Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Landscape Taman Rumah Minimalis dalam Beragam Fungsi dan Gaya

landscape taman rumah minimalis - diminimalis.com

Landscape taman rumah minimalis menjadi salah satu bagian wajib yang tak terpisahkan dari rumah-rumah minimalis. Keberadaan taman landscape ini menjadi sebuah penyejuk dan pemberi kenyamanan bagi seluruh penghuni rumah minimalis, bahkan para tamu yang berkunjung pun akan turut merasa nyaman dengan keberadaannya. Memiliki landscape taman rumah minimalis akan melengkapi seluruh bagian dari sebuah citra hunian yang nyaman dan elegan.

Landscape taman rumah minimalis banyak diminati terutama oleh pemilik rumah minimalis di kota-kota metropolitan. Selain nilai prestise dan menambah elegan sebuah rumah minimalis, keberadaan taman landscape pada rumah minimalis di kota metropolitan menjadi sebuah penawar akan panasnya udara dan lingkungan yang cenderung membuat tidak nyaman. Dengan adanya landscape ini, menjadikan rumah terasa lebih sejuk dan nyaman untuk beristirahat dan melepas penat setelah seharian lelah bekerja.


landscape taman rumah minimalis - diminimalis.com
landscape taman rumah minimalis – diminimalis.com

Rumput jepang dan gajah mini

Bagi Anda yang memiliki putra-putri yang belum beranjak dewasa, keberadaan taman ini bisa menjadi salah satu arena dimana mereka dapat bermain dan belajar tentang alam. Anda bisa menambahkan beberapa tanaman yang khas di samping rumput dan bunga yang memang menjadi penghuni umum dari taman landscape rumah minimalis Anda. Adanya kolam ikan di salah satu sudut taman juga semakin menambah tampilan landscape taman menjadi lebih menyejukkan mata dan hati.

Dengan rumput gajah mini atau rumput jepang dengan ujung yang tidak runcing, area landscape taman rumah minimalis dapat Anda manfaatkan guna bermain bersama buah hati tercinta. Jika Anda menempatkan area landscape pada tepat yang tepat, maka ketika sore hari area ini akan terlindung oleh bayangan rumah atau pagar tembok Anda sehingga Anda dan buah hati bisa dengan nyaman bermain di sana. Berbagai permainan bisa Anda mainkan untuk bercengkerama dengan buah hati, atau hanya sekedar duduk bersama dan mendengarkan sang bunda membacakan sebuah cerita dari kumpulan kisah orang-orang hebat pada masa lalu.

landscape taman rumah minimalis kolam ikan - diminimalis.com
landscape taman rumah minimalis kolam ikan – diminimalis.com

Kolam ikan yang selalu menyejukkan

Memelihara hewan peliharaan merupakan salah satu media bagi kita untuk mengajarkan banyak hal positif kepada anak-anak kita. Sikap disiplin untuk selalu memberi makan setiap hari menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan. Karakter bertanggung jawab juga bisa menjadi salah satu pembelajaran yang kita tanamkan melalui memelihara hewan, dan semua itu bisa kita dapatkan dari sebuah kolam ikan kecil di landscape taman yang selalu memberi kesejukan dengan ikan-ikan yang berenang di dalamnya.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Berkebun di Lahan Minimalis Secara Efektif dan Efisien

Ragam jenis landscape taman rumah minimalis untuk Anda pilih

Ada banyak ragam dan jenis landscape taman yang bisa Anda pilih untuk rumah minimalis Anda. Selain berbagai fungsi yang telah kita bahas sebelumnya, Anda masih mendapatkan kepuasan tersendiri setiap kali Anda memandang area landscape taman rumah minimalis Anda. Anda bisa mempertimbangkan gaya landscape Anda dengan tetap mendapatkan fungsi edukasi, kesejukan serta kenyamanan dari sebuah landscape taman. Berikut beberapa jenis ragam konsep landscape taman yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Landscape taman gaya formal

Landscape jenis ini umumnya menganut penataan dengan gaya yang simetris. Penataan komponen-komponen penyusun tanam dibuat mengikuti pola bangun yang ada. Anda bisa memilih untuk menggunakan pola segi tiga, persegi atau persegi panjang sebagai bentukan dari penatan tanaman dan pemotongan rumput serta dedauan yang ada di taman.

landscape taman rumah minimalis formal - diminimalis.com
landscape taman rumah minimalis formal – diminimalis.com

2. Landscape taman gaya nonformal

Berbeda dengan gaya formal, landscape jenis ini justru menganut konsep yang berbeda dengan bentukan bangun yang ada. Lebih banyak didominasi oleh bentuk lengkung dan asimetris. Anda juga akan menjumpai pohon dan tanaman yang dibiarkan tumbuh tanpa harus dipaksa untuk mengikuti bentuk yang seragam di semua sudut landscape.

landscape taman rumah minimalis nonformal - diminimalis.com
landscape taman rumah minimalis nonformal – diminimalis.com

3. Landscape taman gaya tropis / tropical

Gaya landscape tropis banyak diadopsi oleh kebanyakan orang indonesia. Mengusung keselarasan dan keserasian antara manusia dan alam menjadi ciri khas dari gaya landscape taman jenis ini. Anda bisa saja meletakkan tanaman bambu atau jenis tanaman lain yang Anda jumpai umum terdapat di alam, tanpa harus menentukan jenis tanaman tertentu. Dengan adanya gemericik air di salah satu sudut taman, menjadikan perpaduan komposisi penyusun landscape menjadi lengkap.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Manfaat Pergola untuk Taman Rumah Minimalis Anda
landscape taman rumah minimalis tropis - diminimalis.com
landscape taman rumah minimalis tropis – diminimalis.com

4. Landscape gaya eropa

Gaya landscape taman jenis ini juga diminati oleh penduduk indonesia, umumnya yang tinggal di kota besar dan menyukai gaya eropa sebagai konsep rumahnya. Agar terlihat selaras, maka sang pemilik rumah dengan gaya eropa tentunya juga akan memilih landscape gaya eropa untuk pelengkap sudut landscape rumahnya. Gaya landscape jenis ini dicirikan dengan tanaman-tanaman yang dirawat dengan intens, sehingga bentuk pangkasan daun terjaga dengan baik. Di beberapa sudut umumnya terdapat aksen khas bangunan eropa, atau hanya sekedar bangku dengan aksen khas eropa.

landscape taman rumah minimalis eropa - diminimalis.com
landscape taman rumah minimalis eropa – diminimalis.com

5. Landscape gaya asia

Untuk jenis landscape asia umumnya banyak terpengaruh oleh gaya penataan dari jepang. Dengan memadukan unsur keras dan lembut, landscape taman gaya asia biasanya memiliki sebuah tema yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Landscape taman gaya asia memungkinkan Anda untuk memiliki taman kering yang didominasi oleh unsur keras seperti batu dan kerikil. Untuk tanaman Anda bisa memadukannya dengan tanaman yang diletakkan di dalam pot kecil yang berkarakter minim perawatan.

landscape taman rumah minimalis jepang - diminimalis.com
landscape taman rumah minimalis jepang – diminimalis.com

6. Landscape gaya mediterania

Berbeda dengan gaya eropa, jenis landscape bergaya mediterania cenderung minim perawatan. Hal ini dikarenakan iklim cuaca di mediterania yang cenderung panas dan gersang. Dengan mengambil konsep mediterania, maka pilihan tanaman yang ada sebagai pelengkap adalah tanaman yang batangnya lunak, tidak keras. Tanaman sejenis kaktus, agave, paku-pakuan dan rumput berbatang pajang menjadi pilihan yang selaras dengan gaya landscape jenis ini.

landscape taman rumah minimalis mediterania - diminimalis.com
landscape taman rumah minimalis mediterania – diminimalis.com

Pemilihan jenis dan gaya landscape taman rumah minimalis sepenuhnya menjadi hak Anda yang akan menikmati kesejukkan dan kenyamanan yang dihadirkan. Tidak ada patokan yang baku untuk membuat sebuah taman landscape. Pada dasarnya pilihan tetap akan kembali kepada selera Anda dan keluarga yang akan menikmatinya. Semoga ragam landscape taman rumah minimalis ini dapat memberikan tambahan wawasan untuk Anda yang menghendaki kesejukan dan kenyamanan di rumah minimalis Anda. Salam diminimalis. (rd)

Leave A Reply

Your email address will not be published.