oleh

Inilah Kesalahan Merawat Bonsai yang Sering Dilakukan Pemula

Memiliki taman sendiri di rumah dapat menciptakan lingkungan yang sejuk, hijau, dan asri. Keberadaan tanaman-tanaman hijau di halaman rumah dapat membuat tampilan rumah minimalis terlihat semakin cantik. Salah satu tanaman yang banyak digunakan sebagai penghias taman rumah minimalis ini adalah bonsai. Tapi sayangnya, beberapa pemula melakukan kesalahan merawat bonsai yang justru bisa mengurangi keindahannya.

Bonsai merupakan suatu teknik merawat tanaman yang dapat membuat tanaman tetap berukuran kecil meskipun sudah berusia cukup lama. Semakin unik bentuk suatu bonsai tanaman, maka akan semakin tinggi nilainya. Diantara jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai adalah asam jawa beringin. Ada beberapa kesalahan merawat bonsai yang perlu dihindari untuk dapat menumbuhkan bonsai dengan baik dan cantik.

Kesalahan Merawat Bonsai, cara merawat bonsai, bonsai asam jawa, bonsai asem jawa bonsai beringin
Ada beberapa kesalahan merawat bonsai yang banyak dilakukan pemula – Diminimalis.com

Kesalahan Merawat Bonsai dalam Fase Bakalan

Untuk mendapatkan bonsai tanaman yang bagus harus dilakukan dengan merawatnya sedari tanaman masih berusia muda. Diperlukan teknik membentuk yang tepat agar pertumbuhan tanaman dapat diatur dan ditata. Teknik bonsai dapat diterapkan pada berbagai jenis tanaman berkayu mulai dari tanaman buah hingga pohon.
Oleh karena itu, menata bonsai harus dilakukan dengan mengikuti kaidah yang benar. Berikut ini beberapa kesalahan perawatan bakalan bonsai yang membuat pertumbuhan bonsai kurang estetis :

– Cabang tanaman tumbuh sejajar satu sama lain

Kesalahan perawatan bonsai terjadi jika Anda membiarkan cabang tanaman tumbuh di sisi kanan dan kiri batang utama dengan ketinggian yang sama. Kondisi ini harus segera diatasi dengan memotong salah satu cabang tersebut.

– Cabang tanaman tumbuh ke arah depan

Cabang yang tumbuh lurus ke arah depan juga dapat mengurangi keindahan tanaman bonsai. Sebaiknya Anda langsung memangkas cabang-cabang yang tumbuh lurus ke depan.

– Cabang tanaman tumbuh melingkar

Anda perlu menghindari cabang-cabang yang tumbuh di beberapa sisi tanaman yang berbeda. Cabang yang tumbuh serampangan dan terlihat melingkar sebaiknya segera dirapikan sebelum terlanjur merusak keseluruhan tampilan bonsai Anda.

– Cabang tanaman tumbuh naik ke atas

manfaat tanaman bonsai untuk kesehatan, khasiat tanaman bonsai
Cabang bonsai yang terlalu tumbuh ke atas – diminimalis.com

Anda sebaiknya menghindari pula jenis-jenis cabang yang tumbuh ke arah atas. Cabang yang tumbuh ke atas biasanya merupakan cabang yang masih berusia muda. Membiarkan cabang-cabang atas tetap tumbuh dapat memberikan kesan tanaman bonsai Anda masih berupa tanaman muda. Bonsai yang baik adalah bonsai yang justru mengesankan tanaman sudah berusia cukup tua.

– Cabang tanaman tumbuh menggantung ke bawah

Cabang bonsai yang baik adalah yang tumbuh ke arah bawah tetapi dengan posisi merunduk, bukan menggantung. Segera rapikan cabang-cabang menggantung ini dengan cara memangkasnya.

– Cabang tanaman saling mengait satu sama lain

Cabang yang saling mengait memberikan kesan bonsai menjadi berantakan. Bonsai akan terlihat seperti tidak terurus dengan baik dengan adanya cabang yang saling mengait. Anda harus segera memisahkan cabang-cabang tersebut dan memangkasnya bila diperlukan.

– Cabang berukuran lebih besar dari batang utama

Kesalahan ini cukup fatal dan merusak keseluruhan tampilan dari bonsai. Usahakan bonsai Anda memiliki satu cabang utama yang ukurannya lebih besar dan dapat dibedakan dengan mudah dari cabang-cabang lain di bagian sisinya.

Pemeliharaan yang Tepat untuk Menghindari Kesalahan Merawat Bonsai

Seperti tanaman pada umumnya, tanaman yang dibonsai juga harus dirawat secara rutin agar pertumbuhannya tetap berjalan dengan baik. Berikut ini beberapa perawatan pokok yang harus Anda lakukan agar pertumbuhan bonsai berjalan sebagaimana mestinya:

1. Pengairan

Pengairan bonsai dilakukan dengan penyiraman secara rutin. Penyiraman ini bisa dilakukan dengan menyesuaikan kondisi cuaca yang ada. Pada musim hujan penyiraman bonsai bisa dilakukan 2 kali pada pagi dan sore hari.

Pada musim kemarau Anda bisa menyiram bonsai lebih dari 2 kali menyesuaikan dengan suhu udara dan kondisi tanaman. Suhu udara yang tinggi serta kondisi tanaman yang kering dapat diatasi dengan penyiraman yang lebih sering.

2. Pemberian pupuk

manfaat tanaman bonsai untuk kesehatan, khasiat tanaman bonsai
Bonsai tumbuh subur karena rajin diberi pupuk – diminimalis.com

Pemupukan pada tanaman bonsai harus dilakukan secara terukur. Jumlah pupuk yang terlalu banyak diberikan bisa membuat pertumbuhan tanaman terjadi dengan sangat pesat. Tanaman bonsai diinginkan tetap kerdil, pupuk yang berlebih justru bisa membuat tanaman tumbuh tinggi dengan lebih cepat.

Pemberian jenis pupuk juga disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Anda bisa memberikan pupuk jenis N jika menginginkan pertumbuhan daun yang lebih banyak. Sementara itu Anda bisa mengambahkan pupuk jenis P dengan konsentrasi lebih ketika tanaman dalam kondisi berbunga.

3. Penyiangan gulma

Agar pertumbuhan tanaman bonsai tidak terhambat, Anda perlu melakukan penyiangan gulma secara rutin. Hilangkan tanaman-tanaman yang tidak diinginkan yang tumbuh di sekitar tanaman bonsai Anda.

Gulma yang tidak disiangi dapat menyebakan terjadinya kompetisi antara gulma dengan tanaman bonsai dalam memperoleh air serta nutrisi dari tanaman. Kompetisi ini bisa berdampak pada pertumbuhan bonsai yang kurang maksimal.

4. Pemangkasan akar tanaman

Tanaman bonsai yang ditumbuhkan pada pot dapat menimbulkan masalah berupa pertumbuhan akar yang sudah terlalu banyak. Akar yang jumlahnya sudah banyak ini bisa memenuhi bagian dasar dari pot dan menyulitkan tanaman menyerap unsur hara di dalam tanah.

Oleh karena itu, Anda perlu rutin melakukan pemangkasan akar. Pemotongan dan pemeliharaan akar dapat dilakuakan bersamaan dengan penggantian media tanam bonsai.

Merawat bonsai dengan teknik yang tepat dapat menghasilkan tanaman yang cantik serta sehat. Memelihara bonsai membutuhkan seni tersendiri agar tanaman tetap dapat hidup lama dengan tampilan yang cantik dan unik. Menghindari beberapa kesalahan merawat bonsai bisa membuat tanaman bonsai Anda tumbuh dengan baik. Pastikan Anda melakukan perawatan tanaman bonsai dengan baik agar hiasan tersebut terlihat tetap alami.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed