Kulkas Mini Pilihan Alternatif Fungsi Pendingin dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan ketika Memilihnya

kulkas mini beragam fungsi dan pertimbangan memilih - diminimalis

Kulkas mini kini mulai banyak di lirik oleh masyarakat. Keberadaannya seolah menjadi alternatif menarik untuk kalangan yang menghendaki fungsi kulkas, namun tidak menghendaki kulkas dengan ukuran yang normal seperti biasanya. Perusahaan penyedia keperluan elektronik rumah tangga pun tak menyia-nyiakannya dengan menanggapi minat pasar.

Sebut saja perusahaan besar yang mengeluarkan produk kulkas mini nya, ada Sharp, Panasonic, Sanyo, LG, ditambah lagi brand yang mungkin belum se-familiar mereka seperti Gea, Mini Daewoo atau Sanken. Mereka mengeluarkan produk unggulan masing-masing untuk bersaing di pasar mesin pendingin berukuran mini tersebut.

kulkas mini beragam fungsi dan pertimbangan memilih - diminimalis
kulkas mini beragam fungsi dan pertimbangan memilih – diminimalis

Kulkas sebagai pendingin dan fungsi tambahan lainnya

Kulkas atau lemari es yang dalam bahasa Inggris di sebut refrigerator merupakan sebuah alat elektronik yang berfungsi untuk menghasilkan udara dingin dalam sebuah kompartemen atau wadah yang umumnya di gunakan untuk menyimpan bahan makanan agar menjadi lebih awet selama beberapa hari. Fungsi utama inilah yang banyak dimanfaatkan oleh ibu-ibu rumah tangga guna menyimpan sayur, buah maupun bahan makanan lainnya. Dengan fungsi ini bahan makanan bisa dimanfaatkan dalam beberapa hari ke depan, tanpa harus setiap hari belanja ke pasar atau membuang bahan makanan setiap hari karena busuk atau basi.

Beda fungsi beda definisi kulkas (lemari es) : freezer, fridge dan showcase

Fungsi lain dari sebuah kulkas sebenarnya agak sedikit rancu, karena hal ini berkaitan dengan definisi dan jenis produk yang sejenis. Kali ini akan diminimalis coba sampaikan ketiganya. Dimulai dari istilah umum kulkas atau lemari es yang di masyarakat yang secara umum adalah sebuah alat rumah tangga yang berfungsi untuk menghasilkan udara dingin guna menyimpan makanan atau minuman. Lemari es sebenarnya mengacu pada tiga benda yang memiliki fungsi hampir sama.

Benda pertama adalah freezer. Benda ini berfungsi untuk membekukan bahan makanan dan minuman karena suhu yang dihasilkan bisa mencapai suhu nol derajat celcius. Yang kedua adalah fridge, mengacu kepada bagian yang hanya bisa menghasilkan udara dingin, namun tidak sampai suhu nol derajat celcius, yang berarti tidak dapat membekukan makanan atau minuman, hanya sekedar menjaga suhu tetap dingin, namun tidak sampai membeku. Yang ketiga adalah showcase, bentuknya mirip lemari es hanya saja pada bagian pintu terbuat dari kaca sehingga isi di dalamnya dapat terlihat. Berfungsi sebagai penyimpan minuman dingin sekaligus sebagai display atau etalase untuk memajang minuman tersebut. Umumnya showcase terdapat di toko atau warung yang menjual minuman dingin.

Nah dari ketiga definisi tersebut, maka kita akan mengenali fungsi dari lemari es. Jadi pada dasarnya ada tiga fungsi yang bisa dimanfaatkan yaitu mendinginkan makanan dan minuman, membuat es batu, serta menyimpan makanan dan minuman agar lebih awet. Dari pemahaman akan ketiga definisi tersebut, maka kita ketahui bahwa istilah lemari es sebenarnya mengacu kepada sebuah alat elektronik dengan kemampuan menghasilkan udara dingin. Bisa saja kemudian sebuah lemari es memiliki dua fungsi, yaitu sebagai freezer dan juga sebagai fridge. Atau masing-masing hanya berfungsi sebagai satu bagian saja, seperti mesin pembuat es yang umumnya disebut freezer.

kulkas mini freezer fridge showcase - diminimalis.com
kulkas mini freezer fridge showcase – diminimalis.com

Perhatikan hal-hal berikut sebelum menentukan pilihan kulkas mini yang hendak di beli

Kembali kepada bahasan kita mengenai kulkas mini. Kulkas mini sama halnya dengan lemari es pada umumnya. Ada banyak pilhan berkenaan dengan fungsi dan pertimbangan lain yang menjadi penentu. Selain ciri khas berupa ukurannya yang relatif lebih kecil dibanding kulkas pada umumnya, kulkas mini juga bisa memiliki fungsi yang sama dengan kulkas dengan ukuran normal.

Selanjutnya mari kita bahas satu persatu istilah dan fungsi yang ditawarkan oleh kulkas mini yang diiklankan oleh pabrikannya. Dengan mengetahui berbagai istilah berikut, diharapkan kita jadi lebih paham dan lebih mantap dalam menentukan pilihan.

  • Dimensi : kulkas mini yang sekarang beredar dipasaran umumnya memiliki dimensi di kisaran 50 cm x 50 cm x 50 cm, Anda akan menjumpai sedikit perbedaan, namun umumnya tidak lebih dari 10 cm.

    kulkas mini memilih dimensi - diminimalis
    kulkas mini memilih dimensi – diminimalis
  • Single door : kulkas mini umumnya hanya memiliki satu pintu. Amat jarang atau bahkan tidak ada yang memiliki lebih dari satu pintu.
  • Material : kulkas mini ada yang terbuat dari bahan sejenis plastik dengan kualitas bagus, ada pula yang terbuat dari bahan logam sejenis campuran aluminium stainless, atau kombinasi antara keduanya.
  • Tegangan listrik : menjadi pertimbangan tersendiri ketika memilih barang elektronik, semakin kecil tegangan, berarti Anda telah menghemat dan berinvestasi di masa depan. Kisaran yang ada umumnya antara 50 Watt sampai 80 Watt.
  • Massa : kulkas mini memiliki kelebihan dibandingkan kulkas ukuran normal karena massa dan dimensinya, sehingga memudahkan ketika ditataletakkan dan dipindahkan. Umumnya ada di kisaran 7 kg – 20 kg.

    kulkas mini rak botol 1,5liter- diminimalis.com
    kulkas mini rak botol 1,5liter- diminimalis.com
  • Kapasitas penyimpanan : dengan dimensi yang hampir sama, maka kapasitas ruang penyimpan juga kurang lebih tidak jauh berbeda, berkisar antara 50 L – 60 L. Menjadi pertimbangan berikutnya adalah bentuk kompartemen di dalamnya, terkait lokasi penyimpanan botol, gelas, minuman dalam kaleng atau buah dan yang lainnya, sehingga antara satu dengan yang lain bisa saja menjadi berbeda secara signifikan.
  • Jenis mesin dan sistem pendingin : umumnya menggunakan pendingin berupa kompresor, namun kini beberapa menggunakan pendingin termoelektrik dari kipas yang secara getaran dan suara menjadi lebih halus, namun kurang efisien dibandingkan sistem kompresor.
  • Tata ruang kompartemen : ada baiknya Anda melihat isi bagian dalam kulkas mini yang hendak Anda pilih. Untuk Anda yang biasa menyimpan minuman kaleng dalam kulkas, maka pastikan ada banyak ruang yang tersedia. Jika Anda biasa menyimpan minuman botol berukuran 1,5 L, maka pastikan kulkas Anda mempunyai rak penyimpaan botol 1,5 L yang umumnya terletak pada sisi bagian dalam pintu kulkas.
  • Freezer : kulkas mini sebenarnya hanya difungsikan untuk mendinginkan, bukan untuk membekukan. Namun jika Anda menginginkan fungsi ini, maka pilihlah kulkas mini yang memiliki kompartemen freezer di dalamnya.
kulkas mini perhatikan kompartemen bagain dalam - diminimalis
kulkas mini perhatikan kompartemen bagian dalam – diminimalis

Demikian beberapa hal terkait kulkas mini yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sebelum menentukan pilihan mana yang hendak Anda beli. Ada beberapa fitur tambahan dan tips dalam memilih kulkas mini yang bisa Anda baca pada tautan artikel tentang kulkas mini ini. Semoga keberadaan kulkas mini bisa menjadi penawar dahaga di panasnya suasana hari ini. Salam Diminimalis. (rd)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.