Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Manfaat Aquascape yang tak Hanya Sebagai Penghias Interor saja

Aquascape nampak indah dengan penampakan landscapa taman di dalam air - diminimalis.com

Ketika menulis ini, saya begitu larut pada bayangan apa yang nanti bisa Anda dapatkan bila Anda juga nantinya memiliki sebuah aquascape di dalam rumah minimalis Anda. Mungkin sebagian orang masih penasaran, apa bedanya aquascape dan akuarium? Dan apa manfaat aquascape pada rumah minimalis Anda?

Pada dasarnya aquascape dan akuarium merupakan sebuah hiasan yang hampir sama, yaitu wadah yang terbuat dari kaca, (bisa segi empat atau bentuk lainnya) yang berisi air sebagai elemen hiasan rumah. Bedanya, bila akuarium diperuntukkan untuk memajang atau memelihara ikan-ikan hias, aquascape dirancang untuk membuat sebuah landscape taman di dalam air.

 Manfaat aquascape, Manfaat aquascape di dalam rumah, perbedaan aquascape dan akuarium
Aquascape nampak indah dengan penampakan landscapa taman di dalam air – diminimalis.com

Aquascape juga bisa diartikan sebagai konsep tanaman hias dalam aquarium atau pada kolam ikan air tawar yang disusun dengan kreatif untuk menjadikan tanaman tersebut unik dan indah. Aquascape umumnya dihiasi dengan batu-batu, kayu  dan ornamen lainnya.

Aquascape akan lebih indah bila dilengkapi dengan beberapa hewan air seperti ikan hias udang hias dan hewan lain yang berwarna-warni. Namun tidak semua jenis ikan yang bisa hidup pada habitat aquascape ini. Maka ada jenis aquascape yang berisi tanaman saja.

Manfaat aquascape dan mengapa Anda perlu menikmatinya

Mengenai alasan aquascape ada di rumah kita, ternyata sangat banyak sekali memberikan manfaat yaitu :

1. Sebagai elemen untuk memperindah interior rumah

 Manfaat aquascape, Manfaat aquascape di dalam rumah, perbedaan aquascape dan akuarium
Aquascape dapat memperindah interior rumah – diminimalis.com

Sebagaimana akuarium, aquascape juga merupakan elemen yang dapat memberikan keindahan tersendiri pada rumah minimalis Anda. Anda akan mendapatkan suasana brau yang sejuk dan damai, karena adanya nuansa air yang menenangkan hati.

2. Dapat dijadikan Sebagai media terapi

Memandang aquascape dapat menetralkan fikiran bagi orang yang edang mengalami stress. Aquascape juga efektif memberikan terapi bagi anak yang mengidap  autis dan hiperaktif. Selain itu, setiap orang yang dapat menikmati memandang aquascape, maka hal ini dapat menyehatkan jantung serta menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

3. Dapat menjadi sarana menenangkan pikiran

Adanya tanaman ini dapat bermanfaat bagi kesehatan serta mendukung keindahan suasana rumah Anda. Siapapun yang melihatnya, baik pemilik rumah maupun tamu yang sedang berkunjung, maka otomatis akan merasakan kesejukan dalam hati.

4. Melatih kreatifitas dan jiwa seni

Sebagaimana efek yang didapat apabila Anda merawat sebuah bonsai. Efek ketenangan dan perasaaan damai juga akan Anda dapat manakala Anda menikmati merawat tumbuhan yang ada pada aquascape Anda. Terlebih nuansa tenang dan gerakan lembut tanaman Anda di dalam air, membuat persanaan semakin damai dan rileks. Semakin indah Anda merancang tanaman tersebut, ini dapat dijadikan sarana untuk mengasah jiwa seni Anda saat merawat tanaamn pada aquascape tersebut.

Demikian ulasan kami tentang berbagai manfaat aquascape di dalam rumah minimalis Anda. Semoga dengan ulasan kami di atas, Anda terisnpirasi untuk memiliki salah aquascape di salah satu interior rumah minimalis Anda. Dengan  begitu Anda akan bisa menenangkan pikiran dan mempercantik rumah menggunakan aquascape yang nampak menawan. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.