Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Bataton sebagai Bahan Konstruksi (Bagian #1 dari 2)

bataton sebagai bahan kontruksi bangunan - diminimalis.com

Manfaat bataton dalam kontruksi rumah sangatlah beragam, karena bataton bisa digunakan untuk rangka sekaligus dinding. Selain itu, pembangunan dengan bataton relatif lebih cepat dikarenakan semua material bataton adalah material yang siap pasang tanpa memulai proses pengecoran yang memakan waktu yang lama.

manfaat bataton, manfaat bata beton, harga bataton
bataton sebagai bahan kontruksi bangunan – diminimalis.com

Bataton terbuat dari campuran semen, agregat, pasir, kerikil, air dan bahan khusus lain. Bahan-bahan ini dicetak dalam berbagai bentuk yang kemudian disebuat sebagai bataton. Bentuk-bentuk bataton ini menyisakan rongga pada bagian dalamnya.


Manfaat bataton sebagai bahan kontruksi bangunan

Rongga pada bataton dapat berperan juga sebagai isolator panas. Rongga tersebut dapat menangkap rambatan radiasi panas pada dinding akibat tesengat terik matahari. Dengan begitu, suhu panas pada dinding tak seluruhnya merembes sampai ke dalam ruangan. Rongga bataton juga bisa diisi baja untuk tiang kolom, juga bisa sebagai jalur pipa air dan kabel listrik.

Manfaat bataton

Selain cepat, penggunaan bataton ini lebih murah karena proses pengerjaannya yang cepat sehingga mengurangi biaya konstruksi. Pembangunan menggunakan bataton ini juga lebih ekonomis dan ramah lingkungan karena tidak ada sampah konstruksi seperti bekisting, sebab bataton ini adalah material yang siap pakai terutama untuk konstruksi dinding rumah.

manfaat bataton, manfaat bata beton, harga bataton
bataton untuk membangun dinding pagar – diminimalis.com

Daya tarik lain dari bataton adalah proses konstruksinya lebih ekonomis jika dibandingkan bata merah. Pembuatan dinding bata merah memerlukan bingkai struktur (kolom praktis, sloof , dan ringbalk ), yang harus menggunakan cetakan (bekisting ). Selain menunggu masa keras beton, bekisting pada bingkai struktur dinding tadi harus dilepas. Untuk pemasangannya, minimal satu hari dicor, kemudian besoknya dilepas, baru dipasang lagi.

Jika Anda menggunakan babaton, proses ini hanya membutuhkan satu hari saja, dan tidak perlu menggunakan bekisting. Maka Anda bisa menghemat kayu, waktu dan tenaga. Biaya konstruksi jadi lebih ekonomis.
Dari situlah kemudian banyak orang mulai meninggalkan menggunakan batu bata merah, diantara alasan lainnya adalah proses pembuatannya yang masih konvensional dan bergantung terhadap cuaca. Jika hujan maka bata merah tidak bisa dioven atau dikeringkan di bawah matahari. Belum lagi ukuran batu bata atau bata merah yang tidak presisi atau sama, membuat orang yang memasang batu bata ini membutuhkan waktu untuk memasanganya. Karena hal-hal tersebutlah membuat orang-orang mulai memilih menggunakan bataton

Pembangunan dengan bataton lebih cepat dikarenakan semua material bataton adalah material yang siap pasang tanpa memulai proses pengecoran yang memakan waktu yang lama. Pembangunan menggunakan bataton ini juga lebih ekonomis dan ramah lingkungan karena tidak ada sampah konstruksi seperti bekisting.

Demikian ulasan kami tentang manfaat bataton untuk bahan kontruksi rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel lanjutan kami tentang jenis bataton di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Jenis bataton dan manfaatnya sebagai bahan kontruksi (Bagian #1 dari 2)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.