Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Membuat Makanan Sehat Pengganti Jajan Anak

Pastikan anak Anda diberikan makanan sehat, untuk meminimalisir dampak buruk pada jangka panjang - DIminimalis.com

Banyak sekali anak-anak yang susah makan, namun semangat sekali bila ingin jajan. Oleh karena itu, dibutuhkakn adanya ketelatenan ibu untuk membuat makanan sehat pengganti jajan anak.
Banyaknya pantangan makanan pada anak tentu membuat kebingungan. Anak-anak biasanya tidak mau memakan makanan yang sudah disipakan oleh ibu. Padahal, makanan yang telah disiapkan sudah diimbangi dan diatur sedemikian rupa untuk mencukupi gizi anak.

makanan sehat pengganti jajan, anak makanan sehat pengganti jajan, makanan pengganti nasi untuk anak, resep makanan diet pengganti nasi, sayuran pengganti nasi, olahan kentang pengganti nasi
Makanan sehat pengganti jajan anak, bisa Anda buat sendiri dengan bahan-bahan terbaik – DIminimalis.com

Makanan sehat pengganti jajan anak

Memiliki anak yang sulit makan tidak hanya dialami oleh satu atau dua ibu saja, banyak ibu yang mengeluh khawatir akan kondisi gizi anaknya yang semakin besar. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas cara mengatasi anak susah makan Berikut poin-poinnya.

1. Tidak Memberikan Makanan Lain Selain ASI selama 6 Bulan

Kebanyakan ibu di Indonesia memiliki masalah dengan pemberian ASI eksklusif. ASI eksklusif merupakan pemberian asupan berupa air susu ibu pada bayi selama usia 6 bulan tanpa adanya tambahan makanan apapun. Masalahnya adalah, kebanyak dari ibu sudah tidak sabar untuk memberikan makanan tambahan lainnya kepada bayi mereka.

Selain tidak baik bahkan membahayakan pencernaan bayi, pemberian makanan tambahan sebelum usia 6 bulan juga akan menjadikan anak enggan untuk menyusu kepada ibunya. Padahal, kandungan ASI sangatlah penting untuk bekal pertumbuhan dan perkembangan seorang anak nantinya. Jika anak tersebut terlatih untuk mengonsumsi makanan lain selain ASI, maka ketika menginjak usia pemberian maknan tambahan, anak akan merasa jenuh dengan makanan yang diberikan sehingga menurunkan nafsu makan anak hingga anak tumbuh dewasa.

2. Membuat Variasi Menu

Makanan Sehat Pengganti Jajan Anak, Tips Memasak Sehat, cara mengolah sayuran dengan baik, cara memasak sayur agar gizinya tidak hilang
Buatlah variasi menu masakan untuk anak Anda- diminimalis.com

Jangankan anak kecil, orang dewasa saja akan bosan ketika diberikan menu makanan itu-itu saja setiap waktu. Anak kecil pun akan merasaka demikian. Anak akan merasa jenuh jika memakan jenis makanan yang sama setiap harinya. Cara mengatasi anak susah makan yakni dengan membuat variasi menu makanan yang berbeda setiap harinya.

Bahkan akan lebih baik lagi jika setiap jam makan, menu yang disediakan juga akan berbeda. Selain meningkatkan nafsu makan anak, cara ini juga cukup efektif untuk ibu dalam mencoba membuat menu-menu makanan baru untuk si buah hati.

3. Mengatur Waktu Makan Secara Tepat

Salah satu alasan anak susah makan juga dipengaruhi oleh waktu makan. Akibatnya anak akan memakan makanan sembarangan seperti jajan untuk mengganjal perut mereka yang lapar tanpa sepengetahuan ibu. Usahkaan ibu disiplin dalam memberikan makan kepada anak agar anak terbiasa dengan jam makan yang disediakan.

4. Hindari Camilan Mendekati jam Makan

Anak-anak belum bisa mengontrol rasa lapar mereka. Akibatnya seringkali anak meminta cemilan untuk mengganjal perut mereka. Padahal banyak sekali makanan tidak sehat yang bisa dijajakan di sekitar rumahg kita. Camilan boleh saja diberikan asal kandungan camilan tersebut jelas dan sehat. Namun perlu juga diperhatikan waktu pemberiannya. Sangat tidak dianjurkan memberikan camilan pada anak ketika mendekati waktu mkakan karena dapat membuat anak kenyang sebelum jam makan yang seharusnya. Selain itu, ibu juga perlu rajin-rajin membuat masakan sehat pengganti jajan anak.

5. Menyajikan Makanan dengan Menarik

hidangan takjil dan buka puasa, makanan takjil dan buka puasa, hidangan takjil untuk buka puasa
sajikankah makanan semenarik mungkin – diminimalis.com

Segala bentuk visual yang akan disenangi oleh anak-anak, tak terkecuali makanan. Ibu dituntut untuk pintar dalam menyajikan makanan bahkan menyajikan penampilan makanan. Dengan tampilan yang menarik, anak akan lebih berselera dalam menghabiskan makanannya. Salah satu cara menyajikannya yaitu dengan membuat tampilan ala ala bento. Jika ibu tidak bisa menata makanan, kini banyak terdapat tutorial-tutorial menghias makanan anak di internet.

6. Bertanya kepada anak

Menentukan menu makanan bukan hanya menjadi keputusan ibu seorang. Perlu adanya kerjasama yang kooperatif antara ibu dan anak. Karena nantinya anaklah yang akan mengkonsumsi makanan tersebut.
Aktiflah bertanya pada anak menu makanan apa yang diinginkannya hari ini. Dengan begitu ibu bakan lebih mudah menentukan menu makanan. Selain itu, anak juga akan lebih bersemangat dalam makan karena memnu yang dibuat ibu adalah menu yang diinginkan si anak. Sehingga tidak ada makanan yang terbuang.

7. Gunakan Peralatan Makan yang Menarik

Menyajikan makanan sehat pengganti jajan anak yang juga penting adalah faktor cara memasaknya, termasuk memperhatikan kebersihan peralatan masak Anda. Buat pula tampilan sajian dengan lebih lucu dan imut. Cukup dengan memilih wadah, piring, sendok, garpu, dengan menggunakan gambar kartun atau tokoh favorit anak, dapat membantu anak meningkatkan nafsu makannya. Namun, tetap jangan lupakan kandungan gizi yang terkandung dalam menu makan kali ini.

8. Pisahkan Lauk dengan Nasi

Nasi yang dicampurkan dalam satu wadah dengan lauk akan membuat tampilan makanan menjadi tidak menarik. Akibatnya anak akan kehilangan nafsu makannya. Cara mengatasi anak susah makan yang lain adalah dengan mencoba pisahkan antara nasi dengan lauk dalam wadah yang berbeda. Jika terlalu memakan tempat, ibu dapat menggunakan wadah makan bersekat yang didesain khusus untuk menempatkan nasi dan lauk dalam tempat yang berbeda. dengan begitu, tampilan makanan tidak akan terlihat terlalu membosankan bagi anak.

9. Ajari Anak Mengambil Makananya Sendiri

Tips satu ini bisa ibu praktikkan hanya jika usia anak nsudah berada di atas 5 tahun. Pasalnya, anak akan merasa lebih menghargai makanan yang diambilnya sendiri ketimbang diambilkan oleh ibunya. Selain itu perhatikan juga menu makanannya. Hal tersebut turut membantu nafsu makan anak semakin naik.

10. Membuat Masakan Sehat Pengganti jajan Anak

Usia anak adalah usia yang banyak dipenuhi dengan rasa ingin tahu. Tak terkecuali soal makanan. Anak akan semakin penasaran dengan segala jenis jajan atau makanan di luar sana. Karena belum mengetahui kandungan gizi sebuah makanan, anak hanya akan memilih dan memakan makanan yang dirasa enak. Masalahnya, kandungan makanan tersebutlah yang tidak diketahui oleh ibu. Lagi-lagi, sang ibu dituntut untuk pandai dalam membuat makanan sehat pengganti jajan anak. Banyak-banyaklah bereksperimen dalam membuat makanna yang sehat agar anak tidak banyak jajan diluar. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.