Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Kelebihan dan Kekurangan Rotan Alami untuk Furniture Rumah

rotan alami sebagai hiasan di dalam rumah yang indah - diminimalis.com

Kelebihan dan kekurangan rotan alami perlu Anda perhatikan sebelum memilihnya sebagai furniture untuk rumah minimalis Anda. Rotan sintetis unggul dalam daya tahan dan varian warna yang bermacam-macam. Sedangkan rotan alami unggul dalam kesan mewah dan natural ketka sudah dijadikan furniture rumah tangga.

 Kelebihan dan kekurangan rotan alami, kekurangan kursi rotan sintetis, sifat rotan
rotan alami sebagai hiasan di dalam rumah yang indah – diminimalis.com

Kelebihan dan kekurangan rotan alami sebagai furniture rumah tangga

Furniture rotan alami memiliki banyak dicari oleh dikalangan yang memang mengutamakan originalitas dari sebuah produk. Teknik “Spray” atau “Washing” yang umum digunakan oleh para pengerajin rotan alami untuk menghasilkan komposisi pewarnaan yang berkelas, sangat dicintai oleh pecinta seni. Maka dari itu, banyak penggemar produk furniture ini lebih didominasi oleh kalangan asing yang berasal dari Eropa dan Amerika yang sangat mengagumi furniture dari rotan alami.


Proses produksi yang dilalui untuk meghasilkan produk furniture rotan alami ini memang cukup panjang, hal ini dilakukan demi menghasilkan sebuah produk yang memiliki keunggulan tersendiri di kelasnya seperti:

Baca juga artikel menarik berikut >>  Ide Kreatif Sekat Ruangan Rumah Minimalis Beserta Gambar

• Pemilihan bahan baku atau material yang berkualitas
• Pembuatan pola dan pemotongan

• Pelapisan berbagai bahan kimia

• Pengeringan dan assembly

• Penganyaman, dan lain sebagainya

Kelebiah dan kekurangan rotan alami, Kelebihan dan kekurangan rotan alami, kekurangan kursi rotan sintetis, sifat rotan
bahan baku rotan alami sebelum dianyam menjadi furniture – diminimalis.com

Selain proses yang sangat panjang tersebut, faktor bobot dari furniture rotan alami juga menjadi sebuah poin penting dalam pemilihan produk ini. Selain itu permasalahan lain ada pada daya tahan dan proses pemeliharaan produk furniture rotan alami ini. Faktor cuaca juga kerap menjadi kendala utama. Furniture rotan alami kurang tepat apabila ditempatkan pada area luar ruangan (outdoor), karena akan mudah rusak bila terkena sinar matahari dan air hujan terus-menerus.

Karena memiliki banyak lubang pada bentuknya, perabotan yang berasal dari rotan alami sering menjadi sarang debu. Partikel-partikel kotoran mudah berkumpul di lubang tersebut hingga menumpuk karena sulit dibersihkan. Maka dari itu, rotan alami membutuhkan perawatan yang lumayan rumit.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Cara Merawat Lemari Plastik Agar Awet dan Tahan Lama

Sama seperti kayu, rotan cukup rentan dirusak oleh serangga dan binatang pengerat. Dibutuhkan perlakuan tertentu supaya perabot rotan alami Anda terhindar dari gangguan hewan-hewan tersebut.
Rotan alami juga mempunyai konstruksi yang tidak terlalu kuat. Setahun sekali, permukaan material ini harus diberikan coating ulang agar keindahannya terjaga dan tetap terlindungi dengan baik.

Demikian ulasan kami tentang kelebihan dan kekurangan rotan alami untuk rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang kelebihan dan kekurangan rotan sintetis rumah minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Rotan sintetis pilihan efisien sebagai furniture rumah minimalis Anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.