Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Kamar Anak Laki-laki dengan Desain yang Memberinya Ruang Imanjiasi

kamar anak laki-laki membutuhkan penataan ruang yang luas - diminimalis

Kamar anak laki-laki umumnya tidak membutuhkan banyak furniture sebagaimana kamar anak perempuan. Keduanya memang beda, namun masing-masing memiliki ciri khas yang harus diupayakan dengan serius. Anak laki-laki umumnya memiliki sifat aktif, maka memberi ruang yang lapang merupakan hal utama yang harus diperhatikan para orang tua.

kamar anak laki-laki, kamar anak laki-laki minimalis, kamar anak laki-laki spidermen
kamar anak laki-laki membutuhkan penataan ruang yang luas – diminimalis.com

Kamar anak laki-laki pada desain rumah minimalis dan cara menatanya

Anak laki-laki tidaklah sama dengan anak perempuan. Bila anak perempuan memiliki kemampuan multitasking, anak laki-laki hanya bisa fokus dalam satu hal. Penempatan barang yang merata ke seluruh ruangan, justru akan mengganggunya.


Bagi Anda yang cenderung menyukai konsep minimalis, Anda bisa menyiasatinya dengan memaksimalkan penataan ruang dan pilihan warna. Karena anak laki-laki cenderung berfikir simpel, maka tak semua perabotan harus serba ada di kamarnya. Tak usah menjejali kamar mereka dengan barang-barang yang terlalu banyak, karena hal ini akan membuat suasana kamar menjadi terlihat berantakan dan sempit.

kamar anak laki-laki, kamar anak laki-laki minimalis, kamar anak laki-laki spidermen
Kamar anak laki-laki tak membutuhkan banyak furniture – diminimalis.com

Jangan khawatir dengan kesan ruang mlompong pada salah satu sudut kamar anak laki-laki Anda. Karena penataan barang yang terpusat pada satu tempat, akan memudahkan dia dalam mengerjakan tugas dan aktifitas lain. Ini akan sangat membantunya dalam belajar dan berkreasi.

Di fase ini, tentu saja imajinasi anak laki-laki Anda masih liar kemana-mana. Maka para orang tua juga harus mengupayakan kondisi kamar sang anak supaya kondusif dalam belajar dan membangun karakter . Sebagaimana anak perempuan yang selalu mendambakan dirinya bak seorang princess, anak laki-laki pun juga selalu bermimpi menyerupai sang idola.

Selain mengidolakan tokoh super hero seperti Batman atau Spiderman, sebagian dari mereka ada yang mengidolakan bintang lapangan seperti lionel Messi atau Christiano Ronaldo. Apalagi bila anak Anda memiliki passion sebagaimana tokoh idolanya, ini menjadi tugas orang tua untuk memaksimalkan bakatnya. Upaya ini bisa Anda mulai sejak dini, mulai dari mendasain kamar yang kondusif untuk anak laki-laki Anda.

Buatlah lukisan mural pada dinding kamar

Di mata sebagain orang, membuat mural adalah bagian dari pembelajaran karakter. Ini mirip sekali dengan kegiatan merangkai bonsai, dimana kita akan belajar sabar, memainkan perasaan dan harus mendapatkan hasil akhir yang indah di mata orang yang melihatnya. Inilah manfaat mural dibanding dengan penghias dinding lainnya yang masing-masing memiliki penggemarnya sendiri-sendiri.

Untuk kamar anak laki-laki, Anda memerlukan kombinasi warna cat yang tepat, karena akan dapat mempertegas kesan yang kamar tersebut, sehingga setiap detail nuansanya akan terlihat jelas. Namun mengaplikasikan pilihan warna cat rumah juga tidak mudah, apalagi saat menentukan warna cat dominannya.
Dalam permainan kombinasi warna sebaiknya Anda menyesuaikan dengan fungsi ruang dan kesan yang ingin diciptakan. Misalkan Anda ingin membuat kesan kamar tersebut terlihat hangat, maka Anda bisa menggunakan warna coklat muda, krem ataupun putih. Untuk memberi kesan tenang, Anda bisa menerapkan dinding dengan warna putih, ornamen hitam, dan furnitur berwarna ungu tua.

Dan bagi anak Anda yang berjiwa terbukan dan menyukai tantangan , maka warna dinding yang cocok adalah kombinasi warna merah, coklat dan biru. Warna hitam dan putih bisa menjadi kombinasi warna terbaik untuk menghasilkan kesan kontras. Warna hitam dan putih bisa Anda pasangkan dengan warna lain, namun Anda perlu memperhatikan tingkat kecerahannya.

Perkuat Kesan Maskulin
Hal ini bisa diusahakan dengan pemilihan furniture dan warna kamar tidur yang tepat. Anda bisa memilihkan lemari bergambar tokoh idola, memberi mainan bola serta mobil-mobilan. untuk memilih warna pada kamar anak laki-laki, hindari menggunakan satu warna (solid color), dan hindari pula warna mencolok sebagaimana kamar perempuan.

Anda bisa mencoba penerapan warna dengan menggunakan corak strip, yang menggunakan lebih dari dua warna. Untuk kamar anak laki-laki minimalis, Anda bisa memadukan warna putih dan orange. Karena warna putih memberikan kesan luas dan oranye akan memberikan kesan terang.

Bila Anak laki-laki Anda seorang introvert.
Untuk Anda dengan buah hati yang cenderung intovet, yaitu memiliki kecenderungan gemar menyendiri dan tidak terlalu nyaman dengan keramaian, maka Anda perlu membuat penyesuaian dengan memadukan warna biru dan putih, dalam mendesain warna kamar anak laki-laki Anda. Karena warna biru identik dengan ketenangan, ini akan sangat baik bila kebetulan anak Anda seorang kutu buku.

Anda juga bisa membaca artikel kami tentang desain kamar anak di bawah ini. (ls.)

Desain kamar Anak Minimalis 3×3 yang menginspirasi

Mendesain Kamar Anak Perempuan ala Princess

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.