oleh

Mana yang Lebih Baik Untuk Ruang Keluarga, Kipas Angin Atau AC?

AC dan kipas angin bisa dikatakan sebagai pendingin ruangan. Walaupun, kesejukan yang dihadirkan dari keduanya sangat jelas terasa berbeda. Hal ini pun sering membuat banyak orang bingung untuk menentukan apakah akan membeli kipas angin atau AC. Lalu sebenarnya mana yang lebih baik diantara keduanya, untuk Anda pilih?

Kebingungan ketika akan membeli kipas angin atau AC seringkali juga ditambah dengan mana yang paling bermanfaat untuk keluarga. Tentunya, siapapun ingin membeli pendingin ruangan yang bisa bermanfaat bagi semua penghuni rumah terutama keluarga tercinta. Secara garis besar, kipas angin dan AC memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga untuk manfaat yang akan didapat, tergantung dari segi apa Anda menilainya.

 Kipas Angin atau AC, bahaya kipas angin model ac, lebih baik ac atau kipas angin untuk bayi, kekurangan kipas angin model ac, ac vs kipas angin untuk bayi, perbandingan listrik ac dan kipas angin, kipas angin sedingin ac, apakah kipas angin ac sedingin ac, kipas angin yang aman
Baik kipas angin maupun AC, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing – Diminimalis.com

Menimbang Mana Yang Lebih Baik Untuk Keluarga, Apakah Kipas Angin Atau AC?

Menyejukkan rumah tanpa ac
kipas angin lebih hemat daya listrik daripada AC – diminimalis.com

• Dari segi pengeluaran bulanan
Antara kipas angin dan AC sama-sama akan memberikan tanggungan atau beban listrik. Namun diantara keduanya sangat berbeda jauh karena beban biaya yang ditanggung dari AC jauh lebih besar dibandingkan kipas angin. Perbandingan listrik AC dan kipas angin ini bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam hal keuangan keluarga agar tidak memberatkan.

Penggunaan AC akan menghasilkan tagihan atau pengeluaran listrik yang jauh meningkat dari sebelumnya. Walaupun kini telah banyak jenis AC rendah daya atau lowwatt, namun tetap saja akan memberikan kenaikan pengeluaran yang signifikan. Hal ini berbeda sekali dengan kipas angin, yang cenderung lebih membutuhkan daya yang rendah, serta dapat dimatikan dengan mudah ketika sudah dipakai.

• Harga
Masih dari segi keuangan, harga dari kedua jenis produk elektronik pun berbeda. Pembelian produk AC tentu lebih mahal dibandingkan dengan membeli kipas angin. Jadi, perlu sekali dipikirkan mana yang terbaik antara keduanya.

• Kesejukan
Dalam hal menghadirkan kesejukan, AC jauh lebih bisa memberikan kesejukan yang nyata. Anggota keluarga yang berada dalam rumah ber-AC akan lebih nyaman terutama ketika menghadapi udara panas siang hari. Untuk kipas angin, tentunya tetap bisa memberikan kesejukan, namun tidak sesejuk AC.

• Kesehatan
Dari segi kesehatan, keduanya sama-sama baik. AC akan lebih baik karena tidak membuat perut menjadi kembung atau masuk angin. Penggunaan AC lebih membuat siapapun termasuk bayi menjadi nyaman, dan suhu udara ruangan pun dapat diatur dengan sangat mudah, agar tidak melebihi ketahanan dari anggota keluarga di rumah. Bagi Anda yang menggunakan AC di rumah, ada baiknya Anda memahami cara bijak menggunakan AC, agar awet dan tetap berkualitas.

Sebaliknya, kipas angin cenderung akan membuat anggota keluarga di rumah menjadi masuk angin dan kembung. Terlebih lagi jika dihadapkan langsung ke tubuh dalam waktu lama, kipas angin cenderung tidak baik untuk kesehatan. Namun, jika tidak dihadapkan ke tubuh secara langsung, maka kipas angin dinilai lebih baik. Kipas angin tidak akan memberikan kulit menjadi kering, tidak menyebabkan demam dan menggigil, sirkulasi udara jauh lebih baik, dan juga virus di dalam rumah tidak terkurung karena ruangan tidak serba tertutup.

• Kenyamanan
Penggunaan AC dinilai lebih nyaman dibandingkan dengan kipas angin. Walaupun perlu menunggu hingga ruangan menjadi dingin, namun tetap saja untuk mendapatkan kesejukan AC lebih bisa diandalkan. Kenyamanan dari produk AC juga terasa dari pengaturan suhu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, terutama suhu yang pas untuk malam dan siang hari.

Untuk kipas angin pun sebenarnya tetap bisa menghadirkan kenyamanan terutama untuk kulit. Kulit tidak perlu diberikan pelembab atau lotion, hanya untuk menjaga kelembaban, karena kipas angin tidak menyerap cairan sehingga kulit tetap terasa nyaman.

• Pilihan terbaik untuk bayi

Efek Buruk AC, Efek Buruk AC bagi kesehatan, dampak negatif ac bagi lingkungan , Cara Bijak Menggunakan AC, cara menghemat listrik ac rumah, suhu ac yang baik saat tidur
AC lebih aman digunakan untuk bayi – diminimalis.com

Selanjutnya adalah tentang pilihan lebih baik AC atau kipas angin untuk bayi. Secara umum, kipas angin lebih baik untuk bayi. Kelebihannya adalah soal udara yang lebih bisa tersirkulasi dengan baik, tidak mengganggu kelembaban kulit bayi yang masih sangat perlu dijaga. Penggunaan AC baru terasa lebih baik jika memang bayi menderita asma, karena AC dapat mensterilkan udara dari debu dan kotoran.

Namun, bahaya kipas angin model AC juga harus diketahui oleh Anda. Kipas angin yang dimaksud tadi adalah kipas angin biasa yang hanya menghadirkan efek sejuk dari angin biasa. Sedangkan untuk kipas angin model AC, tidak direkomendasikan karena menghasilkan efek basah yang sulit dikontrol.

• Fleksibilitas
Dari segi fleksibilitasnya, tentu kipas angin akan jauh lebih baik. Hal ini akan sangat penting jika memang Anda sedang memiliki acara pada suatu ruangan tertentu yang membutuhkan penyejuk ruangan. Anda hanya perlu menyalakan kipas angin ke tempat yang diinginkan, maka tentu masalah akan segera terselesaikan.

• Keamanan
Untuk keluarga yang memiliki bayi atau anak kecil, maka kipas angin bisa juga menjadi ancaman. Ancaman yang dimaksud terutama berasal dari putaran kipas yang bisa jadi melukai jari anak yang tidak sengaja memasukan tangannya. Jika tidak diletakkan ditempat yang aman, maka kipas angin tersebut bisa berbahaya untuk anak dan bukan pilihan terbaik tentunya.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai kipas angin atau AC yang lebih baik untuk keluarga. Masing-masing dari produk elektronik tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan. Tugas Anda hanya tinggal menimbang keunggulan dan kekurangan dari AC dan kipas angin, sehingga bisa memilih mana yang lebih baik untuk keluarga Anda. Selain itu, jika Anda menggunakan konsep rumah minimalis, maka penting juga memilih ragam bentuk yang pas dengan dekorasi interior minimalis yang Anda terapkan.(an)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed