Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Meski Berasal dari Gurun, kaktus Hias Tetap Mempesona di Iklim Tropis

Kaktuis hias pada interior rumah mkinimalis - Diminimalis.com

Kaktus hias tergolong dalam tumbuhan yang bisa bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang panas dan kekurangan air. Habitat utama pohon kaktus adalah gurun pasir. Duri pada daunnya dapat mengurangi penguapan sebagai caranya untuk beradaptasi di lingkungan kering. Selain itu kaktus memiliki batang berlapis lilin yang berguna untuk mempertahankan kadar air pada batangya. Batangnya memiliki jaringan spon membuat tanbaman ini sangat mudah menyerap air dan unsur hara.

Kaktus hias, budidaya Kaktus hias, cara merawat Kaktus hias
Kaktuis hias pada interior rumah mkinimalis – Diminimalis.com

Kaktus Hias untuk iklim tropis

Penamaan kaktus sendiri diambil dari bahasa yunani , yaitu“Kaktoc” yang artinya tanaman liar berduri. Tanaman kaktus adalah tanaman jenis sukulen yang mampu menampung air dalam batangnya untuk bertahan hidup.


Menurut Wikipedia, Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air untuk memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

Uniknya akar kaktus

Akar kaktus adalah inti tanaman kaktus. Akar yang dimiliki kaktus sangat panjang dan menyebar luas ke dalam tanah. Akar yang sangat panjang tersebut mampu menambah daya serap air untuk disimpan dalam batangnya. Bahkan tanaman kaktus berukuran kecil pun, memiliki akar besar yang sebagaimana tanaman umbi-umbian. Itulah sebabnya meskipun berupa tanaman kecil, kaktus memiliki akar yang besar di dalam tanah.

Lingkungan ideal untuk tanaman kaktus 

Pada umumnya, tanaman kaktus menghendaki tanah yang poreus (air siraman tidak menggenang), dapat menyimpan air ala kadarnya, tidak boleh mengandung garam laut, dan tidak boleh bereaksi dengan asam. Itulah mengapa jarang kita lihat kaktus di wilayah pesisir laut. Meski habitat asli tanaman kaktus adalah di gurun pasir, namun tanaman dapat menyesuaikan dengan lingkungannya. Kaktus mampu tumbuh di daerah subtropis dan suhu panas di daerah tropis.Di habitat aslinya, kaktus lebih menyukai daerah yang kering dan tandus.

Bila Anda yang ingin menanam kaktus hias

Kaktus hias, budidaya Kaktus hias, cara merawat Kaktus hias
Kaktus yang nampak indah sebagai tanaman hias di rumah – Diminimalis.com

Tanaman kaktus hias secara umum berukuran mini biasa ditanam pada media pot berukuran besar. Dan bagi Anda yang ingin menanamnya di rumah, Anda perlu menyediakan media yang cukup luas baik di tanam langsung tanah maupun di dalam pot. Bila Anda menanam salah satu dari jenis kaktus hias, pastikan tanah dalam pot tidak terlalu padat. pastikan juga tanaman ini mendapat cukup sinar matahari dan air yang relatif sedikit, demi menyesuaikan dengan habitat aslinya.

Kondisi ideal yang dikehendaki kaktus supaya dapat tumbuh dengan optimal, sebagai berikut :• Suhu udara sekitar 16 – 34° C • Kelembapan udara sekitar 30 – 90%• Curah hujan rendah• Intensitas penyinaran matahari antara 50 – 80 %• Sirkulasi udara lancar• Tanaman kaktus lebih aik kekurangan air daripada kelebihan air.

Demikian ulasan kami tentang uniknya tanaman kaktus hias. Dari ulasan di atas bisa disimpulkan, meski klita hidup di wilayah tropis, tapi kita tetap bisa menanam tumbuhan yang berasal dari gurun tersebut.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.