Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Meski Banyak di Sekitar Kita, Makanan Tidak Sehat ini Perlu Dihindari

Ada banyak makanan tidak sehat di sekitar kita yang sebaiknya dihindari - Diminimalis.com

Ada banyak makanan tidak sehat di sekitar kita, baik itu makanan cepat saji, jajanan anak, hingga bahan makanan instan yang banyak dijual di pasaran. Untuk itu, kali ini Diminimalis akan mengulas untuk Anda apa saja makanan tidak sehat yang sebaiknya hindari, demi mencegah timbul dari berbagai serangan penyakit.

makanan tidak sehat dan penjelasannya gambar makanan tidak sehat makanan tidak sehat untuk anak contoh gambar makanan tidak seh
Ada banyak makanan tidak sehat di sekitar kita yang sebaiknya dihindari – Diminimalis.com

Makanan tidak sehat yang harus Anda hindari

Diantara berbagai makanan tidak sehat di sekitar kita yang perlu Anda hindari, antara lain.


Gorengan

makanan tidak sehat dan penjelasannya gambar makanan tidak sehat makanan tidak sehat untuk anak contoh gambar makanan tidak seh
Minyak dari gorengan dapat menimbulkan kolesterol dalam tubuh – Diminimalis.com

Kandungan kalori pada gorengan terbilang tinggi, begitu juga dengan kandungan lemak dan oksidannya. Gorengan dapat menjadi makanan tidak sehat apabila terlalu sering dikonsumsi. Lemak yang terkandung dalam minyak, dapat menyebabkan obesitas dan dapat menjadi salah satu penyebab penyakit jantung koroner.

Mi Instan

Ada banyak sekali bahaya yang terkanding dalam mi intsan. Pakar kesehatan, menggolongkan makanan jenis ini masuk dalam kategori makanan tidak sehat. Hal ini tidak lepas dari berbagai bahan baku dan bahan pelengkap yang digunakan dalam pembuatan mi instan tersebut.

Mi instan memiliki kandungan natrium tinggi yang dapat meningkatkan risiko penyakit kanker dan meningkatkan tekanan darah. Mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium tinggi dalam jangka panjang dapat memicu timbulnya penyakit lupus. Survey samishare.com terhadap salah satu produk mi instan, menemukan bahwa dalam sajian 1040 mg mengandung natrium sebanyak 45% atau hampir separohnya. Karena itu, usahakan menghindari mengkonsumsi mi instan kecuali saat terpkasa saja.

Bumbu olahan

Kebanyakan bumbu olahan yang banyak dijual di pasaran atau minimarket, mengandung banyak gula dan MSG. Bahan ini bila dicampurkan pada olahan masakan Anda, akan membuat masakan Anda menjadi tidak sehat lagi.

Bila Anda ingin membuat salad, atau masakan jenis lainnya, alangkah baiknya bumbunya Anda buat sendiri. Bila sisa, bumbu ini kemudian disimpan dalam kulkas. Metode ini mempertahankan umur bumbu lebih lama, daripada dibiarkan begitu saja di dapur Anda.

Makanan Kaleng

Makanan kalengan mengandung pengawet dan BPA , yaitu bahan kimia beracun yang berbahaya bagi organ reproduksi dan beresiko menyebabkan diabetes, penyakit jantung , dan kanker prostat . Makanan kaleng yang sangat asam, menyebabkan BPA larut ke dalam makanan Anda. Maka dari itu, usahakan selalu untuk mengkonsumsi makanan dari bahan yang masih segar.

Makan yang perlu dihindari bagi penderita diabetes

Jenis makanan yang mengandung banyak gula adalah musuh nomor satu bagi penderita diabetes. Makanan dengan kadar gula tinggi seperti, es krim, donat, serta makanan lain dengan pemanis buatan, bisa sangat berbahaya bagi orang yang menderita diabetes. Makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah, sehingga makanan-makanan tersebut layak untuk dihindari oleh penderita diabetes. Jika memang tidak bisa menghindari jenis makanan ber-gula, setidaknya Anda berusaha mengurangi membuat atau memilih makanan dengan kandungan gula minimal.

Maka dari itu, dianjurkan Anda mengonsumsi makanan buatan sendiri. Dengan begitu Anda bisa memantau bahan baku dan tambahan apa saja yang akan masuk ke tubuh. Selain jeli ketika memilih makanan, Anda juga disarankan untuk rutin mengecek kadar gula darah.

Hindari kesalahan-kesalahan ini saat menyajikan makanan

Menghangatkan sayur atau lauk pauk dengan tempat makanan berbahan plastik

Karena proses pemanasan ini dapat membuat makanan terkontaminasi oleh plastik yang larut saat dipanaskan. Akan lebih baik bila Anda menggunakan bahan yang alami, misal ketika memasak lontong Anda menggunakan daun pisang, bukan plastik.

Hindari menggunakan minyak goreng berulang-ulang

Terlebih menampung dan menyimpan minyak goreng yang sudah berwarna coklat setelah dipakai menggoreng berkali kali. Hal ini dapat menimbulkan peningkatan kolesterol. Belum lagi jika minyak tersebut ditampung di tempat terbuka tanpa tutup, karena nantinya bisa mengundang jamur untuk tumbuh.

Kesalahan saat memasak daging

Daging yang ingin Anda masak langsung dari pasar berbeda dengan daging yang baru keluaar dari kulkas. Daging segar akan memiliki kematangan yang merata saat dimasak, dibanding dengan daging yang sudah Anda simpan di kulkas. Untuk itu, sebelum memasak daging yang baru keluar dari kulkas, Anda perlu mendiamkannya paling tidak 30 menit, agar daging tersebut sesuai dengan suhu ruangan.

Menyimpan buah dan sayur dalam satu wadah di kulkas

Menyimpan sayur dan buah dalam satu wadah di dalam kulkas akan membuat bahan makanan tersebut cepat rusak. Agar buah dan sayur awet saat disimpan, sebaiknya jangan mencampurkan buah-buahan dalam satu wadah dengan sayuran. Karena kedua buah yang lama disimpan di kulkas, akan mengeluarkan gas ethylene yang bisa membuat sayuran lebih cepat rusak.

Untuk itu, masukkan sayuran ke dalam kantung plastik yang sudah dilubangi dan simpan dalam rak atau laci khusus sayuran. Sedangkan untuk buah jangan mencucinya jika belum ingin dikonsumsi, karena sisa airnya akan mempecepat buah rusak.

Minuman bersoda

Selain makanan-makanan di atas, Anda sebaiknya juga menghindari minuman bersoda. Karena hampir seluruh minuman bersoda menggunakan gula sirup yang lebih buruk dari gula biasa. Gula sirup tersebut dapat menyebabkan kadar gula dalam tubuh meningkat drastis.

Soda juga merupakan minuman dengan kandungan asam paling kuat. Saking kuatnya, asam dalam soda mengalahkan kandungan alkaline dalam tubuh yang cenderung basa. Hal ini dikhawatirkan bisa membuat tubuh lebih rentan diserang virus dan bakteri.

Demikian ulasan kami tentang berbagai makanan tidak sehat yang sebaiknya Anda hindari. Semoga ulasan kami di atas dapat membuat Anda lebih teliti saat menyajikan masakan terbaik bagi keluarga.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.