Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mainan Anak terbaik untuk Usia 3 Tahun Ke Bawah,  Apa saja kriterianya?

maianan anak terbaik adalah yang aman dan tidak berbahaya - diminimalis.com

Mari kita sepakati, bahwa memberikan mainan anak terbaik adalah hak seluruh anak yang wajib diberikan orang tua. Pasalnya, hari ini masih saja banyak orang tua yang masih salah memilihkan mainan yang ideal untuk anak. Kriteria ideal tersebut, diantranya tentu saja menyesuaikan dengan umur, jenis kelamin, aman bagi kesehatan dan juga aman bagi perkembangan otaknya.

Maksudnya begini, untuk kriteria umur, tentu kita semua sudah memahami bagaimana menyesuaikannya. Jelas untuk anak 3 tahun ke bawah, perlu diberikan mainan yang tumpul, ringan dan terbuat dari bahan aman. Karena anak usia tersebut masih gemar memasukkan benda apapun ke dapam mulutnya. Selain itu, kriteria tumpul dan ringan juga jangan sampai kita lupakan.


 mainan anak terbaik,mainan anak yang aman, mainan bayi yang aman digigit, mainan anak edukatif
maianan anak terbaik adalah yang aman dan tidak berbahaya – diminimalis.com

Selanjutnya tentu saja bedakan maianan yang kita berikan berdasarkan jenis kelamin. Boneka untuk anak perempuan, pistol-pistolan untuk anak laki-laki. Sedangkan untuk mobil-mobilan, kebanyakan maianan ini digemari oleh anak laki-laki, namun ada pula anak perempuan yang juga menyukai mobil-mobilan.

Kemudian yang tidak kalah penting, kita perlu memahami kriteria mainan sehat bagi perkembangan otaknya. Contohhya, game PS, game PC maupun gadget. Sebenarnya mainan ini idelanya memang diperuntukkan bagi orang dewasa. Justru ada banyak hal yang tidak baik bila diperkenalkan pada anak usia dini.

Ada banyak efek negatif bila anak kecil sudah familiar dengan berbagai macam game tersebut. Karena setiap game dapat memberikan efek addictif (candu). Bila berlebihan, hal ini akan dapat membuat anak kurang terpacu syaraf motoriknya, kurang bergairah untuk bersosial, dan dapat merusak mata, bila mereka memainkan game tersebut dalam durasi yang cukup lama.

Mainan Anak Terbaik untuk Usia 3 Tahun ke Bawah

Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki buah hati yang masih kecil, tentu sebaiknya Anda bisa memilihkan yang edukatif sehingga anak bisa bermain sekaligus belajar. Jika anak Anda masih bayi, maka Anda harus bisa mencari mainan yang sesuai dengan usianya.

Minan anak yang aman, tips memilih Minan anak yang aman, Minan anak bayi
contoh mainan anak yang aman -diminimalis.com

Untuk bayi yang baru berusia 0 sampai 3 bulan, Anda tidak perlu membeli banyak mainan karena di tahap ini bayi masih tidur dan menyusu. Meskipun begitu, Anda tetap perlu memberikan mainan yang dapat menjadi edukasi buat mereka dengan tetap menyesuaikan dengan umur mereka. Untuk anak 0 sampai 3 bulan, Anda perlu memperkenalkan mainan yang mengandung unsur seperti bunyi-bunyian.

Untuk memilih mainan anak usia 3 tahun ke bawah, Anda harus bisa memilihkan mainan yang terbuat bahan yang aman apapbila dimasukkan ke dalam mulut anak. Memang banyak mainan khusus yang diperuntukkan bagi anakusia 3 tahun ke bawah. Mainan tersebut sengaja dibuat agar apat merangsang indera pengecap bayi.

Mainan yang digantung juga bisa memberikan daya tarik sendiri untuk bayi Anda. Mainan ini akan menstimulasi penglihatan dari bayi Anda. Usahakan mainan tersebut diikat dengan kuat agar tidak jatuh dan menimpa bayi Anda.

Contoh-contoh mainan anak yang aman selanjutnya adalah boneka karet dengan bahan yang lembut atau slime. Carilah boneka yang bisa mengajak bayi berbicara. Karena pada usia ini, bayi sudah bisa memainkan peranan kontak mata.

Saat akan membeli mainan ke bayi, Anda usahakan untuk memilih mainan dengan warna yang mencolok karena ini bisa menstimulasi penglihatan juga mampu mengembangkan kemampuan motorik dari bayi sehingga memicunya untuk menendang, menggapai mainan yang menarik perhatiannya.

Contoh-contoh mainan anak yang aman selanjutnya adalah cermin yang anti pecah. Anda bisa mencari cermin mainan yang tidak mudah pecah. Hal ini bisa membuat bayi kenal terhadap diri sendiri sehingga dia akan suka memandang wajahnya sendiri.

Jika Anda memiliki bayi di rumah atau anak yang masih kecil, maka Anda harus sebisa mungkin rajin mengajaknya berbicara, tirukan suara dan ocehannya sehingga ia akan kembali menirukan suara Anda. Anda bisa mengajak anak Anda untuk mendengar music, menonton tc, mendengar orang berbicara dan sebagainya.

Selain memilih mainan yang aman, hal terpenting yang jangan sampai terlewat adalah pengawasan orang tua. Meskipun mainan yang Anda pilih aman, Anda harus tetap menjaganya karena anak kecil cenderung melakukan hal-hal yang diluar kebiasaan mereka. Demikian ulasan kami tentang mainan anak terbaik untuk buah hati Anda, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.