Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Lukisan Mural Sebagai Trend Baru Penghias Dinding Rumah Minimalis

lukisan mural membuat dinding terkesan luas- diminimalis.com

Lukisan mural berasal dari kata “murus” dalam bahasa latin yang memiliki arti lukisan di atas dinding. Dalam pengertian kontemporer, mural adalah lukisan berukuran besar yang dibuat pada dinding interior, eksterior, langit-langit atau bidang datar lainnya. Secara ringkas, mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, yang bersifat permanen (Wikipedia). Ada pula yang mengartikan mural sebagai jenis wall painting dengan pola timbul atau 3D. Anda bisa melihat contoh desain wall painting 3D di bawah ini.

Contoh Wall Painting 3D di Membuat Dinding Terlihat Menawan

lukisan mural, lukisan mural rumah minimalis, lukisan mural dinding minimalis
lukisan mural membuat dinding terkesan luas- diminimalis.com

Lukisan mural di Indonesia sudah ada sejak zaman kemerdekaan. Pada saat itu para pejuang mengekspresikan keinginannya melalui lukisan di dinding luar yang bisa terlihat oleh banyak orang. Walaupun dengan skill dan peralatan yang masih sederhana, kosep tulisan di dinding menjadi sarana profokasi paling aman untuk membakar semangat juang seluruh lapisan masyrakat pada saat itu.

Lukisan mural sebagai penghias dinding rumah minimalis

Maka, mural sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari bangunan dalam elemen dinding. Dalam desain ruangan, dinding tidak lagi dipandang hanya sebagai pembatas ruang, atau sekedar unsur yang harus ada dalam bangunan rumah atau gedung. Saat ini peranan dinding juga dipandang sebagai media untuk memperindah ruang.

Mural sebagai sarana memperindah dinding, harus memiliki keterikatan dengan arsitektur atau bangunan, baik dari segi desain maupun dari segi kenyamanan bila dilihat.

Mural berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan yang meyampaikan suatu pesan positif, atau lebih tepatnya sebagai sarana mencurahkan aspirasi non verbal. Selain itu garfiti dalam proses pelukisannya kebanyakan dibuat dengan cat semprot, sedangkan mural tidak demikian. Mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat dinding, cat kayu bahkan pewarna apapun seperti kapur tulis dan alat lain yang dapat menghasilkan gambar.

Lukisan mural sebagai tren hiasan dinding rumah minimalis

Bicara tentang tren, maka kita tak perlu terlalu melihatnya dari segi manfaat secara praktis. Dibanding dengan wall paper yang juga difungsikan sebagai penghias dinding, mural tidaklah bisa melindungi dinding dari kebakaran. Namun mural tetap menjadi alternatif pilihan penghias dinding rumah minimalis, karena memiliki manfaat lain.

lukisan mural, lukisan mural rumah minimalis, lukisan mural dinding minimalis
lukisan mural 3d – diminimalis.com

Tentu saja salah satu manfaat mural secara umum salah satunya sebagai penghias dinding. Manfaat yang banyak didapat justru pada proses pembuatannya, yaitu ketika mural tersebut dibuat sendiri oleh pemilik rumah minimalis tersebut. Dan pada saat itulah, si pemilik rumah akan merasakan sensasi tak terkira ketika bisa mengeksekusi tiap goresan pada dinding rumahnya.

Dari tahapan paling awal hingga finishing dalam proses melukisnya, terdapat banyak sekali pembelajaran yang didapat dari hasil melukisnya. Kita akan belajar mengkonsep, memantapkan diri mengambil keputusan, menguatkan nyali, membuat perhitungan dan konsekuen terhadap hasil yang kita buat.

Demikian, ulasan kami tentang lukisan mural sebagai tren penghias dinding rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel terkait tentang manfaat lukisan mural di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.