Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Baja Ringan untuk Konstruksi Rumah Minimalis Anda

macam-macam model bentuk baja ringan - diminimalis.com

Manfaat baja ringan untuk konstruksi rumah minimalis sangatlah banyak, selain bisa turut menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan kayu, baja ringan awet digunakan hingga puluhan tahun. Baja ringan merupakan jenis baja tipis, namun memiliki fungsi setara dengan baja konvensional. Bahannya yang tahan terhadap serangan rayap, membuat baja ringan kerap menjadi alternatif solusi menggantikan kayu sebagai rangka atap rumah.

manfaat baja ringan, kegunaan baja ringan, kelebihan baja ringan dibanding kayu, keunggulan baja ringan, kelemahan dan kelebihan baja ringan
macam-macam model bentuk baja ringan – diminimalis.com

Manfaat baja ringan untuk konstruksi rumah minimalis Anda

Rangka atap baja ringan diciptakan untuk memudahkan perakitan dan konstruksi. Meskipun tipis, baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik yang tinggi yaitu sekitar 550 MPa, sementara baja biasa hanya sekitar 300 MPa. Kekuatan tarik dan tegangan ini mampu untuk mengkompensasi bentuknya yang tipis. Ketebalan baja ringan yang beredar sekarang ini berkisar dari 0,4mm – 1mm.

Dalam perhitungan kuda-kuda, baja ringan amatlah berbeda dengan kayu, yakni cenderung lebih rapat. Semakin besar beban yang harus dipikul, jarak kuda-kuda semakin pendek. Misalnya untuk genting dengan bobot 40 kg/m2, jarak kuda-kuda bisa dibuat setiap 1,4m. Sementara bila bobot genteng mencapai 75kg/m2, maka jarak kuda-kuda menjadi 1,2m.

Kelebihan Baja Ringan :
• Karena bobotnya yang ringan dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya menjadi lebih rendah. Hal ini sangat berguna bagi bangunan yang berada di wilayah rawan gempa. Pada saat gempa terjadi, rangka atap yang ringan tidak akan membuat bangunan hancur karena menahan berat atap saat terjadi guncangan gempa.

manfaat baja ringan, kegunaan baja ringan, kelebihan baja ringan dibanding kayu, keunggulan baja ringan, kelemahan dan kelebihan baja ringan
pemakaian baja ringan untuk atap rangka atap masjid – diminimalis.com

• Apabila terjadi kebakaran, rangka baja ringan tidak berpotensi membesarkan api. Hal ini sangat berbeda dibanding dengan rangka kayu. Saat terjadi kebakaran, kayu dengan mudah akan membuat bara semakin membesar, sehingga kerusakan pada bangunan akan semakin parah.

• Rangka atap baja ringan bebas dari serangan rayap, sehingga tahan lama dan tak perlu direnovasi terlalu sering.

• Pemasangannya relatif lebih cepat bila dibandingkan dengan rangka kayu.

• Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut, jadi tidak berubah karena cuaca panas maupun dan dingin, sebagaimana yang biasa dialami oleh rangka atap yang terbuat dari kayu.

• Proses pengerjaan rangka atap baja ringan cenderung lebih cepat dibandingkan rangka kayu.

• Perawatan untuk pengecatan jadi berkurang, sebab baja ringan tahan karat sehingga tidak perlu dilakukan pengecatan.

• Rangka atap baja ringan lebih ramah lingkungan karena bisa mengu alam dan mengurangi penggunaan kayu yang diambil dari hutan.

Demikian ulasan kami tentang manfaat baja ringan untuk konstruksi rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel terkait kami tentang kekurangan baja ringan untuk konstruksi rumah minimalis
Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Kekurangan baja ringan untuk konstruksi rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.