Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Lantai Carport Rumah Minimalis dan Aneka Jenis Bahan Pelapisnya

lantai carport batu alam dengan motif yang indah - diminimalis.com

Lantai carport merupakan elemen penting yang perlu dirancang dengan baik agar kendaraan tidak slip karena licin. Selain konstruksi lantai, hal berikutnya yang tak kalah penting adalah material penutup lantai. Ada beragam jenis material penutup lantai yang tersedia di pasaran, mulai dari beton cetak hingga keramik. Masing-masing material memiliki tampilan serta keunggulan yang berbeda.

lantai carport, lantai carport batu alam, cara membuat lantai carport
lantai carport batu alam dengan motif yang indah – diminimalis.com

Lantai carport dan aneka bahan pelapisnya

Jika Anda hendak memilih material penutup lantai carport, pastikan permukaannya bertekstur kasar, sehingga tidak licin saat tersiram air. Selain itu, pilih bahan yang memiliki daya tahan yang kuat karena akan menahan beban kendaraan. Terakhir, pertimbangkan pula tentang perawatannya. Di bawah ini beberapa material penutup lantai carport yang bisa Anda pilih:


Semen Cetak

Adukan semen ini terdiri dari campuran pasir, semen dan koral kecil. Lantai semen cetak dapat berupa lembaran atau lempengan dengan ketebalan 3cm hingga 5cm. Proses pencetakan pun bisa dilakukan dengan cor ditempat atau cor di tempat lain kemudian di pasang di lantai carport Anda. Agar tampilannya menarik, Anda bisa mengisi nat antar semen dengan material koral sikat atau rumput.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Taman Atap Rumah Indah untuk Bersantai Keluarga

Semen Plesteran

Lantai semen plesteran merupakan jenis material yang paling sederhana dan murah. Cara pengerjaannya sangat sederhana, hanya dengan memberi plesteran pada permukaan lantai kemudian sebagai finishing, diberi aksen garis dengan menggunakan alat khusus yang disebut trowel.

Beton cetak

Ada dua jenis beton cetak yang tersedia di pasaran. Beton cetak yang bentuknya padat disebut paving block, sementara beton cetak yang bagian tengahnya berongga adalah grass block. Material ini disebut ramah lingkungan sebab rongga di bagian tengah grass block dapat ditanami rumput yang mampu menyerap air hujan untuk menjadi cadangan air tanah.

Koral atau batu Sikat

Koral Sikat cara pengerjaan bahan ini hampir sama dengan semen cetak. Tetapi bedanya, di setiap permukaan semen ditaburi batu koral sikat, lalu pada saat setengah kering permukaan semen disikat dengan sikat kawat supaya tekstur dari koral sikat lebih muncul. Untuk material jenis ini membutuhkan perawatan berkala untuk mencegah timbulnya jamur, yang terutama disaat musim hujan.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Ingin Menghangatkan Rumah? Kenali Jenis Tungku Perapian Berikut Ini
lantai carport, lantai carport batu alam, cara membuat lantai carport
lantai carport batu alam dengan motif yang indah – diminimalis.com

Batu Alam

Lantai carport dengan batu alam memiliki daya tarik tersendiri karena dapat dibentuk dengan motif yang unik dan beragam sesuai selera. Material batu alam yang lazim digunakan sebagai penutup lantai carport adalah batu andesit dan batu kali lempeng. Warnanya yang cenderung gelap menyamarkan noda dan terkesan alami. Untuk mencegah jamur, lapisi permukaan batu alam dengan cairan coating.

Demikian ulasan kami tentang berberapa jenis pelapis lantai carport yang ideal untuk rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca ulasan terkait kami lainnya tentang cara mendesain carport yang aman sebagai pelindung mobil Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Cara mendesain carport yang aman sebagai pelindung mobil Anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.