Kompor Induksi Terbaik Untuk Menyiapkan Buka dan Sahur Keluarga

Kompor listrik memiliki banyak keunggulan dibanding kompor konvensional - Diminimalis.com

Kompor jenis apakah yang Anda gunakan saat ini? Jika Anda ingin menyiapkan buka dan sahur yang praktis dan hemat, maka Anda bisa menggunakan kompor induksi. Saat ini penggunaan kompor induksi sudah semakin populer. Berbagai produk kompor induksi terbaik pun semakin mudah didapatkan sehingga mempermudah siapa saja yang ingin membelinya.

Kompor induksi memanfaatkan gelombang elektromagnetik antara alat masak dan area memasak yang menciptakan panas. Kompor yang satu ini terbilang kompor modern dengan memanfaatkan sumber listrik sebagai bahan bakarnya. Banyak orang yang salah kaprah karena menganggap kompor induksi terbaik yang dijual dipasaran saat ini sama dengan kompor listrik tradisional. Padahal, kompor induksi tidak terdapat elemen panas dan cara kerjanya pun berbeda.

Kompor Induksi Terbaik, kompor induksi terbaik 2017, kompor induksi watt kecil, kompor induksi philips, spesifikasi kompor induksi, kompor induksi murah, panci untuk kompor induksi, review kompor induksi cyprus, bahaya kompor listrik
Kompor listrik memiliki banyak keunggulan dibanding kompor konvensional – Diminimalis.com

Seperti yang telah dijelaskan tadi, keunggulan kompor induksi sangat mendukung kita yang akan menyiapkan santap sahur terbaik dan buka puasa di bulan Ramadhan. Kompor yang satu ini lebih bisa untuk memasak karena bisa membuat masakan matang begitu cepat. Memasak apapun bisa semakin cepat tersaji, sehingga siapapun bisa lebih terbantu ketika ingin menghidangkan makanan untuk sahur dan buka puasa.

Kompor Induksi Terbaik dan Cara Kerjanya yang Harus Diketahui

Saat ini memang masih banyak orang yang belum memahami cara penggunaan kompor induksi, karena kompor yang satu ini tergolong kompor canggih yang masih baru dan belum digunakan oleh masyarakat luas di Indonesia. Jika Anda ingin memulainya, maka ketahuilah terlebih dahulu cara kerja kompor induksi dan cara memilih yang terbaik berikut ini:

• Memiliki cookware yang tepat

Kompor Induksi Terbaik, kompor induksi terbaik 2017, kompor induksi watt kecil, kompor induksi philips, spesifikasi kompor induksi, kompor induksi murah, panci untuk kompor induksi, review kompor induksi cyprus, bahaya kompor listrik
Kompor induksi bekerja pada cookware yang tepat – Diminimalis.com

Penggunaan kompor induksi akan sangat bergantung pada cookware atau alat masaknya. Kompor ini tidak akan memanaskan area masak pada kompor. Ketika kompor dinyalakan dan tidak terdapat alat masak diatasnya, maka kompor tidak akan terasa panas dan bahkan jika diletakkan kertas atau benda non logam lainnya pun tidak akan terasa panas.

Kompor Induksi membutuhkan alat masak yang tepat. Alat masak atau cookware yang bisa digunakan hanyalah yang bisa menerima reaksi elektronmanetik atau bisa dikatakan non-isolator. Berbagai alat masak yang terbuat dari stainless steel dan besi bisa digunakan sedangkan bahan lainnya tidak bisa digunakan.

Untuk cara mudahnya, Anda bisa menempelkan magnet pada alat masak Anda. Jika magnet menempel, maka alat masak Anda dapat digunakan untuk memasak di atas kompor induksi. Jika hanya terlihat seperti berbahan logam namun ternyata tidak membuat magnet menempel, maka alat masak tersebut tidak bisa digunakan.

• Memperhatikan daya listrik rumah

Kompor induksi memang tergolong kompor yang hemat energi. Namun perlu diketahui, kompor yang satu ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar diawal pemakaian atau ketika baru awal menghidupkan kompor. Sama halnya dengan AC, berbagai produk kompor induksi memiliki besar daya listrik awal yang berbeda.

Untuk Anda yang memiliki kapasitas daya listrik yang besar atau lebih dari kebutuhan, maka hal ini tidak akan menjadi masalah. Namun jika hanya memiliki daya 1300 watt atau bahkan 900 watt, mak Anda perlu berpikir ulang agar ketika memasak tidak akan membuat listrik di rumah Anda menjadi padam.

Kabar gembiranya, setelah kompor dinyalakan dan telah menghasilkan induksi pada cookware maka konsumsi daya menjadi sangat rendah. Bahkan, daya yang dibutuhkan hanya sekitar 100 atau 200 watt saja sehingga kompor ini benar-benar menjadi kompor yang sangat hemat.

• Menjaga keawetan kompor induksi

Kompor induksi merupakan produk elektronik modern yang cenderung awet dibandingkan kompor tradisional. Namun karena kompor ini menggunakan komponen listrik, maka penting sekali untuk menjaga bagian dalam kompor agar tidak terkena air walaupun hanya percikan saja.

Jika Anda ingin yang benar-benar awet, belilah kompor induksi dengan sensor canggih. Kompor jenis ini akan otomatis mati jika terdapat air pada bagian dalam kompor sehingga jauh lebih bisa diharapkan keawetannya.

Selain itu, hal lainnya yang harus diperhatikan hanya soal merawat kaca permukaan kompor induksi. Jangan sampai bagian permukaan menjadi retak atau bahkan pecah akibat dari gerakan menaruh alat masak terlalu kencang atau adanya benda tajam yang dapat menggores atau menusuk.

• Perhatikan letak kompor

Peletakan kompor memang harus tepat.Jauhkan kompor induksi dari kemungkinan terkena percikan air atau bahkan genangan air karena bisa merusak kompor terutama pada bagian komponen dalamnya. Anda bisa menggunakan kabel penyambung yang panjang jika tidak terdapat sumber listrik pada bagian terbaik untuk meletakkan kompor di rumah Anda.

Namun secara keseluruhan, kompor induksi ini terbilang ramping dan sangat menarik. Untuk Anda yang memiliki hunian dengan konsep minimalis tentu saja kompor ini sangatlah cocok lantaran tidak akan memakan tempat dan bergaya modern.

• Memilih kompor induksi yang terbaik

Kompor Induksi Terbaik, kompor induksi terbaik 2017, kompor induksi watt kecil, kompor induksi philips, spesifikasi kompor induksi, kompor induksi murah, panci untuk kompor induksi, review kompor induksi cyprus, bahaya kompor listrik
Pilihlah kompor induksi terbaik agar bisa maksimal digunakan – Diminimalis.com

Kompor induksi telah banyak dijual di mana-mana sehingga Anda semakin mudah mendapatkannya. Namun perlu diperhatikan juga soal produsen atau merk yang Anda pilih. Usahakan, belilah kompor induksi yang berasal dari brand besar yang memberikan jaminan atau garansi. Selain itu, belilah kompor induksi yang terbilang hemat daya atau kompor induksi watt kecil agar lebih menguntungkan.

Dengan memperhatikan beberapa hal tadi, Anda bisa segera menikmati mudahnya menyiapkan menu sahur dan buka puasa dengan kompor induksi. Proses masak yang lebih cepat dan biaya yang dikeluarkan jauh lebi hemat akan benar-benar Anda rasakan jika menggunakan kompor modern yang satu ini.

Tampilan dapur rumah Anda pun akan semakin terlihat menarik jika Anda memiliki kompor induksi terbaik. Kompor masa kini dengan bentuk yang futuristik dan terbilang ramping akan menjadi alat memasak yang sangat tepat untuk Anda yang peduli dengan tampilan dapur yang modern. (an)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.