Kelebihan Baja Ringan Dibandingkan dengan Material Kayu

Salah satu ruangan yang menggunakan konstruksi baja ringan - Diminimalis.com

Penggunaan baja ringan sebagai salah satu material konstruksi bangunan sudah semakin marak digunakan. Selain bahannya yang kuat, baja ringan juga ramah lingkungan, karena kita tidak lagi ketergantungan pada bahan kayu yang persediannya semakin berkurang. Lantas apa sajakah kelebihan baja ringan dibandingkan dengan kayu untuk bahan konstruksi bangunan? simak ulasan lebih jelasnya di bawah ini.

kelebihan baja ringan, perbandingan atap baja ringan dengan kayu, kelebihan dan kekurangan rangka atap kayu, kelemahan atap galvalum, kelebihan dan kekurangan baja struktur, keuntungan dan kelemahan konstruksi baja ringan pengganti atap
Salah satu ruangan yang menggunakan konstruksi baja ringan – Diminimalis.com

Kelebihan baja ringan dibandingkan dengan material kayu

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan ketika kita menggunakan konstruksi baja ringan dibandingkan dengan kayu, diantaranya yaitu:

Anda dapat mengetahui time schedule proyek secara akurat

Hal ini penting, karena Anda bisa memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan konstruksi bangunana Anda. Misal, pengerjaan pemasangan atap baja ringan di rumah Anda membutuhkan waktu 1 bulan, maka Anda dapat memperkirakan kapan Anda dapat kembali menempati rumah Anda. Dengan begitu Anda juga bisa mengkalkulasi kebutuhan biaya tukang, terkait berapa lama mereka harus bekerja menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Bila Anda menyewa aplikator baja ringan yang kompeten, maka mereka akan memberikan time schedule pekerjaan, bahkan jika diperlukan dapat menyusun progress report. Tidak hanya itu saja, pemasangan struktur atap baja ringan juga tidak membutuhkan proses finishing yang biasanya diterapkan pada kayu. Hal ini berarti Anda tidak perlu repot-repot melapisi material dengan cat atau minyak yang mana turut menghemat anggaran.

Anda dapat mengetahui rencana anggaran biaya secara akurat

Pada dasarnya Anda dapat menghitung biaya pemasangan baja ringan secara mandiri. Namun, bagi Anda yang tidak punya cukup waktu untuk melakukannya, tidak perlu bingung, aplikator baja ringan dapat membantu Anda menghitung total biaya yang harus Anda keluarkan untuk proyek Anda. Mereka akan memberikan perhitungan biaya yang sudah mencakup pembelian material dan pembayaran upah pekerja, biasanya dalam hitungan per meter. Merumuskan anggaran biaya dengan matang sebelum proyek dilaksanakan adalah hal yang mutlak dilakukan, demi mencegah pembengkakan biaya di akhir proyek.

Dapat diaplikasikan di banyak hal

manfaat baja ringan, kegunaan baja ringan, kelebihan baja ringan dibanding kayu, keunggulan baja ringan, kelemahan dan kelebihan baja ringan
pemakaian baja ringan untuk atap rangka atap masjid – diminimalis.com

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh baja ringan adalah kemampuannya untuk menggantikan banyak jenis bahan konstruksi yang digunakan sebelumnya. Bahan baja ringan dapat diaplikasikan di banyak tempat, salah satunya adalah atap. Selain untuk atap, baja ringan juga banyak di aplikasikan di pintu dan juga jendela rumah. Untuk pengaplikasian daun pintu dan juga jendela rumah, penggunakaan baja ringan tidak hanya digunakan karena manfaatnya tapi juga karena adanya pengaruh estetika.

Memiliki daya tahan yang tinggi

Bahan baja ringan memiliki kekuatan dan daya tahan yang tinggi. Hal ini disebabkan karena bahan baja ringan ini memiliki cukup banyak pertahanan terhadap hal-hal yang menyebabkan pengrusakan. Untuk menghindari terjadinya karat yang merupakan penyebab dari pengusakan secara kimiawi, baja ringan dibuat dengan bahan yang kuat dan dilapisi dengan bahan anti karat. Selain itu bahan baja ringan juga memiliki ketahanan terhadap rayap dan juga api.

Lebih aman digunakan sebagai bahan bangunan

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahan baja ringan lebih aman terhadap bencana seperti gempa dan juga badai. Dengan pola pemasangan yang presisi, keseimbangan baja ringan lebih terjamin daripada material kayu. Sedangkan dari segi kekuatan, bahan baja ringan tentu lebih bisa diandalkan daripada material kayu, untuk melindungi rumah Anda saat terjadi bencana alam.

Ramah lingkungan

Bila diamati kebutuhan masyarakat akan hunian yang layak sekarang ini terus meningkat. Bila semua orang menggunakan kayu untuk struktur atap, maka persedian kayu di hutan semakin menipis. Karenanya penggunaan baja ringan bisa menjadi solusi yang ramah lingkungan. Penggunaan baja ringan untuk atap juga hampir tidak menyisakan sampah atau limbah.

Fleksibel

Kelebihan baja ringan lainnya adalah kemampuan fleksibilitasnya yang tinggi. Karena tidak sulit bagi bahan baja ringan ini untuk menyesuaikan dengan bentuk disekitarnya. Sehingga bangunan yang menggunakan bahan ini menjadi lebih aman dari bencana alam.

Tidak membebani struktur bangunan

Meskipun memiliki kekuatan yang kokoh, dari segi bobot baja ringan jauh lebih ringan dibanding material lain. Sehingga tidak akan membebani struktur bangunan atau pondasi di bawahnya.

Kelemahan baja ringan

Di balik berbagai kelebihannya, baja ringan juga memiliki kelemahan, di antaranya yaitu.

• Kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu, sistem rangkanya yang berbentuk jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafon.
• Karena strukturnya yang seperti jaring, maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung, akan menyeret bagian lainnya. Dan jika salah satu bagian kurang memenuhi syarat keamanan, maka kegagalan bisa terjadi secara keseluruhan.
• Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil.

Demikian ulasan kami tentang beberapa kelebihan baja ringan dibandingkan dengan kayu sebagai rangka atap bangunan. Semoga ulasan kami kali ini dapat menambah referensi bagi Anda untuk mencari material terbaik pada rumah minimalis Anda. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.