Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mengenal Lebih Jauh Karakteristik Taman Kontemporer

gambar taman kontemporer - diminimalis.com

Karakteristik taman kontemporer umumnya diaplkasikan pada taman rumah di luar negeri dikarenakan proses pemeliharaan dan perawatanya yang mudah. Taman kontemporer juga memiliki desain yang rapi dan lebih nyaman digunakan sebagai sarana bersantai penghuni rumah. Dengan kelebihan yang dimiliki taman ini pastinya menjadikan Anda menginginkan untuk dapat memilikinya.

Karakteristik taman kontemporer
manisnya karakteristik taman kontemporer – diminimalis.com

Tahukah Anda apa itu taman kontemporer? Taman ini merupakan hasil perpaduan dari style kontemporer dari furnitur dengan gaya modern dari taman. Kesan nyaman dan rapi pada taman ini begitu kentara dengan penataan tanaman yang rapi pada taman. Terlebih, pada taman jenis ini biasanya diterapkan menggunakan dekorasi bernilai seni tinggi dan futuristik.


Beginilah karakteristik taman kontemporer

Secara bentuk sebetulnya karakteristik taman kontemporer tidak jauh beda dengan taman minimalis, namun dengan panambahan elemen kayu, marmer maupun semen sebagai penutup tanahnya menjadikan taman kontemporer terlihat lebih rapi. Penggunaan tembok pembatas yang terbuat dari dinding bata maupun batu alam dan kayu juga lazim dijumpai pada taman kontemporer.

Sudut tanah kosong yang terdapat baik di tengah maupun pinggi taman difungsikan sebagai area untuk menanam tumbuhan hias. Penanaman dan penataan yang rapi mutlak dilakukan guna mengesankan indahpada taman. Bagi Anda yang tidak mempunyai tanah sebagai media tanamnya, Anda dapat menggunakan pot atau flowerbed sebagai medianya.

Baca juga: memilih tanaman taman

Karakteristik taman kontemporer
tampilan taman kontemporer – diminimalis.com

Model futuristik pada taman kontemporer biasanya ditampakan dengan penggunaan tata cahaya indah yang dipancarkan dari lampu sorot modern. Penempatan lampu yang tepat juga bermanfaat bagi Anda keika hendak menikmati taman pada malam hari. Karakter taman sederhana namun elegan juga bisa Anda munculkan dengan nyala lampu yang temaram.

Pencahayaan di dalam taman memang menjadi salah satu faktor yang menentukan keindahan suatu taman. Apalah artinya taman yang indah namun hanya bisa dinikmati dikala siang hari saja sedangkan pada malam hari gelap gulita. Anda bisa menggunakan lampu sorot ataupun lampu khusus taman untuk menjadikan taman bisa tetap Anda nikmati pada malam hari.

Dominannya hardscape pada taman kotemporer

Ciri-ciri desain kontemporer pada taman yang lainnya adalah, penggunaan kerikil kecil atau elemen lain sebagai pembatas antar tanaman dan menjaga agar tidak terinjak oleh kaki yang diletakkan mengitari tanaman. Patung atau furnitur berbentuk unik biasanya juga ikut dijadikan pelengkap karakteristik taman kontemporer.

Komponen hardscape memang cukup dominan menjadi penguat karakteristik taman kotemporer. Hal tersebut dikarenakan taman kotemporer lebih sering digunakan pada daerah perkotaan yang notabenya langkanya ketersediaan tanah sehingga hanya bisa menampung tanaman dalam jumlah yang tidak banyak.

Pemilihan jenis tanaman yang tepat menjadi permasalahan yang cukup penting dikarenakan keterbatasan lahan yang ada sebagai area tanamnya. Oleh karena itu pertimbangkanlah dengan bijak dalam pemilihannya agar diperoleh karakteristik taman kotemporer yang sesuai. Selain itu penataan elemen hardscape juga perlu diperhatikan jangan sampai berlebihan didalam penggunaannya yang menyebabkan hilangnya kesan asri taman.

Untuk menjaga privasi Anda, penggunaan pergola yang dilengkapi dengan tirai bambu bisa dipasang di tempat yang memungkinkan. Pengunaan payung berukuran besar juga bukan ide buruk untuk melindungi furnitur dari panas matahari dan air hujan yang dapat merusak furnitur. Kursi atau sofa berbantal kecil dan meja modern yang dilengkapi dengan vas bunga juga semakin menambah kuat karakteristik taman kontemporer.

Demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai seperti apa karakteristik taman kontemporer yang sebenarnya. Banyaknya konsep taman yang ada semoga bisa menambah pengetahuan Anda sehingga bisa menjadi bahan referensi disaat Anda membutuhkannya. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am.).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.