Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Kebiasaan Ramah Lingkungan yang Bisa Dimulai dari Rumah Kita

Ada beberapa kebiasaan ramah lingkungan yang bisa kita mulai dari rumah minimalis kita - Diminimalis.com

Ada banyak kebiasaan ramah lingkungan sebaiknya mulai kita lakukan sejak sekarang. Karena hal-hal kecil yang mungkin kita anggap sepele, nyatanya bisa memberi dampak bagi lingkungan bila dilakukan terus-menerus. Terlebih kebiasaan buruk tersebut dilakukan oleh banyak orang. Memang, diperlukan proses yang tidak sebentar untuk mengkampanyekan program positif ini, namun sebelum mulai mengajak orang lain, alangkah baiknya kita mulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

kebiasaan ramah lingkungan, kebiasaan ramah lingkungan di rumah, cara melakukan go green di rumah
Ada beberapa kebiasaan ramah lingkungan yang bisa kita mulai dari rumah minimalis kita – Diminimalis.com

Kebiasaan ramah lingkungan yang perlu dimulai dari sekarang

Apa sajakah kebiasaan ramah lingkungan yang sebaiknya kita mulai sejak sekarang? Simak ulasan kami di bawah ini.


Gunakan kaca film untuk menyejukkan ruangan

Dengan menggunakan kaca film di rumah, Anda  dapat mengurangi panas kurang sekitar 30%. Karena  kaca film dapat memantulkan panas matahari dari jendela, tanpa menghalangi cahaya masuk ke dalam rumah, sehingga ruangan akan tetap terang.

Saat siang hari, maksimalkan cahaya alam

Sebisa mungkin, kurangilah pemakaian lampu yang hanya akan memakan banyak listrik. Biasakan untuk mematikan lampu di ruangan rumah yang tidak terpakai di siang hari. Kita bisa memanfaatkan cahaya alami dari matahari yang masuk ke jendela, pintu, atau ventilasi.

Saat malam hari, gunakan lampu LED

kelebihan lampu led, kelebihan lampu led dibanding neon, kegunaan lampu led
lampu LED hemat energi dan tahan lama – diminimalis.com

Diantara kelebihan lampu LED adalah lampu ini lebih hemat energi dibanding lampu bohlam biasa. Jika sebelumnya Anda dibuat pusing akibat tagihan listrik yang membengkak, sekarang cobalah menggunakan lampu berjenis LED. Sebab, lampu ini memiliki daya pemakaian listrik yang sangat kecil sehingga dapat mengurangi pemakaian listrik Anda setiap bulannya.Sementara bohlam biasa akan menghabiskan 95% listrik hanya untuk membuat panas.

Furniture ruangan dari barang bekas

Seberapa sering Anda membeli pernak-pernik hanya karena tren atau karena keunikannya? Ketika memilih pernak-pernik untuk mempercantik rumah, sebaiknya pertimbangkan apakah desainnya klasik dan evergreen? Bila memungkinkan, Anda bisa mendaur ulang barang bekas yang ada di sekitar rumah menjadi sesuatu yang baru. Contohnya, menjadikan botol-botol bekas sebagai lampu gantung atau menggunakan kayu bekas untuk membuat meja ataupun rak buku.

Reduce, Reuse, Repurpose

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah-istilah tersebut. Akan tetapi penerapannya dalam kehidupan sehari-hari tentunya tak semudah itu. Diperlukan komitmen untuk menjadikan ketiga prinsip ini sebagai gaya hidup baru Anda. Untuk teknis penerapannya adalah sebagai berikut.

Reduce

Bawa tas belanja saat berbelanja ke pasar atau supermarket. Mungkin harga tas plastik yang seharga Rp200 atau Rp 5.000 bukan masalah untuk Anda. Tetapi upaya Anda untuk tidak menggunakan tas plastik, merupakan tindakan nyata untuk turut peduli pada lingkungan.

Reuse

Bijak menggunakan air keran di rumah. Jangan biarkan keran rusak yang membuat air menetes terus-menerus. Bila Anda belum sempat mengatasinya, tampung air menggunakan wadah bersih agar dapat digunakan untuk berbagai keperluan.  Air bekas mencuci daging dan sayur juga bisa Anda gunakan untuk menyiram tanaman.

Repurpose

Daripada meminum air dari botol plastik, Anda bisa menggunakan botol minuman besar atau tumbler yang bisa diisi ulang. Atau ketika Anda ingin membuang suatu barang yang menurut Anda sudah tidak dibutuhkan, pikirkan apakah barang tersebut masih bisa dimanfaatkan. Jika barang tersebut masih punya manfaat lain, gunakan untuk hal lain selain fungsi utamanya.

Matikan arus listrik yang tidak perlu

Kamar tidur seharusnya menjadi tempat beristirahat dan relaksasi. Pertimbangkan untuk mematikan koneksi internet wifi dan bluetooth sebelum tidur. Gelombang dari wifi dan bluetooth yang masih menyala, dapat mengganggu kualitas tidur kita. Bila Anda memiliki TV yang berada di dalam kamar dan jarang monontonnya, sebaiknya pindahkan TV tersebut ke ruang keluarga. Keberadaan benda-benda elektronik di sekitar kita saat tidur, akan mengganggu metabolisme tubuh sehingga tubuh tidak bisa beristirahat penuh.

Kuranggi pemborosan kertas

Selama ini kita memang tidak bisa dilepaskan dari kertas. Jika kita ingin menyimpan data, minimalisir untuk mencetaknya bila tidak urgen. Anda cukup menyimpannya di komputer atau di flash disk saja. Jika Anda harus mencetak dengan kertas, sebaiknya gunakan kertas seefektif mungkin.

Ciptakan udara segar

Udara yang bersih sama pentingnya dengan makanan yang kita makan. Dengan tingginya tingkat polusi di luar sana, sangat mungkin polusi tersebut masuk ke rumah kita. Untuk menguranginya, Anda bisa menanam aneka pohon di sekitar rumah sebagai penyaring udara kotor.

Untuk menciptakan udara bersih sebagaimana yang kami bahas di atas, Anda perlu memiliki taman sendiri di rumah minimalis Anda. Karena rumah yang sehat adalah rumah yang bersih dengan udara yang segar. Hal ini bisa kita dapatkan ketika kita memiliki taman di plataran halaman rumah. Tanamlah beberapa bunga di atas rumput rerumputan taman Anda. Alangkah lebih baiknya Anda menanam pohon peneduh untuk memaksimalkan penyaringan udara kotor di sekitar ruimah Anda. Selain membuat udara segar, halaman rumah kita juga terlihat lebih hijau dan indah

Pisahkan / golongkan sampah Anda

Sampah pada dasarnya merupakan bahan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh kita. Jika dibuang, secara alamiah sampah juga akan mengalami degradasi. Sampah yang terdiri dari berbagai macam jenis, akan memiliki tingkat degradasi yang begitu lama dan susah diurai. Maka penting untuk memisahkan jenis sampah yang Anda buang berdasarkan jenisnya.

Demikian ulasan kami tentang beberapa kebiasaan ramah lingkungan yang sebaiknya sudah mulai kita lakukan sejak sekarang. Semoga dengan menerapkan kebiasan tersebut, kita dapat membuat banyak perubahan positif untuk lingkungan sekitar kita. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.