oleh

Bagaimana Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anak di Rumah?

Menyiapakan makanan sehat untuk anak merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tua. Karena anak-anak membutuhkan nutrisi yang cukup agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. Oleh karena itu, anak-anak harus secara teratur makan-makanan yang kaya vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Selain itu, anak-anak juga harus menghindari makanan olahan dan makanan ringan yang terlalu banyak gula, karena hal ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka dan berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Nah, apa sajakah makanan yang terbaik untuk mendukung tumbuh kembang anak? Kali ini Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang bagaimana menyiapkan makanan sehat untuk anak di rumah.

menyiapkan Makanan sehat untuk anak, kumpulan resep makanan anak, resep masakan untuk anak yang susah makan, Alasan Perlu Mengurangi Nasi Putih, akibat makan nasi putih, keuntungan tidak makan nasi
Beras merah dan telur kaya akan karbohidrat, serat dan protein yang baik bagi anak – diminimalis.com

Menyiapkan makanan sehat untuk anak

Mengapa para orang tua harus paham cara menyiapkan makanan sehat untuk anak? Karena masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan paling penting dalam kehidupan manusia. Pada masa kanak-kanaklah seluruh asupan gizi akan diproses untuk menunjang tumbuh kembang organ tubuh serta sistem saraf. Oleh karena itu, para orangtua wajib memperhatikan jumlah asupan gizi dan resep makanan sehat untuk anak lewat resep makanan anak agar pertumbuhan tubuh dan kecerdasannya dapat maksimal.

Namun, seringkali anak-anak tidak menyukai jenis makanan tertentu dengan alasan rasa yang kurang lezat. Padahal semua jenis makanan harus dikonsumsi dengan takaran yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anak. Lantas, apa sajakah upaya yang harus kita lakukan untuk dapat menyajikan makanan terbaik untuk anak? Anda bisa mengikuti tips berikut.

Pilihlah bahan makanan yang berkualitas

Bahan makanan yang berkualitas biasanya memiliki kandungan gizi yang tinggi serta bebas dari zat aditif yang berbahaya. Bila memiliki budget berlebih, tak ada salahnya untuk membeli bahan makanan organik. Dengan demikian, Anda dapat berkreasi membuat aneka hidangan lezat dan bergizi bagi si buah hati. Untuk urusan sumber energi, Anda bisa memilih penggunaan margarin daripada mentega. Karena margarin terbuat dari lemak nabati yang sehat dan bebas lemak jenuh.

Penuhi unsur gizi untuk anak-anak

Alangkah baiknya bila setiap hari Anda menyediakan buah-buahan untuk dikonsumsi buah hati Anda. Bahkan bila dengan buah-buahan tersebut mereka menjadi kenyang, maka tak perlu dipaksakan untuk makan karbohidrat setelah itu. Anda bisa menyiapkan makanan berat pada jam makan selanjutnya.

Anda jangan ragu untuk memberikan menu yang mengandung lemak, seperti daging, ikan dan kacang-kacangan. Bahan tersebut akan sangat baik bagi anak-anak karena juga mengandung protein tinggi. Untuk pemenuhan kalsium harian, Anda bisa menyajikan susu, roti keju atau sereal. Ini akan baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati Anda.

Setelah memahami gambaran tentang kandungan makanan apa saja yang diperlukan anak-anak, di bawah ini Anda bisa menyimak beberapa contoh menu makanan harian yang bisa Anda sajikan untuk buah hati Anda.

Menu sarapan

Makan pagi sangat penting karena sebagai bekal anak melakukan aktivitasnya yang aktif di pagi hingga siang hari. Menu sarapan yang baik untuk anak – anak adalah yang mengandung protein dan karbohidrat. Nasi dengan orak arik telur dan sangat cocok untuk menu bekal aktifitas mereka di pagi hari. Di hari lainnya Anda bisa memberikan variab menu lain seperti roti dengan isi sayur atau telur dadar.

Menu pengganti sarapan

Kadang kala anak-anak sering susah di ajak makan, terutama sarapan. Anda tak perlu cemas, cukup memberikannya segelas jus buah sebagai pengganti sarapan mereka. Buah-buahan merupakan makanan yang menyediakan serat, vitamin dan mineral dan juga merupakan sumber antioksidan. Salah satu buah yang kami rekomendasikan adalah alpukat. Karena alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik. Anda bisa mencampurkan alpukat bersama lemon untuk meningkatkan kalori yang dibutuhkan buah hati Anda.

Menu makan siang

Tips memasak makanan sehat, Tips memasak masakan sehat, cara mengolah makanan yang baik
Buah dan sayuran sangat baik sebagai asupan untuk tumbuh kembang buah hati Anda – diminimalis.com

Makan siang yang ideal bagi anak adalah menu makanan yang mengandung asupan kalori, vitamin, dan mineral yang cukup. Anda bisa memberikan buah untuk makanan pembuka kemudian dilanjutkan dengan nasi dan sayur-sayuran bening. Akan lebih baik lagi bila menu tersebut ditambah dengan tahu atau tempe goreng yang mengandung banyak protein. Jangan lupa berikan asupan serat dari nasi, roti serta sayur-sayuran.

Menu makan malam

Makan malam untuk anak-anak bisa mengikuti menu makan orang tua. Namun menu makan malam ini walaupun cukup bebas, haruslah tetap dijaga nilai kandungan gizinya. Berikan pula susu sebelum anak tidur, untuk merangsang hormon pertumbuhan yang kondusif berkembang di malam hari. Susu dan produk turunannya adalah makanan yang kaya akan kalsium, protein vitamin dan mineral yang sangat baik untuk usia pertumbuhan.

Demikian ulasan kami tentang cara menyiapkan makanan sehat untuk anak. Semoga ulasan di atas dapat menambah referensi bagi Anda tentang cara menyiapkan sajian terbaik bagi buah hati Anda. (ls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.