Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Meneruskan Kesalahan Mencuci Baju Seperti ini, Akibatnya Fatal

Ada beberapa kesalahan mencuci baju yang sebaiknya Anda hindari - Diminimalis.com

Mencuci merupakan salah satu proses untuk membersihkan kembali berbagai benda atau pakaian kotor agar aman digunakan. Sayangnya, kesalahan mencuci baju yang jarang kita sadari, justru dapat membuat kondisi menjadi semakin berantakan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kesalahan-kesalahan umum dalam mencuci agar hasil yang didapatkan maksimal. berikut ini delapan kesalahan umum dalam mencuci yang harus dihindari.

kesalahan mencuci baju, merendam pakaian di mesin cuci cara mencuci pakaian dengan mesin cuci agar bersih berapa lama mencuci dengan mesin cuci
Ada beberapa kesalahan mencuci baju yang sebaiknya Anda hindari – Diminimalis.com

Kesalahan mencuci baju yang perlu Anda hindari

Di bawah ini ada beberapa kesalahan saat mencuci baju yang jarang kita sadari dan menyebabkan pakaian menjadi rusak. Dinatara kesalahan mencuci baju tersebut antara lain.


Mengucek terlalu keras

Untuk menyingkirkan noda membandel, banyak dari kita yang kemudian mengucek baju terlalu keras karena gemas dengan noda yang sulit untuk dihilangkan tersebut. Hal ini harus dihindari karena malah bisa merusak serat kain baju. Apa solusi untuk noda membandel? Jangan tunda terlalu lama untuk mencucinya. Pisahkan baju tersebut dengan baju kotor lainnya, dan rendam dalam jangka waktu yang lebih lama.

Kurang teliti memisahkan jenis pakaian

Pakaian yang harus dipisah adalah pakaian warna dengan pakaian berwarna putih. Hal ini diperlukan untuk menghindari kelunturan yang terjadi saat proses pencucian. Selain itu, warna putih yang dicampur dengan pakian kotor lain, akan terkontaminasi dengan noda, yang membuat pakian putih Anda menjadi kusam.

Terlalu banyak memakai deterjen.

Terlalu banyak menggunakan deterjen mengakibatkan terlalu banyak busa yang akhirnya malah mengumpulkan kotoran. Hal ini justru membuat pakaian lebih kotor, tentu bukan ini hasil yang Anda inginkan bukan? Dan apabila Anda kurang bersih saat membilasnya, maka kotoran dari sisa busa di apkaian tersebut akan menempel meski pakaian sudah kering nantinya.

Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan deterjen pencuci pakaian. Karena Kandungan deterjen tersebut sudah efektif membersihkan kuman, tanpa harus digunakan dalam jumlah yang banyak. Baca takaran yang tepat pada kemasan deterjen yang Anda gunakan, karena masing-masing deterjen memiliki takaran tersendiri untuk membersihkan baju secara ideal.

Menggunakan keran untuk membilas

Membilas di bawah air keran atau air yang mengalir, bisa menyebabkan kain merenggang, terutama untuk bahan pakaian yang halus. Jadi saat Anda membilas, benamkan saja pada air jernih dan memerasnya seperti biasa. Anda perlu membilasnya berulang hingga busa benar-benar hilang dari pakaian Anda.

Memeras terlalu keras

Ketika selesai mencuci jangan terlalu keras saat membilas dan memerasnya. Memeras pakaian terlalu keras dapat merusak kain dalam jangka panjang. Selain itu warna pakaian menjadi cepat pudar dan benang-benang di kain pakaian menjadi semakin tipis.

Kesalahan saat menggunakan mesin cuci

Mencuci baju memang akan meringankan beban pekerjaan rumah tangga sehari-hari. Akan tetapi, terkadang kita secara tidak sengaja justru merusak mesin cuci yang digunakan. Kebiasaan-kebiasaan di bawah ini ternyata seringkali kita lakukan dan secara tidak sengaja akan membuat mesin cuci rusak serta tidak awet.

Tidak mengatur posisi mesin cuci dengan benar

kesalahan mencuci baju, merendam pakaian di mesin cuci cara mencuci pakaian dengan mesin cuci agar bersih berapa lama mencuci dengan mesin cuci
Mesin cuci yang tidak diberi alas, dapat, membuat lantai keramik menjadi retak – Diminimalis.com

Disarankan untuk tidak meletakkan mesin cuci langsung di atas lantai, karena getaran dari mesin cuci tersebut dapat merusak lantai keramik Anda. Untuk mengurangi kerusakan tersebut, tempatkanlah bantalan di bawah kaki-kai mesin cuci.

Tidak pernah membersihkan saluran pengering

Walaupun setelah digunakan Anda langsung mengosongkan filter mesin cuci, namun kotoran yang dapat mengendap dan menyumbat saluran suatu saat nanti. Biasanya, pengering yang tersumbat ditandai dengan lamanya waktu untuk mengeringkan cucian walau hanya terdapat beberapa pakaian saja di dalamnya. Untuk merawat saluran air, sesekali lepaskan selang dari belakang mesin dan bersihkan dengan sikat gigi yang tidak terpakai untuk membersihkan filter tersebut.

Membiarkan resleting pakaian atau celana terbuka pada saat akan dicuci.

Hal ini akan dapat merobek pakaian lain terutama yang bahan kainnya halus atau bahkan menggores mesin cuci Anda. Selain menutup resleting pakaian atau celana, jangan lupa juga untuk mengaitkan bra agar tidak merobek pakaian lain yang berbahan halus. Maka dengan menghindari beberapa kesalahan kecil ini, pakaian Anda akan lebih terlindungi dan senantiasa awet.

Jumlah pakaian yang tidak sesuai dengan kapasitas mesin

Mencuci dalam jumlah banyak memang rasanya lebih praktis, satu kali mencuci dan selesai sudah. Padahal ketika melakukan hal tersebut, artinya Anda memasukkan beban lebih besar dari kapasitas mesin cuci Anda. Maka pastikan Anda tidak mencuci melebihi kapasitas mesin, karena hal ini dapat merusak mesin cuci.

Mencuci dengan melebihi kapasitas yang seharusnya, juga dapat membuat pakaian Anda tidak bersih secara sempurna. Mencuci jauh dibawah kapasitas mesin juga sebaiknya dihindari. Mesin cuci yang diisi terlalu sedikit air dan pakaian dapat rusak pada jangka panjang nantinya. Karena mesin mesin akan bergetar hebat ditengah proses pencucian, akibat berat yang tidak seimbang pada tabung mesin cuci Anda. Selain itu, selama proses mencuci, Anda dilarang membuka pintu atau memasukkan benda ke dalam mesin ketika mesin sedang bekerja.

Ketika proses mencuci selesai, selalu bersihkan mesin cuci dari sisa-sisa deterjen, pelembut, maupun pemutih dengan kain lembut. Seminggu sekali, cuci mesin menggunakan air dengan suhu 40°C atau lebih tinggi dengan pemutih yang dicampur deterjen untuk memastikan bakteri tidak dapat berkembang di mesin cuci Anda.

Demikian ulasan kami tentang kesalhan-kesalahan mencuci baju yang kadang jarang kita sadari. Semoga dengan ulasan kami di atas, Anda dapat menghindari kesalahan-kesalahgan yang dapat merusak baju ataupun mesin cuci Anda, semoga bermanfaat.(ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.