Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Kekurangan Batako yang Harus Anda Perhatikan Sebagai Material Dinding

Ruangan dengan dinding batako terasa panas, sehingga membutuhkan jendela yang luas - diminimalis.com

Kekurangan batako sebagai meterial untuk mendirikan dinding sebenarnya tidak terlalu krusial dibandingkan dengan manfaatnya. Pada artikel sebelumnya, kami telah mengulas semua kelebihan dan kekurangan material untuk mendirikan dinding rumah. Kali ini diminimalis akan mengulas tentang batako dari segi kelemahannya sebagai bahan baku untuk mendirikan rumah, dibanding dengan bahan lainnya.

kekuranga batako untuk dinding, kekuranga batako untuk dinding rumah, harga batako
Ruangan dengan dinding batako terasa panas, sehingga membutuhkan jendela yang luas – diminimalis.com

Kami merangkum kelemahan batako di sini, tujuannya untuk membuat referensi yang fair terhadap semua jenis material untuk mendirikan dinding rumah minimalis. Selebihnya pilihan kembali kepada Anda, bahan baku yang manakah yang cocok Anda gunakan sesuai keinginan Anda.


Sebelumnya, ada baiknya kita mengenal jenis batako sebagai material untuk mendirikan dinding rumah. Berdasarkan bentuknya, batako dibedakan menjadi dua jenis, yaitu batako berlubang (hollow block) dan batako tidak berlubang (solid block). batako hollow block adalah batako yang memiliki penampang lubang lebih dari 25% luas penampang batanya, dan volume lubang lebih dari 25% volume batas seluruhnya. Sedangkan batako solid block memiliki penampang pejal 75% atau lebih dari luas penampang seluruhnya, dan memiliki volume pejal lebih dari 75 % volume bata seluruhnya.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Cara Memasang Mozaik pada Dinding Rumah Minimalis Anda
 kekuranga batako untuk dinding, kekuranga batako untuk dinding rumah, harga batako
Batako dengan jenis solid block – diminimalis.com
Kekurangan batako
batako dengan jenis hollow block – diminimalis.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kekurangan batako untuk mendirikan dinding rumah minimalis

1. Kekuatannya lebih rendah dari bata merah, sehingga cenderung terjadi keretakan dinding, terutama jika bagian kosong-nya tidak diisi dengan adukan spesi.

2. Mudah terjadi retak rambut pada dinding.

3. Material batako terdiri dari semen pc dengan bahan dasarnya 50% terdiri dari semen. Ketika batako press di jadikan sebagai dinding, material ini kurang baik dalam menyerap hawa panas. Sehingga ketika musim kemarau, ada kecenderungan terasa gerah di dalam ruangan.

4. Batako kurang cocok untuk rumah tinggal satu lantai yang menggunakan dinding sebagai salah satu elemen penopangnya, karena kekuatannya lebih lemah.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Paduan Warna Dinding Pada Rumah Minimalis yang Menawan

5. Untuk batako hollow block, karena fisiknya memiliki lubang di tengah, menjadikan mudah pecah atau retak ketika di pasang. Memang di satu sisi ada rongga untuk sirkulasi udara, tapi secara kekuatan akan kalah jika dibanding batu bata merah yang bentuknya padat dan utuh. Batako hollow block mudah dilubangi dan mudah pecah apabila dipasangi paku ke dinding untuk gantungan.

Demikian ulasan kami tentang kekurangan batako untuk mendirikan dinding rumah minimalis Anda. Sebagai penyeimbang referenasi Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat batako untuk mendirikan dinding rumah minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Manfaat batako untuk mendirikan dinding rumah minimalis Anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.