Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Kamar Mandi Sehat, Menghindarkan Keluarga Anda dari Serangan Penyakit

contoh kamar mandi sehat dengan lantai yang bersih - diminimalis.com

Kamar mandi sehat adalah kamar mandi yang tidak berbau dan tidak lembab. Namun syarat sehat tidak cukup itu saja, kamar mandi yang sehat juga harus bersih dan nyaman saat digunakan. Ada baiknya sebelum membangun kamar mandi, Anda mendesainnya menjadi dua zona, yaitu zona basah dan zona kering. Kedua zona tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

kamar mandi sehat, kamar mandi sehat dan bersih, kamar mandi yang sehat, cara membuat kamar mandi sehat, tips membersihkan kamar mandi
contoh kamar mandi sehat dengan sirkulasi udara yang maksimal – diminimalis.com

Zona basah meliputi area di mana di dalamnya terdapat showeratau bak mandi. Sedangkan zona kering meliputi wastafel, di mana Anda dapat manfaatkannya untuk menyikat gigi, mengeringkan rambut atau mencukur kumis. Pembagian zona tersebut akan dapat menunjang terciptanya kamar mandi yang sehat.

Kamar mandi sehat untuk menghindarkan keluarga Anda dari penyakit

Beberapa langkah berikut ini dapat Anda terapkan untuk menciptakkan kamar mandi yang sehat:

1. Ukuran

Mebuat kamar mandi yang sehat tidak perlu harus memiliki ukuran yang luas dan besar. Besar kecilnya kamar mandi dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan luas bangunan yang tersedia. Tidak perlu memaksakan untuk memasukkan elemen seperti wastafel, bathtub, rak handuk atau bak air jika luas lahan kamar mandi Anda tidak memungkinkan.

2. Bahan material

Material dinding dan lantai yang digunakan sebaiknya berbahan keramik supaya lebih mudah dibersihkan dan cepat kering. Jangan lupa untuk membangun lantai sedikit miring agar air yang turun lebih mudah mengalir ke lubang pembuangan air.

3. Sirkulasi

Sebaiknya perlu adanya jendela supaya dapat memperbarui sirkulasi udara di dalam kamar mandi Anda. Apabila sirkulasi udara baik maka kamar mandi Anda tidak mudah lembab. Udara yang lembab merupakan masalah utama pada kamar mandi. Udara lembab di kamar mandi berpotensi menimbulkan lumut dan jamur yang akhirnya berpotensi menimbulkan kuman penyakit.

kamar mandi sehat, kamar mandi sehat dan bersih, kamar mandi yang sehat, cara membuat kamar mandi sehat, tips membersihkan kamar mandi
contoh kamar mandi sedhat dengan pencahayaan alami yang maksimal – diminimalis.com

4. Pencahayaan

Pencahayaan yang cukup diperlukan untuk kamar mandi yang sehat. Pencahayaan bisa berasal dari sinar matahari atau dari lampu. Pencahayaan diperlukan supaya kotoran yang ada jadi mudah terlihat.

5.Tanaman hijau

Tanaman hijau memiliki peranan penting dalam membuat ruangan tetap sehat, begitu juga dengan kamar mandi. Ada banyak jenis tanaman yang bisa diletakkan di kamar mandi, seperti aloe vera, lidah mertua, aster dan lain sebagainya.

Demikian ulasan kami tentang merancang kamar yang sehat untuk rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami terkait pemilihan pintu kamar mandi minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Hal yang harus diketahui saat memilih pintu kamar mandi minimalis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.