Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Kebiasaan Buruk yang Merusak Mata ini, Sebaiknya Anda Hindari

Ada banyak kebiasaan buruk yang merusak mata untuk Anda hindari - Diminimalis.com

Ada banyak kebiasaan buruk yang merusak mata, namun jarang kita sadari. Untuk itu, penting sekali menjaga kesehatan maya, dan meninggalkan kebiasaan buruk yang merusak mata kita. Namun apa jadinya jika mata kita, yang berperan sangat penting terhadap kehidupan kita tiba-tiba tidak dapat berfungsi dengan baik? Tentu saja hal tersebut akan sangat mengganggu kita.

Selain karena kebiasaan dan gaya hidup seseorang, penyebab mata minus juga disebabkan karena faktor usia. Usia juga tidak dapat dipungkiri menjadi penyebab lain mengapa mata seseorang tidak dapat berfungsi dengan baik. Terlebih lagi bagi mereka yang mulai menginjak usia 40 tahun ke atas.

Kebiasaan buruk yang merusak mata, makanan yg dapat merusak mata, cara merusak mata, cara membuat mata minus dengan cepat
Ada banyak kebiasaan buruk yang merusak mata untuk Anda hindari – Diminimalis.com

Kebiasaan Buruk yang Merusak Mata, namun Jarang Kita Sadari

Ada banyak penyakit mata yang dijumpai pada orang tua, seperti mata minus, katarak, glukoma, dan mata kering. Sehingga banyak ditemukan para lansia menggunakan kaca mata. Bahkan tidak hanya para lansia, banyak pemuda bahkan anak-anak yang sudah mulai menggunakan kacamata dalam membantu penglihatan mereka. Dibawah ini terdapat beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak mata Anda.

1. Membaca Sambil Tiduran

Kebiasaan buruk yang merusak mata, makanan yg dapat merusak mata, cara merusak mata, cara membuat mata minus dengan cepat
Membaca sambil tiduran juga dapat merusak mata Anda – Diminimalis.com

Salah satu penyebab mata minus adalah membaca sambal tiduran. Terdapat aturan khusus agar mata tidak rusak. Sangat tidak dianjurkan bagi seseorang untuk membaca sambal tiduran atau berbaring.

Membaca sambil tiduran dapat merusak mata karena mata akan berdilatasi secara terpaksa yang menyebabkan mata menjadi cepat lelah dan pegal hingga akhirnya mengalami kerusakan pada retina. Kerusakan inilah yang menybabkan sesorang membutuhkan alat bantu pengelihatan berupa kacamata, baik kacamata minus maupun plus.

2. Membaca dengan Penerangan Minim

Kebiasaan buruk yang merusak mata yang selanjutnya adalah membaca dalam penerangan minim. Pada dasarnya, kita memang tidak dapat membaca jika tidak ada cahaya atau penerang. Kebanyakan kesalahan seorang dalalm membaca adalah menyepelekan tingkat pencahayaan ruangan tempat mereka membaca. Akibatnya, lensa mata dipaksa untuk menebal dan menipis, pupil mata berdilatasi terus menerus dan proses penangkapan cahaya oleh retina mata yang tidak baik sehingga menyebabkan mata menjadi Lelah dan akhirnya rusak.

Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan bagi Anda untuk membaca dalam kondisi ruangan yang gelap atau remang-remang. Selain itu, kondisi ruangan dengan pencahayaan yang terlalu terang juga dapat membahayakan kesehatan mata karena silau cahaya dapat merusak retina mata yang menjadi penyebab mata minus. Tidak hanya itu, cahaya yang terlalu terang juga dapat membuat kepala menjadi pusing.

3. Mengucek-Ucek Mata

Sama seperti anggota tubuh lainnya, mata pun bisa terasa sangat gatal. Mata gatal biasa disebabkan karena iritasi. Baik benda asing maupun iritasi dalam mata. Yang perlu diperhatikan adalah jika mata gatal sangat tidak dianjurkan untuk mengucek mata.

Kebiasaan mengucek mata dapat merusak lapisan kornea mata dan menyebabkan peredaran pembuluh darah di daerah mata terganggu. Kebiasaan mengucek mata juga dapat menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi mudah berkeriput dan menghitam. Oleh karena itu, jika sesekali Anda merasakan mata gatal, cukup berikan obat tetes mata atau istirahatkan mata sejenak. Selain itu, terapi alami seperti menempelkan irisan timut atau tomat pada mata juga dapat membantu mata menjadi dingin.

4. Perawatan Lensa Kontak yang Kurang Tepat

Bagi sebagian pengguna kacamata, terdapat beberapa diantaranya lebih memilih menggunakan lensa kontak. Selain lebih praktis, penggunaan lensa kontak juga lebih membuat penampilan lebih menarik. Namun tetap saja lensa kontak memiliki kekurangan, dibutuhkan perawatan yang benar dan tepat.

Lensa kontak bisa menjadi bahaya jika tidak mendapatkan perawatan yang benar. Lensa kontak yang kotor dapat menyebabkan iritasi pada mata, bahkan pada beberapa kasus-kasus tertentu dapat menyebbakan kebutaaan. Selain perawatan lensa kontaknya, pengguna lensa kontak juga dituntut untuk rajin memperhatikan durasi penggunaan lensa kontak.

Jika penggunaan lensa melebihi batas waktu yang seharusnya, dapat menyebabkan mata menjadi kering bahkan seperti yang disebutkan tadi, dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius hingga kebutaan. Oleh karena itu, cucilah dan keringkan tangan Anda sebelum menggunakan lensa kontak. Ingat selalu untuk melepas lensa kontak sebelum Anda tidur.

5. Terlalu Lama Berada di Layar Komputer

Jika Anda termasuk pekerja yang mengharuskan selalu berada didepan layar computer, maka ada baiknya Anda berhati-hati. Radiasi yang dipancarkan sinar komputer sangat berbahaya terhadap kesehatan mata. Menatap layar komputer terlalu lama juga dapat menyebabkan mata menjadi kering, karena mengurangi frekuensi berkedip yang menyebabkan tidak tersekresinya cairan pada kelenjar mata, sehingga menyebabkan mata menjadi kering dan terasa pedih.

6. Merokok

cara berhenti merokok paling efektif, cara untuk berhenti merokok paling efektif, cara jitu berhenti rokok, cara berhenti merokok bagi perokok berat, tips berhenti merokok untuk selamanya
Merokok juga dapat merusak kesehatan mata Anda – diminimalis.com

Tidak dapat dipungkiri, merokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan organ-organ tubuh. Tidak hanya jantung dan hati, merokok juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Asap rokok yang banyak mengandung zat-zat berbahaya dapat memiliki dampak buruk terhadap kesehatan retina mata.

Retina merupakan salah satu bagian mata yang sangat pentig dalam penglihatan. Jika retina mata kita rusak, maka penyakit cacat mata seperti rabun dapat mengganggu aktivitas melihat seseorang. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat membuat peredaran darah yang mengandung oksigen dan nutrisi terganggu ke otak. Bagi Anda yang saat ini masih merokok dan ingin berhenti, sebaiknya Anda pelajari cara berhenti merokok yang efektif.

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang merusak mata sehingga menjadi penyebab mata minus. Selain karena bawaan genetik, penyakit mata juga merupakan dampak buruk dari pola kebiasaan seseorang yang kurang baik. Yang itu berarti kita sendiri dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakitatau gangguan pada mata kita lewat kebiasaan-kebiasaan kita sendiri. Oleh karena itu, pandai-pandailah menjaga kesehatan Anda, karena jika bukan Anda maka siapa lagi? (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.