Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Khasiat Daun Sirih yang Membuat Anda tak Ragu untuk Menanamnya

Anda akan mendapat banyak manfaat dengan menanam daun sirih di rumah - diminimalis.com

Pada artikel sebelumnya, kami pernah mengulas tentang manfaat memiliki tanaman obat di rumah minimalis Anda. Di antara sekian banyak tanaman obat yang cocok ditanam di pekarangan rumah adalah daun sirih. Karena khasiat daun sirih sangat banyak, kita dianjurkan untuk bisa menanamnya di pekarangan rumah.
Anda tak perlu khawatir akan kebutuhan lahan untuk menanam tanaman ini. Karena daun sirih tubuh merambat, daun ini hanya butuh area tanam secukupnya sebagai pijakan, selanjutnya dia bisa merambat ke dinding rumah Anda atau pohon lain.

khasiat daun sirih, manfaat daun sirih, manfaat daun sirih untuk mata
Anda akan mendapat banyak manfaat dengan menanam daun sirih di rumah – diminimalis.com

Tanaman sirih bisa mencapai tinggi 15 M, batang sirih berwarna coklat kemerahan, beruas, dan bisa mengeluarkan akar. Daunnya bertangkai dan berbau yang sedap bila diremas. Panjang daun antara 5 hingga 8 CM dan lebar 2 hingga 5 CM.


Jaman dahulu, banyak orang yang menanam daun sirih di pekarangann rumahnya. Dan hari ini, hampir setiap orang yang mengupayakan tanaman obat pada pekarangan rumahnya, pasti daun sirih masuk dalam daftar tanaman yang wajib di tanam. Hal ini karena ada banyak khasiat yang bisa di dapat dari daun yang tumbuh merambat tersebut.

Khasiat daun sirih untuk kesehatan keluarga Anda

Di bawah ini kami urai beberapa khasiat dari daun sirih untuk menjaga kesehatan keluarga Anda, diantaranya yaitu.

Meredakan iritasi ringan pada mata

Mata merah karena iritasi kadang sangat sulit dihindari. Jika kita takut menggunakan obat-obatan kimiawi yang belum terpercaya, cara alami yang bisa dilakukan adalah menggunakan daun sirih.Untuk pembuatan ramuan daun siriih tersebut, rebus 2 atau 3 lembar daun sirih kedalam 2 gelas air yang sudah mendidih. Setelah itu tunggu sampai airnya berubah warna.

Selanjutnya, saring air rebusan tersebut dari daun yang sudah direbus dan gunakan air untuk mengompres mata. Anda juga bisa merendam tiga helai daun sirih di atas piring yang berisi air panas. Ketika sudah hangat, Anda bisa mencelupkan mata Anda ke dalam piring tersebut. Seteleh itu, Anda akan merasakan kesegaran penglihatan dan mata Anda pun akan kembali bersih.

Mengobati mimisan

Caranya sangat mudah, ambil saja 1 sampai 2 lembar daun sirih merah, 1 lembar untuk 1 lubang hidung yang mimisan. Gulung daun sirih merah tersebut dan masukkan ke dalam lubang hidung yang sedang mengeluarkan darah. Maka darah akan cepat berhenti dari hidung yang mimisan.

Menjaga kesehatan gigi

Ragam Tanaman herbal, macam-macam tanaman obat tradisional
daun sirih dapat digunakan untuk merawat kesehatan gigi dan membersihkan mata dai iritasi – diminimalis.com

Air rebusan daun sirih dapat menghilangkan plak dan kuman yang masih tersisa pada gigi. Untuk pembuatan ramuan daun siriih tersebut, Anda cukup rebus 2 atau 3 lembar daun sirih kemudian 2 gelas air yang sudah mendidih. Setelah itu tunggu sampai airnya berubah warna. Bila sudah dingin, Anda dapat menggunakannya untuk berkumur. Berkumurlah menggunakan air rebusan sirih tersebut sehabis menyikat gigi sebelum tidur untuk menghilangkan bakteri di mulut.

Demikian ulasan kami tentang khasiat daun sirih untuk kesehatan. Semoga dengan Anda menanam daun sirih di pekarangan rumah, Anda bisa memaksimalkan khasiatnya untuk menjaga kesehatan keluarga. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.