Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Lantai Kayu Antara Kelebihan dan Konsekuensi Perawatannya

Contoh lantai kayu yang terawat - diminimalis.com

Merawat lantai kayu (parket) merupakan aktifitas yang harus dilakukan secara rutin. Merawat lantai kayu (parket) sama pentingnya dengan merawat lantai keramik. Namun dalam merawat lantai kayu harus dilakukan dengan hati-hati. Karena kayu merupakan bahan alam yang bisa berubah karena kondisi lingkungan sekitarnya.

lantai kayu, lantai kayu vinyl, lantai kayu murah, lantai kayu parket, cara pemasangan lantai kayu
Contoh lantai kayu yang terawat – diminimalis.com

Lantai kayu yang tidak terawat akan menjadikannya mudah rusak.

Di musim panas, kayu bisa mudah lapuk, dan di musim hujan, kayu bisa mudah berjamur karena udara terlalu lembab. Terkena sinar matahari berlebih dapat membuat lantai berbahan kayu menjadi kusam, selain itu juga dapat membuat kayu menjadi melengkung dan retak.

merawat ubin kayu, perawatan ubin kayu, cairan pembersih lantai kayu, tips mengkilapi lantai kayu, cairan pembersih lantai parket, cara merawat lantai kayu parket
merawat lantai kayu – diminimalis.com

Kita yang hanya mengenal dua musim sepanjang tahun, harus paham dengan efek iklim terhadap lantai parket yang kita miliki. Musim panas dengan udara yang kering, bisa membuat lantai kayu menjadi lapuk dan pecah. Sedangkan di musim hujan, kayu mudah menjadi lembab dan mengalami oksidasi. Kondisi ini akan membuat kayu mudah digerogoti rayap.

Beda dengan lantai keramik yang baik dipel menggunakan air setiap hari, lantai dengan bahan kayu justru perlu dihindarkan dari penggunaan air ketika membersihkannya. Tidak ubahnya seperti ketika Anda merawat furnitur berbahan dasar kayu, perawatan lantai parket juga memerlukan ketelitian yang sama.

Lantai kayu memerlukan perawatan yang sedikit lebih intensif daripada lantai biasa.
Lantai kayu membutuhkan perhatian khusus dikarenakan lantai kayu sedikit lebih sensitif. Berikut diminimalis ulas beberapa cara untuk merawat lantai parket Anda supaya lebih tanah lama.

1. Biasakan menyapu lantai parket rutin setiap hari agar debu tidak bertumpuk pada permukaan parket. Pakailah sapu berbulu lembut atau vacuum cleaner untuk membersihkan, dan lanjutkan dengan lap kering untuk mengangkat sisa-sisa debu.

2. Meski banyak produk lantai parket yang menjanjikan tahan gores dan tak bisa dirembesi air, lebih baik hindari penggunaan air pada lantai parket untuk menjaga keawetannya. Jangan sampai air merembes ke dalam pori-pori parket karena akan membuatnya terkelupas. Jangan pernah mengepel lantai parket menggunakan air, karena genangan air yang terkurung di lapisan plywood bisa melapukkan kayu. Selain itu, dengan meningkatnya kelembaban pada parket dapat menimbulkan perbedaan tekanan yang drastis, akibatnya sendi parket bisa lepas.

3. Jika lantai parket Anda terkena noda makanan atau minuman, segera angkat kotorannya dengan tisu atau lap kering. Lalu gunakan cairan khusus pembersih kayu parket untuk membersihkan lapisan permukaannya.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentanglantai kayu untuk rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang desain rumah minimalis kayu di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Rumah minimalis kayu baikkah untuk wilayah tropis?

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.