Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Lantai yang Dapat Menyejukkan Suhu Rumah , Apa Sajakah?

lantai marmer dapat menyejukkan suhu rumah secara efektif - diminimalis.com

Memiliki lantai yang dapat menyejukkan suhu merupakan keuntungan tersendiri bagi pemilik rumah minimalis. Namun saat memilihnya, kita juga perlu mempertimbangkan nilai estetika agar interior Anda tetap dapat tampilmenarik. Dengan pemilihan lantai yang tepat, Anda bisa mewujudkan suasana dan tampilan tertentu sesuai dengan konsep ruangan yang sudah direncanakan.

lantai yang dapat menyejukkan suhu, lantai yang dapat menyejukkan suhu  ruangan, ruangan sejuk tanpa ac
lantai marmer dapat menyejukkan suhu rumah secara efektif – diminimalis.com

Lantai yang Dapat Menyejukkan Suhu Rumah

Lantai yang dapat menyejukkan suhu ruangan saat ini semakin banyak peminatnya. Hal ini sangat wajar, mengingat Indonesia adalah negara tropis yang memiliki suhu cukup tinggi saat musim kemarau. Dengan adanya lantai yang mampu menyejukkan suhu, penghuni rumah tentunya akan lebih nyaman berada di dalam rumah. Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang jenis-jenis lantai yang mampu menyejukkan suhu ruangan dalam rumah, diantarnya yaitu :

1. Lantai Tegel

Lantai penyejuk suhu yang pertama adalah tegel. Tegel adalah jenis lantai yang terbuat dari bahan semen dan pasir yang dikombinasi lalu dipercantik dengan pewarnaan dan motif yang menarik. Berbeda dengan lantai keramik, lantai tegel lebih dingin dan sejuk. Jadi jika Anda menginginkan lantai yang mampu menyejukkan suhu, lantai tegel ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan terbaik.

Lantai tegel seringkali digunakan di bangunan atau desa-desa yang sudah cukup tua. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin menciptakan konsep klasik dan tradisional untuk rumah tercinta. Saat masih baru, lantai tegel terasa agak kasar sehingga Anda mungkin akan merasa agak kurang nyaman saat menginjaknya. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa membuatnya halus dan mengkilap dengan cara membersihkannya dengan lap kering secara teratur.

2. Lantai Marmer

Tentu kita semua sudah paham, bahwa lantai marmer adalah lantai yang sangat ampuh untuk menyejukkan ruangan. Selain karena kemampuannya tersebut, Lantai marmer banyak diminati karena memiliki motif yang berkelas dan elegan. Hal ini dikarenakan marmer terbuat dari jenis batu kristalin bertekstur kasar dari dolomit atau gamping. Lantai marmer dapat menyerap cairan lebih mudah karena memiliki pori-pori yang terbilang besar. Oleh karena itulah mengapa dibutuhkan cara khusus agar lantai marmer tetap cemerlang dan tidak mudah memiliki noda.

lantai kayu, lantai kayu vinyl, lantai kayu murah, lantai kayu parket, cara pemasangan lantai kayu
Contoh lantai kayu yang terawat – diminimalis.com

3. Lantai Kayu

Lantai yang dapat menyejukkan suhu selanjutnya adalah lantai kayu atau parket. Lantai kayu sangat disukai karena terkesan natural, klasik, unik dan alami. Namun tahukah Anda bahwa lantai yang terbuat dari bahan kayu memiliki kemampuuan untuk beradaptasi dengan lingkungan (efek isolasi)?. Dimana saat udara sedang dingin, maka lantai kayu akan terasa tetap hangat. Sebaliknya, saat ruangan memiliki suhu udara yang panas maka lantai kayu ini akan terasa sejuk.

Jenis lantai kayu dibedakan menjadi dua bentuk. Bentuk yang pertama adalah berupa papan kayu berukuran panjang yang saling tersambung antar satu kayu dengan kayu lainnya. Biasanya jenis ini dipasang dengan bantuan skrup. Sementara yang kedua adalah lempengan kayu tipis berbentuk persegi. Jenis ini biasanya dipasang dengan lem khusus atau perekat.

4. Lantai Granit

Berbeda dengan lantai marmer yang memiliki pori-pori besar, lantai granit justru memiliki pori-pori yang kecil sehingga memiliki daya serap yang kecil. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengepel lantai terlalu sering seperti lantai marmer. Lantai granit terkenal sangat kokoh dan juga dingin sehingga dapat memberikan kesejukan yang nyaman pada ruangan di dalam rumah Anda.

Jenis-jenis lantai di atas bisa dengan mudah Anda temukan di toko bangunan. Sekian ulasan kami terkait dengan jenis lantai yang dapat menyejukkan suhu ruangan. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.