Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mainan Anak yang Aman untuk Buah Hati Anda di Rumah

mainan anak yang aman haruslah tumpul dan ringan - diminimalis.com

Mainan anak yang aman sebaiknya dipilihkan oleh orang tua bagi buah hati yang masih dalam usia balita. Karena pada usia tersebut, mereka masih belum bisa menjaga diri dari bahaya benda-benda di sekitarnya. Faktor keamanan mainan tersebut bisa mencakup bentuk dan bahan dasarnya.

mainan anak yang aman, tips memilih mainan anak, mainan anak yang berbahaya
mainan anak yang aman haruslah tumpul dan ringan – diminimalis.com

Mainan anak yang aman dan nyaman untuk si buah hati

Bagi Anda yang masih bingung dan belum yakin dalam memilih mainan yang tepat bagi anak Anda, maka tips berikut mungkin bisa membantu Anda dalam memilih mainan yang baik sekaligus aman untuk bayi dan balita Anda.


mainan anak yang aman, tips memilih mainan anak, mainan anak yang berbahaya
mainan anak harus terbuat dari bahan yang aman – diminimalis.com

1. Mainan berukuran besar lebih baik daripada yang berukuran kecil
Mainan anak yang berukuran besar, umumnya lebih baik dibandingkan mainan yang memiliki bagian-bagian yang lebih kecil. Karena bayi sangat gemar untuk meletakkan apapun kedalam mulutnya, tak terkecuali mainan. Mainan yang memiliki bagian-bagian kecil memiliki kemungkinan resiko untuk tertelan. Oleh karenanya, pilihlah mainan anak yang memiliki ukuran besar supaya tidak tertelan oleh buah hati Anda.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Slime Mainan Anak yang Dapat Mengasah Kreatifitas Buah Hati Anda

2. Pilihlah mainan yang ringan
Selain ancaman tersedak akibat mainan yang memiliki bentuk kecil, berat atau ringannya sebuah mainan juga menjadi salah salah pertimbangan yang perlu Anda lakukan sebelum membeli. Pilihlah mainan yang ringan, sehingga apabila terjatuh tidak beresiko untuk menciderai sang bayi.

3. Pilihlah mainan dengan bentuk yang tumpul
Sebelum membeli, pastikan jika mainan tersebut tidak memiliki bagian tepi yang tajam sehingga dapat membahayakan keselamatan bayi Anda. Usahakan juga mainan tersebut tidak memiliki bagian-bagian kecil seperti kancing, mata, jahitan kecil dan lain sebagainya yang dapat dengan mudah rusak atau copot karena bisa membahayakan bayi Anda.

4. Pilih mainan edukatif
Pilihlah mainan yang informatif dan edukatif yang mengandung unsur pembelajaran bagi anak Anda. Dengan memberikan mainan dengan model seperti ini, maka otak anak akan semakin terlatih untuk berkembang. Contoh mainan-mainan edukatif yang bisa Anda pilih diantaranya misalnya mainan berbentuk hewan dan tulisan yang mampu mendorong mereka untuk berpikir kritis serta melibatkan koordinasi semua anggota tubuhnya.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Bagaimankah Cara Menyesuaikan Mainan dengan Umur Anak?

5. Lakukan inspeksi sebelum membeli
Lakukanlah inspeksi terhadap mainan yang akan dibeli. Caranya adalah dengan menyesuaikan usia dengan mainan untuk bayi Anda. Bayi mungkin akan menggigit cukup sering saat gigi mereka mulai tumbuh. Jadi sebaiknya pilihlah mainan dengan bahan yang aman, kuat dan lentur yang tidak membahayakan.

Demikian ulasan kami tentang mainan anak yang aman untuk buah hati Anda di rumah, Anda juga bisa membaca artikel terkait kami tentang hal yang perlu diketahui sebelum mendesain ruang bermain anak di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)
Ini harus diketahui sebelum menentukan desain ruang bermaian anak

Leave A Reply

Your email address will not be published.