oleh

Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik Dibanding Kompor Gas

Rumah minimalis yang mempunyai konsep yang sederhana namun mewah ini memang paling cocok jika meggunakan kompor listrik untuk memasak. Memang kompor listrik atau kompor induksi ini sudah semakin populer di kalangan masyarakat. Banyak sekali rumah dengan konsep minimalis yang menggunakan kompor listrik sebagai alat untuk memasak di dapur mereka. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan kompor listrik? Sebelum Anda tahu kekurangan dan kelebihannya, sebaiknya Anda ketahui dulu apa itu kompor listrik. Sesuai namanya, kompor ini adalah kompor yang menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Memang semua jenis masakan akan terlihat lebih fantastis jika dimasak menggunakan kompor listrik.

kelebihan dan kekurangan kompor listrik, bahaya kompor listrik bagi kesehatan, kompor induksi watt kecil, efek samping kompor listrik, wajan untuk kompor listrik, lebih hemat kompor listrik atau gas, review kompor listrik maspion, kompor portable, kompor induksi dan kompor listrik
Kompor listrik memiliki kelebihan dan kekurangan bila dibandingkan dengan kompor gas – Diminimalis.com

Menggunakan kompor ini untuk memasak juga lebih bersih dan lebih hemat energi. Namun ternyata tidak semua alat dapur bisa Anda gunakan untuk memasak jika menggunakan kompor listrik. Karena itulah Anda perlu memahami kompor ini terlebih dahulu.

Kompor listrik adalah kompor yang menghasilkan suatu rekasi elektromagnetik antara panic dengan induction cooking zone. Cara kerja kompor induksi ini mirip dengan besi atau baja yang ditempelkan ke permukaan magnetic. Pada kompor induksi inilah maka reaksi magentik akan menciptakan panas.

Kompor listrik zaman dulu bekerja dengan cara memanaskan elemen pemanas dan setelah itu ditransfer panasnya ke panci. Namun kompor ilistrik yang sekarang sudah menciptakan panas di panci itu sendiri. Karena itulah jika Anda memasak dengan kompor listrik maka selain aman, masakan cepat matang, dan yang paling penting adalah hemat energi.

Namun sebagai informasi, kompor listrik hanya bisa bekerja jika menggunakan panci ataupun alat masak datar yang terbuat dari besi atau stainless steel. Untuk menguji apakah alat masak yang Anda punya di rumah minimalis Anda bisa digunakan untuk kompor listrik, maka coba dekatkan magnet pada alat masak tersebut.

Jika magntnya menempel, maka alat masak atau panci yang Anda punya bisa digunakan untuk kompor listrik. Kompor listrik zaman sekarang pun juga sudah terjangkau jadi semua bisa memasak menggunakan kompor listrik agar lebih hemar dan lebih nyaman.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik?

Kelebihan Kompor Listrik

Di bawah ini kami telah merangkum untuk Anda tentang berbagai kelebihan dan kekurangan kompor listrik dibandingkan dengan kompor gas, apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Cepat matang

Resep Masakan Menggunakan Oven Listrik, resep masakan oven rumah, resep masakan oven kumpulan tips, cara menggunakan oven listrik merk kirin, resep kue yang di oven, cara menggunakan oven listrik untuk kue bolu, cara menggunakan oven listrik cosmos, cara memanaskan oven listrik, suhu oven listrik untuk kue bolu
Proses memasak menggungakn kompor listrik lebih cepat matang – Diminimalis.com

Pertama-tama marilah kita membahas kelebihan kompor listrik terlebih dahulu. Kompor listrik ini dapat bekerja dengan cepat. Jadi, jika Anda memasak air dengan panci besar maka akan lebih cepat mendidih daripada memasak air menggunakan kompor gas. Hal inilah yang membuat kompor listrik menjadi lebih hemat biaya, waktu, dan juga efisien.

2. Suhu yang konsisten

Kelebihan kompor listrik selanjutnya adalah suhu kompor ini sangat tepat. Nah, bagi Anda yang memang ingin memasak sesuatu menggunakan suhu tertentu, maka pasti akan menyukai kompor listrik karena mempunyai suhu yang konsisten.

3. Tidak merepotkan

Yang dimaksud dengan tidak merepotkan adalah jika Anda masih menggunakan kompor gas, Anda masih perlu memahami cara penggunaan kompor gas yang aman dan hati-hati. Apabila Anda meninggalkan kompor gas yang masih menyala secara tidak sengaja, maka akan membuat kompor menjadi panas. Jika menggunakan kompor listrik maka tidak akan panas selama tidak ada panci di atasnya. Semua akan bekerja secara otomatis!

4. Tidak panas

Masih berhubungan dengan poin selanjutnya, cara kerja kompor induksi ini adalah dengan menciptakan reaksi elektromagentik kepada logam di alat masak seperti panci. Jadi, bukan kompor yang menjadi panas, melainkan pancinya. Dengan kompor ini maka memasak akan menjadi lebih aman dan dapur pun tidak akan panas sehingga aman jika Anda mengajak si kecil untuk memasak.

5. Hemat energi

Kompor yang satu ini tidak menggunakan gas sehingga lebih hemat energy dan lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah.

Kekurangan Kompor Listrik

1. Hanya bisa menggunakan alat masak yang alasnya datar

Alat masak yang harus digunakan harus yang mempunya alas datar karena kompor listrik mempunyai permukaan yang rata. Karena itulah jika Anda memasak menggunakan wajan akan sangat sulit. Namun Anda msih bisa menggunakan adaptor wajan listrik.

2. Hanya bisa menggunakan alat masak tertentu

Kompor Induksi Terbaik, kompor induksi terbaik 2017, kompor induksi watt kecil, kompor induksi philips, spesifikasi kompor induksi, kompor induksi murah, panci untuk kompor induksi, review kompor induksi cyprus, bahaya kompor listrik
Kompor induksi bekerja pada cookware yang tepat – Diminimalis.com

Anda hanya bisa menggunakan alat masak yang terbuat dari besi atau stainless steel saja. Selain itu, kompor listrik tidak akan merespon alat masak.

3. Tumpahan yang tidak bisa dikontrol

Saat ada sesuatu yang tumpah ke kompor listrik Anda, maka tumahan tersebut akan langsung jatuh ke lantai karena permukaan kompor listrik yang datar.

4. Harus berhati-hati

Pada saat menggunakan kompor listrik memang harus lebih berhati-hati karena terkadang permukaan kompor listrik yang terbuat dari kaca ini mudah tergores. Peralatan masak tertentu pun juga bisa menggesek permukaan kompor listrik dan merusak lapisan pelindungnya.

5. Masalah listrik

Karena kompor ini menggunakan bahan bakar listrik, maka jika ada air yang tumpah ke permukaan kaca maka bisa menyebabkan masalah listrik yang serius.

6. Terkadang tidak efisien

Ada beberapa merk kompor listrik yang mempunyai fitur deteksi detector tumpahan. Jadi, jika ada cairan yang ada pada permukaan kompor listrik maka akan mematikan kompor tersebut secara otomatis.

7. Harganya masih cukup tinggi

Harga kompor listrik memang semakin terjangkau namun tidak semua lapisan masyarakat mampu untuk membeli kompor listrik.

8. Boros listrik

Karena kompor ini menggunakan listrik, maka biaya listrik Anda akan naik. Apalagi jika Anda termasuk sering memasak seperti untuk acara katering atau acara hajatan pasti biaya listrik akan membengkak.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan kompor listrik. Jika Anda ingin membeli kompor listrik, maka ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan. Faktor pertama adalah ukuran, Belilah Kompor listrik yang sesuai dengan ukuran dapur rumah minimalis Anda.

Faktor selanjutnya adalah kontrol sentuh yang berfungsi dengan baik. Hal ini perlu diperhatikan agar saat mengubah suhu pun bisa lancar. Semoga dengan kelebihan dan kekurangan kompor listrik ini maka Anda bisa membuat keputusan yang tepat.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.