan indahnya pemandangan saat bersepeda, maka suasana hati akan semakin damai.

11. Menurunkan risiko penyakit-penyakit lain. Aktivitas fisik yang rutin melalui bersepeda baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif adalah minimnya risiko terkena diabetes. Hal ini terkait dengan stabilnya produksi insulin oleh tubuh yang aktif. Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker terutama kanker usus besar.

Efek samping bersepeda

Meski aa berbagai manfaat positif dari bersepeda sebagaimana yang telah kami ulas di atas, namun bersepeda juga memiliki efek samping yang sebaiknya Anda pahami, diantaranya yaitu.

manfaat bersepeda, efek samping bersepeda, manfaat bersepeda untuk diet, olahraga bersepeda yang benar
Disamping manfaatnya yang banyak, bersepeda juga memiliki efek samping yang sebaiknya Anda pahamai – Diminimalis.com

1. Bersepeda tidak dianjurkan bagi orang yeng memiliki masalah dengan sendi dan juga nyeri rematik.
2. Bersepeda bisa menurunkan kualitas dari sperma laki-laki, berdasarkan penelitian diketahui bersepeda lebih dari 5 jam dalam satu minggu bisa membuat 31-40 persen laki-laki memiliki jumlah sperma di bawah normal.
3. Gerakan berulang yang dilakukan saat bersepeda bisa menyebabkan masalah pada lutut, hal ini terjadi jika ada peningkatan dalam intensitas, jarak yang terlalu cepat penggunaan sadel yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.
4. Bagi Anda yang menyukai sepeda gunung, maka perlu hati-hati, karena medannya cenderung berisiko mengalami masalah atau cedera tulang punggung, akibat kecepatan tinggi dan jalur yang ekstrim.

Tips bersepeda yang aman

Banyak sekali bukan manfaat bersepeda yang bisa Anda rasakan, dan agar manfaat bersepeda tersebut semakin banyak, jangan lupakan faktor keamanan saat bersepeda. Bagaimanapun juga, keamanan bersepeda wajib dilakukan. Tanpa mengindahkan keamanan, manfaat bersepeda bisa sia-sia. Untuk itu, perhatikan beberapa tips bersepda aman berikut ini:

Periksa sepeda Anda

Sebelum bersepeda, pastikan Anda sudah memeriksa semua komponen pada sepeda Anda mulai dari rem, hingga kondisi ban. Membiarkan salah satu bagian sepeda Anda tidak berfungsi bisa membuat bencana.
Kenakan pelindung kepala, siku, dan lutut

Kepala, sikut, dan lutut adalah salah bagian tubuh yang rentan terluka jika jatuh. Pastikan ketiganya Anda lindungi sehingga jika terjatuh, efeknya tidak terlalu fatal.

Pastikan Anda terlihat

Ketika Anda mungkin bersepeda di jalanan dalam kondisi gelap, pastikan Anda bisa dilihat oleh pemakai kendaraan lain. Pasanglah lampu dan gunakan baju yang berwarna terang atau yang berbahan glow in the dark.

Demikian ulasan kami tentang manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga dengan dengan rutin melakukan aktifitas ini, Anda bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit, semoga bermanfaat. (ls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed