Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Kipas Ventilasi Rumah Alternatif Tepat Mendinginkan Rumah Minimalis

Kipas ventilasi rumah - diminimalis.com

Kipas ventilasi rumah merupak salah satu jenis kipas yang bisa Anda gunakan untuk mendinginkan ruangan rumah minimalsi Anda. Berbeda jika Anda menggunakan kipas gantung ataupun kipas angin berdiri, menggunakan kipas ventilasi tidak akan mengganggu kesehatan. Hal ini dikarenakan kipas ventilasi ini mendinginkan ruangan dengan jalan mengalirkan udara dari luar masuk ke dalam sehingga udara bersirkulasi dengan baik.

Kipas ventilasi rumah
Kipas ventilasi rumah – diminimalis.com

Kipas ventilasi memiliki bentuk yang bermacam-macam tergantung pada jenisnya, berikut beberapa jenis kipas ventilasi yang ada di pasaran:


  • Kipas ventilasi plavon atau ceilling mount. Sesuai dengan namanya kipas jenis ini biasanya dipasang pada plafon ruangan.
  • Kipas ventilasi dinding atau wall mount. Letak pemasangan untuk kipas ventilasi ini biasanya tertanam pada dinding rumah.
  • Kipas ventilasi jendela atau window mount. Kipas jenis ini biasanya menempel pada kusen jendela di dalam ruangan.

Kipas ventilasi rumah yang cocok untuk Anda

Dari ketiga jenis kipas ventilasi di atas bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan juga lokasi ruangan yang akan dipasang kipas ventilasi ini. Untuk ruangan yang terhimpit oleh ruangan lainnya dan juga tidak terhubung dengan luar rumah, pemilihan ceilling mount sangatlah tepat. hal ini dikarenakan ceilling mount menyirkulasi udara lewat bagian atas plafon.

Namun jika Anda memiliki ruangan dalam rumah yang terhubung dengan luar rumah ada baiknya memilih kipas ventilasi dinding untuk mendinginkan suhu dalam ruangan tersebut. Harga kipas ventilasi jenis ini lebih murah dibandingkan dengan kipas ventilasi plavon. Jika Anda menggunakan wall mount udara yang dihasilkan lebih sejuk dibandingkan dengan ceilling mount dikarenakan mengambil langsung dari udara terbuka di sekelilingnya.

Luasnya ruangan sangat mempengaruhi seberapa besar kipas ventilasi rumah yang hendak Anda gunakan. Ada rumus baku yang bisa Anda gunakan untuk menentukan seberapa besar kebutuhan sirkulasi udara dalam ruangan tersebut. Berikut ini pembahasannya.

CMH = Volume ruangan x ACH

Keterangan:

  • CMH : Cubic Meter Hour (kebutuhan sirkulasi udara)
  • Volume ruangan : panjang x lebar x tinggi
  • ACH : Air Change per Hour (sirkulasi udara setiap jamnya) Besaran nilai ACH sudah baku

Untuk memudahkan Anda, berikut diminimalis ilustrasikan penghitungan kebutuhan sirkulasi udara pada ruang keluarga. Ruang keluarga tersebut memiliki dimensi luas 3,5m x 3m x 3m = 31,5m3 dan nilai ACH untuk ruang tamu sebesar 6, berikut uraiannya:

Kipas ventilasi rumah
kipas ventilasi dinding – diminimalis.com

CMH = Volume ruangan x ACH
CMH = 31,5 x 6 jadi nilai CMH-nya sebesar 189 CMH

Setelah Anda menemukan seberapa besar nilai CMH, Anda tinggal mencocokan angka tersebut dengan angka yang tertera pada kipas ventilasi. Semakin tepat Anda menentukan besaran nilai CMH maka akan semakin maksimal juga kesegaran ruangan yang didapatkan.

Demikianlah urain singkat mengenai kipas ventilasi yang tepat untuk rumah Anda. Pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda, apakah hendak memilih ceilling mount ataukah memilih jenis kipas lainnya. Semoga bermanfaat. Salam diminimalis (am).

Baca juga : kipas angin gantung

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.