Kebiasaan Buruk saat Mandi yang Sebaiknya Harus Kita Hentikan

Ada banyak kebiasaan buruk saat mandi yan membuat kuring menjadi kering - Diminimalis.com

Tahukah Anda jika kebiasaan buruk saat mandi bisa berdampak sangat tidak baik? Seperti yang kita ketahui, mandi merupakan kegiatan wajib setiap hari, yang dilakukan semua orang untuk membersihkan badannya. Selain itu mandi juga terbukti ampuh meredakan stress setelah beraktifitas seharian.

Lantas, apa sajakah hal-hal yang terkait dengan kebiasaan buruk mandi? Nah, berikut penjelasannya.

Kebiasaan Buruk Saat Mandi, kebiasaan wanita saat mandi hadits larangan menyanyi di kamar mandi larangan bersuara di kamar mandi adab di kamar mandi menurut islam akibat terlalu lama di kamar mandi hal yang tidak boleh dilakukan di kamar mandi menurut islam hadits tentang kamar mandi larangan mandi terlalu lama hadits jangan berlama lama dikamar mandi
Ada banyak kebiasaan buruk saat mandi yan membuat kuring menjadi kering – Diminimalis.com

Kebiasaan Buruk saat Mandi

1. Berlama lama di kamar mandi

Berlama-lama di kamar mandi mungkin telah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Bahkan ada pula yang sampai ke kamar mandi dengan membawa posel atau buku. Namun sadarkah Anda bahwa berlama lama di kamar mandi justru membuat kulit menjadi kering, terutama jika Anda menggunakan air hangat setiap kali mandi.

Nat keramik
Berlma-lama di kamar mandi, dapat mengikis lapisan minya dalam kulit – diminimalis.com

Para ahli kesehatan, merekomendasikan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit. Hal ini agar kulit tidak mengalami dehidrasi karena air akan terus mengkikis minyak alami yang dikeluarkan kulit Anda.

2. Keramas dengan Air Hangat

Keramas dengan air hangat juga merupakan kebiasaan buruk mandi yang selanjutnya. Suhu lebih panas dari air akan membuat kulit kepala Anda menjadi rapuh sehingga rambut tidak dapat tumbuh sempurna. Selain itu, keramas dengan air hangat akan mengakibatkan kultikula dari rambut terbuka dan membuat molekul warna rambut lepas. Oleh karena itu, sebaiknya, gunakan air dingin untuk keramas agar warna rambut tidak luntur dan terlihat lebih segar sehabis keramas.

3. Keramas Setiap Hari

Jika Anda berpikir dengan keramas setiap hari bisa membuat rambut sehat, maka mulai sekarang buang jauh-jauh pendapat tersebut. Nyatanya, beberapa ahli di bidang kesehatan rambut, hanya menyarankan untuk keramas sebanyak 2-3 kali saja dalam seminggu. Hal ini karena sama seperti kulit, rambut juga akan kehilangan minyak alaminya lalu menjadi kering dan mudah rontok ketika sering terkena bahan kimia dari shampoo yang kita pakai.

4. Membungkus rambut dengan Handuk

Kebiasaan buruk mandi yang satu ini, bisa dibilang menjadi hal lumrah yang banyak dilakukan wanita. Hampir semua wanita penah membungkus rambutnya dengan handuk seusai keramas ketimbang membiarkannya terurai dan membasahi punggung.

Fakta membuktikan bahwa melilitkan handuk setelah keramas akan membuat rambut stress, mudah patah dan membuat rambut rusak. Tidak hanya itu, menggosokkan handuk pada rambut akan membuat rambut pecah-pecah. Idealnya, gosok rambut dengan pelan atau biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya. Penggunaan alat bantu semacam hair dryer juga tidak disarankan. Karena angin yang keluar dari hair dryer merupakan angin panas yang mengandung listrik, yang juga akan mengikis nutrisi dari rambut sehingga rambut hitam lama kelamaan akan menjadi lebih merah.

5. Tidak Membersihkan Shower Puff

jangan taruh benda-benda ini di kamar mandi, benda yang dilarang diletakkan di kamar mandi, benda yang tidak boleh ada di kamar mandi
Perhatikan juga beberapa benda yang sebaiknya tidak ditaruh di kamar mandi – diminimalis.com

Shower puff merupakan salah satu alat mandi yang biasa digunakan untuk membersihkan tubuh. Hal ini menjadikan shower puff selalu bersentuhan langsung dengan bakteri dan kuman di tubuh Anda saat mandi. Nah hal yang sering dilupakan atau diabaikaqn, adalah membersihkan dan mengeringkan shower puff setelah digunakan.

Perlu Anda ketahui, jika tidak dikeringkan, bakteri dan kuman akan berkembang biak didalamnya. Dan ketika menggunakannya kembali, bakteri dan kuman justru tersebut tentu menempel lagi di tubuh Anda. Jadi mulai sekarang, pastikan Anda membersihkan kemudian mengeringkan shower puff setelah digunakan.

6. Membilas Tubuh tidak bersih

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum menyelesaikan mandi adalah memastikan seluruh busa dari shampoo dan sabun telah terbilas sempurna. Pasalnya, bahan bahan dalam shampoo dan sabun Anda dapat menyebabkan kuman di baju Anda menempel, iritasi di kulit, menyumbat pori-pori, dan dapat menyebabkan jerawat di punggung Anda.

Untuk dapat membilas tubuh dengan efektif seusai keramas, Anda bisa memposisikan kepala Anda menunduk dan memposisikan rambut kedepan ketika membilas, sehingga shampoo akan langsung jatuh kebawah atau ke lantai kamar mandi tanpa mengenai punggung Anda.

7. Mandi dibawah Pancuran lebih dari 10 Menit

Mandi dibawah pancuran memang terasa menyegarkan. Bagaimana tidak, air yang mengalir langsung dari atas ke kepala kita, akan mengenai rambut dan membuat peredaran darah lebih lancar. Biasanya hal tersebut akan menimbulkan sensasi pijatan yang terasa nyaman, sehingga banyak orang melakukan aktifitas ini dalam waktu yang lama.

Namun tahukah Anda bahwa mandi dibawah pancuran lebih dari 10 menit merupakan salah satu kebiasaan buruk mandi yang harus dihindari? Kenapa?

Para pakar kesehatan menyarankan untuk tidak mandi dibawah pancuran lebih dari 10 menit karena dapat menebabkan masalah kulit kering dan rentan terkena masuk angin.

8. Menggosokan Handuk Secara Berlebihan

Banyak orang yang tanpa sadar terlalu berlebihan dalam menggosok-gosokkan handuknya ke bagian tubuhnya. Padahal, cara terbaik untuk mengeringkan tubuh dengan handuk adalah dengan menepuk nepuknya secara lembut. Hal ini karena menggosok-gosok handuk ke kulit dapat membuat kulit iritasi dan menjadi kering.

Selain itu, menggosok secara kasar pada handuk akan membuat sel kulit mati malah mengendap di handuk serta akan menjadi sarang dari kuman dan juga bakteri. Oya, sebaiknya segera gunakan lotion setelah tubuh Anda kering agar kulit Anda tetap lembab dan tidak kekurangan minyak kulit.

Nah itulah diatas beberapa kebiasaan buruk saat mandi yang sampai saat ini sering dilakukan. Masihkah Anda melakukannya? Segera ganti kebiasaan tersebut agar kulit dan rambut Anda selalu sehat. Selian memahami kebiasaan buruk tersebut, ada baiknya Anda juga memahami terkait benda-benda yang sebaiknya tidak ditaruh di kamar mandi. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan selamat mencoba!(ar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.