Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Kamar Mandi Lantai 2 Bocor ? begini cara mengatasinya

rembesan air yang diakibatkan kebocoran kamar mandi di lantai 2

Kamar mandi lantai 2 bocor memang sangat merepotkan. Selain sulit untuk memperbaikinya, rembesan yang mengotori ruang di bawahnya juga sangat mengganggu. Pada kesempatan kali ini diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang cara mengatasi kamar mandi di lantai 2 yang bocor secara efktif dan efisein.

Kamar Mandi Lantai 2 Bocor, cara mengatasi Kamar Mandi Lantai 2 Bocor, cara mengatasi Kamar Mandi Bocor `
rembesan air yang diakibatkan kebocoran kamar mandi di lantai 2

Kamar mandi lantai 2 bocor dan solusinya

Ada beberapa cara untuk mencegah rembesan air kamar mandi dengan menerapkan langkah-langkah di bawah ini:


Pencegahan

Saat pertama kali Anda membangun kamar mandi di lanati 2, sebelum proses pemasangan keramik kamar mandi, hendaklah lantai di bersihkan terlebih dahulu. Kemudian siram lantai dengan air campuran semen untuk menutup pori-pori pada permukaan beton. Pastikan campuran air semen dengan kekentalan seperti bahan acian dinding.

Jika kondisi lantai beton terdeteksi lembab, dapat dilakukan pelapisan bahan dasar anti bocor seperti semen sica ataupun sica grouting. Setelah lapisan tersebut mengering, Anda dapat menambahkan lapisan terakhir dengan menggunakan bahan water proofing.

Kamar Mandi Lantai 2 Bocor, cara mengatasi Kamar Mandi Lantai 2 Bocor, cara mengatasi Kamar Mandi Bocor
lekuakan tes kebocoran sebelum melapisi lamtai kamar mandi Anda dengan keramik – diminimalis.com

Lakukan tes kebocoran dengan menutup semua lubang rencana saluran buang serta lubang kloset. Kemudian aliri air hingga menggenang dengan ketinggian sekitar 5 cm. Diamkan genangan air tersebut selama 2 hingga 3 hari, agar Anda dapat melakukan pemeriksaan terhadap penampakan lantai beton yang berada di bawahnya. Pastikan tidak ada jejak air atau tanda-tanda rembesan air ke bawah.

Solusi bila terlanur terjadi kebocoran

Bongkar keramik lantai di kamar mandi atas, apapun jenis keramiknya. jika ada rencana untuk memasangnya kembali maka pembongkaran perlu dilakukan dengan hati-hati. Bersihkan lantai hingga beton dalam kondisi bersih, hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa permukaan beton benar-benar bersih sehingga nantinya lapisan anti bocor bisa merekat dengan sempurna.

Jika beton retak, lakukan penambalan dan suntik dengan Grouting untuk memperbaiki struktur beton yang retak. Namun jika tidak terjadi keretakan, maka Anda bisa dilanjut ke langkah selanjutnya.

Pasang lapisan waterprofing, bisa yang berbentuk cair atau membrane. Pemasangan ini berfungsi sebagai pelapis anti bocor agar air tidak merembes kebawah. Pasang keramik lantai dan dinding. Anda bisa menggunakan keramik baru atau keramik lama bila kondisinya masih utuh.

Perbaiki instalasi listrik, karena dalam contoh kasus diatas kebocoran menyebabkan kerusakan pada instalasi listrik maka perlu dilakukan perbaikan agar tidak terjadi konsleting.

Perbaiki nat kamar mandi

Pada area kamar mandi, nat keramik harus tahan air dan tidak mudah rusak agar air yang mengalir di atasnya tidak rembes ke luar. Jika kamar mandi Anda terletak di lantai dua, rembesan air tersebut tentunya bisa merusak plafon dan mengakibatkan air menetes. Kerusakan yang lebih parah tentu saja akan Anda dapatkan jika hal ini dibiarkan tanpa perbaikan.

Kebocoran kamar mandi biasanya disebabkan oleh usia nat keramik yang sudah lama terkikis dan kemudian memunculkan celah yang menjadi jalan meresapnya air penyebab bocor. Binatang cacing yang bersembunyi di celah-celah nat juga turut memperparah kebocoran. Namun jika lantai ataupun dinding kamar mandi Anda masih baru tapi sudah bocor berarti kebocoran terjadi saat pemasangan keramik atau dalam pembuatan dak.
Untuk memperbaiki nat keramik kamar mandi yang masih tergolong baru mudah saja caranya.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan apakah keramik menempel dengan baik atau tidak dengan cara mengetuknya. Jika keramik tidak menempel dengan baik maka pembongkaran harus Anda lakukan namun jika tidak Anda hanya cukup membersihkan nat pada area yang bocor.

Setelah keseluruhan nat Anda kerok hingga bagian dasarnya langkah selanjutnya Anda bersihkan bekas nat tersebut hingga betul-betul bersih. Campurkan air dan semen untuk membuat nat keramik tahan air ataupun cat waterproof yang Anda kuaskan pada nat keramik. Biarkan cairan tersebut hingga betul-betul meresap dan mengering sempurna.

Demikian ulasan kami tentang cara menangani dan mencegah kamar mandi lantai 2 yang bocor pada rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang solusi mengatasi atap rumah minimalis yang sering bocordi bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Solusi mengatasi atap rumah minimalis yang sering bocor

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.