Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Kolam Renang Keluarga Anda Terwujud Dengan 10 Kiat Praktis Ini

kolam renang pribadi - diminimalis.com

Kolam renang merupakan salah satu sarana yang efektif untuk mengakomodir kegiatan keluarga di luar ruangan. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas, kolam renang umum bisa menjadi solusinya. Namun, bagi Anda yang memiliki cukup biaya bisa mengagendakan pembuatan kolam renang rumah. Anda bisa berolahraga tanpa diganggu orang lain dan juga tidak usah repot-repot mengantri di depan loket untuk membeli tiket masuk. Area di sekitar kolam pun bisa berfungsi sebagai tempat beristirahat setelah lelah seharian bekerja.

kolam renang
kolam renang pribadi – diminimalis.com

Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, mempunyai kolam renang rumah sendiri bukanlah sesuatu yang mustahil. Dengan keterbatasan lahan dan harga material yang relatif mahal dengan 10 kiat praktis ini Anda bisa memiliki kolam renang pribadi yang indah dan nyaman. Berikut 10 kiat praktis tersebut:

10 kiat praktis yang harus di perhatikan dalam pembuatan kolam renang :

1.    Rencanakan dengan matang
Perencanaan merupakan hal yang paling penting  ketika Anda memutuskan membuat kolam renang. Perencana yang matang akan memperjelas tujuan pembuatannya, mengurangi resiko yang akan terjadi mendatang serta membuat proses pembutan menjadi efektif dan efisien.

2.    Harga dan budget
Anda juga harus cermat dalam memperhitungkan harga, karena hal ini akan mempengaruhi berapa besar budget yang harus Anda siapkan. Jangan sampai proses pengerjaan konstruksi kolam yang sudah berjalan terhenti di tengah jalan dikarenakan salah perhitungan. Survey harga juga bisa menjadi panduan Anda untuk memilih toko material mana yang lebih murah, sehingga bisa menekan anggaran yang harus dikeluarkan.

3.    Lokasi dan luas
Perhatikan letak lokasi dan luas tanah yang akan digunakan. Penentuan lokasi yang tepat  bertujuan menjadikan kolam Anda lebih privasi dan tidak mudah rusak serta memudahkan dalam proses perawatannya. Luasan tanah yang digunakan juga harus dipertimbangkan, karena sisa tanah yang tidak digunakan bisa Anda manfaatkan sebagai lahan hijau yang dapat memperindah kolam.

4.    Bentuk dan ukuran
Selera orang pastinya berbeda-beda dalam menentukan bentuk dan ukuran kolam. Tipe kolam sangat banyak, tergantung fungsi dan selera dari masing-masing orang. Bentuk yang kotak misalnya, sangat cocok bagi Anda yang lebih senang berenang dengan gaya maraton.

kolam renang
Alternatif bentuk kolam renang – diminimalis.com

5.    Konstruksi kolam renang
Konstruksi kolam yang di gunakan berbeda satu dengan yang lainnya. Hal yang terpenting adalah bagaimana menjadikan sebuah konstruksi kolam yang kuat dan tahan lama, sehingga dalam pengerjaannya biaya tidak membengkak.

6.    Bak penyaringan
Bak penyaring ada baiknya dibangun tidak jauh dari kolam, karena akan lebih menghemat tempat dan material serta memudahkan dalam proses perawatan kolam

7.    Material penutup dinding dan lantai
Kesalahan memilih penutup dinding dan lantai akan menyebabkan kolam Anda cepat rusak, bocor dan kusam. Oleh karena itu, pilihlah material penutup dinding dan lantai yang berkualitas baik, sehingga meminimalkan terjadinya kerusakan, kebocoran dan warna yang cepat kusam.

8.    Pencahayaan
Ketersediaan cahaya yang cukup akan membuat suasana kolam menjadi hangat dan meminimalkan tumbuhnya lumut. Pencahayaan yang baik juga menjadikan tumbuh-tumbuhan di sekitar kolam tumbuh dengan baik, sehingga kolam tampak lebih asri.

9.    Elemen tambahan di sekitar kolam
Penambahan elemen di sekitar kolam akan menjadikan kolam Anda berbeda dengan yang lainnya. Pemilihan elemen tambahan juga harus selektif dan menyesuaikan dengan tema. Kesalahan pemilihan dan berlebih-lebihan dalam mengaplikasikannya akan membuat kolam Anda terkesan berantakan dan tidak nyaman.

Misalnya saja penambahan pohon perdu di sekitar kolam tidak boleh dilakukan secara sembarang dan berlebihan. Kolam renang anak maupun dewasa yang terlalu banyak pohon disekitarnya akan menjadikannya lembab dan mudah ditumbuhi ganggang atupun lumut yang menyebabkan kolam renang cepat kotor dan tidak sehat. Jadi rencanakanlah dengan baik jika ingin menambah elemen kolam.

kolam renang
menjaga keselamatan di kolam – diminimalis.com

10.    Utamakan keselamatan
Poin yang terakhir ini menjadi poin terpenting. Jangan sampai kolam renang yang seharusnya menjadi tempat yang nyaman bersama keluarga, menjadi sumber masalah tersendiri dikarenakan Anda mengabaikan faktor keselamatan dalam proses pembuatannya.

Nah, demikianlah 10 kiat praktis yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memulai pembuatan kolam renang.

Kunjungi juga artikel lengkap tentang kolam renang berikut : Pembuatan Kolam Renang Keluarga

Mudah- mudahan dengan 10 kiat praktis ini menjadikan kolam yang Anda miliki menjadi tempat yang nyaman dan pelepas penat selepas bekerja seharian. Semoga bermanfaat (am.)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.