Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Dimana Letak Arah Rumah Anda? Kenali Kekurangan dan Kelebihannya

menentukan arah - diminimalis.com

Letak arah rumah biasanya dicantumkan di dalam brosur penawaran oleh pengembang properti atau orang yang ingin menjual rumahnya. Dengan pencantuman tersebut dimaksudkan agar calon pembeli dapat memperkirakan dengan jelas bagaimana kondisi rumah tersebut. Dari sini letak hadap rumah menjadi salah satu hal penting yang akan mempengaruhi minat beli calon pembeli rumah Anda.

Letak arah rumah
menentukan arah – diminimalis.com

Di sisi lain arah rumah yang baik juga akan menentukan tingkat kenyamanan seseorang ketika menempati sebuah rumah. Semakin tepat seseorang menentukan letak rumahnya, semakin besar pula kenyamanan yang akan didapatnya, begitu pula sebaliknya. Letak hadap rumah juga mempengaruhi sehat tidaknya suatu rumah untuk dihuni dan tentunya semakin nyaman dan sehat suatu rumah akan menjadikan penghuni rumah tersebut merasa betah.

Semakin tepat letak arah rumah Anda tentukan, makin banyak pula faedah yang dapat Anda ambil. Sekarang, dari ke empat arah penjuru mata angin, kira-kira rumah yang menghadap ke mana yang paling baik untuk Anda gunakan? Lalu, jika Anda sudah terlanjur salah dalam menentukan letak arah rumah yang baik, bagaimana solusinya?

Kenali kekurangan dan kelebihan letak arah rumah Anda

Setiap letak arah rumah yang menghadap ke arah mata angin berbeda akan memiliki kekurangan dan kelebihan berbeda. Anda tidak perlu khawatir dengan nasib rumah Anda yang mungkin saja sudah terlanjur menghadap ke arah yang kurang tepat.

Berikut ini akan diminimalis ulas tentang letak arah rumah yang baik seperti apa dan juga diulas juga mengenai tips dan trik mengatasi arah hadap rumah yang kurang tepat. Selamat menyimak.

Rumah menghadap selatan

Kebanyakan orang akan merekomendasikan letak arah rumah yang menghadap selatan sebagai pilihan sebuah hunian. Sinar matahari yang lebih sering menerpa bagian utara rumah akan menjadikan teras dan fasad rumah lebih teduh sehingga menjadikan area tersebut lebih nyaman untuk bersantai. Untuk area jemur, Anda bisa menggunakan area belakang rumah yang selalu disinari matahari dari pagi hingga sore hari. Dengan arah hadap rumah ke selatan juga akan menjadikan rumah terhindar dari kesan lembab.

Rumah menghadap utara

Pada rumah yang menghadap utara, area teras akan lebih sering terkena sinar matahari di pagi hari. Sinar pagi memang akan menyehatkan, namun Anda harus mengimbanginya dengan desain rumah yang baik, agar intensitas matahari yang menyinari rumah tidak menggangu. Penggunaan kanopi atau penanaman pohon di halaman rumah bisa Anda jadikan solusi mengurangi panas dari matahari. Sedangkan area belakang rumah akan cenderung teduh, sehingga tidak cocok jika digunakan sebagai tempat menjemur. Area yang pas difungsikan sebagai tempat menjemur adalah bagian timur dan barat rumah.

taman kering
ruang terbuka dalam rumah – diminimalis.com

Rumah menghadap timur

Sinar pagi yang menyehatkan saat jam 9 akan didapatkan rumah dengan arah hadap ke timur. Namun, setelah lebih dari jam 9, suhu ruangan akan cenderung naik sehingga menjadikan penghuninya tidak nyaman. Anda bisa mengurangi suhu ruangan dengan membuat taman di depan rumah ataupun pemasangan kanopi. Agar cucian Anda cepat kering, jadikan area utara rumah sebagai area jemur cucian Anda.

Rumah menghadap barat

Letak arah rumah yang terakhir ini menjadi letak yan kurang baik untuk rumah minimalis Anda. Hal ini dikarenakan rumah tidak akan mendapat sinar matahari dengan maksimal yang akan menyebabakn rumah menjadi lembab dan kurang sehat. Namun Anda tidak usah khawatir dulu, ada banyak solusi untuk mengatasinya.

Untuk membantu masuknya sinar matahari ke dalam rumah Anda bisa membuka jendela ataupun dengan membuat area terbuka di dalam rumah. Sisi utara rumah adalah tempat yang pas untuk Anda jadikan sebagai area jemur dan jangan lupa juga tanam tanaman di sekitar rumah agar udara sekitar tidak panas.

Demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai kekurangan dan kelebihan masing-masing letak arah rumah pada ke empat penjuru mata angin dan juga kiat mengatasi jikalau letak rumah yang ada kurang sesuai. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am.).

Hal yang Perlu Anda Tahu sebelum Membangun Rumah.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.