oleh

Jual Pohon Asem Jawa? yuk Simak Prospeknya di Sini

Asem Jawa atau yang memiliki nama latin Tamarincus indica ialah salah satu pohon serta buah yang paling populer di Indonesia. Ini dibuktikan dari banyaknya tempat jual pohon asem Jawa yang bisa ditemukan dengan mudah. Buah asem Jawa memiliki rasa masam dan seringkali dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Namun, manfaat pohon dan buah asem Jawa ternyata tak terbatas pada bumbu dapur saja.

Pohon asem Jawa dikenal dengan beragam nama di seluruh Indonesia. Di Aceh namanya adalah Bak Mee, di Jawa dan Sunda namanya adalah Asem, di Melayu namanya Asam dan di Bali namanya Celagi. Sementara dalam bahasa Inggris, namanya adalah Tamarind. Nama yang paling umum di tempat jual pohon asem Jawa ialah pohon Asem.

Jual Pohon Asem Jawa Terbaik, bonsai asem jawa terbaik, bonsai asem jawa termahal, harga bonsai asem termahal, bonsai asem jawa dari biji, jual beli tanaman bonsai
Pohon asem jawa yang dijadikan bonsai, memiliki nilai jual yang tinggi – Diminimalis.com

Penamaan asem atau asam merujuk pada rasa buahnya yang memang masam. Sementara nama Tamarind merupakan turunan dari Bahasa Arab yaitu Tamr Hindi yang berarti kurma India. Asem Jawa sendiri termasuk tumbuhan tropis dan berbuah polong.

Batang pohon asem Jawa dapat mencapai tinggi 30 meter serta diameter batang mencapai 2 meter. Kulit batangnya berwarna cokelat abu-abu serta bertekstur kasar. Tajuknya terbilang rindang serta daunnya lebat dengan bentuk melebar serta membulat.

Cara Stek Asam Jawa,  cara dongkel asem jawa, cara stek akar asam gelugur, cara mencangkok pohon asem jawa, cara membuat bonsai dari pohon asam, cara semai biji asem, gambar stek akar, bonsai asem jawa dari biji, bonsai asem jawa terbaik
Tunas asam jawa dari stek – Diminimalis.com

Daun pohon asem Jawa majemuk, menyirip genap, berwarna hijau serta bertepi rata. Daunnya akan berguguran saat bunga hendak keluar. Bunga dari asem Jawa sendiri memiliki warna kekuningan serta tersusun dalam tandan renggang yang tumbuh di ketiak maupun ujung ranting.

Buah asem Jawa memiliki bentuk polong yang menggelembung dan nyaris silindris, lurus atau bengkok serta berbiji hingga 10 butir di tiap polongnya. Daging buah akan memiliki warna putih kehijauan saat masih muda dan akan berubah menjadi merah kecokelatan hingga kehitaman apabila sangat masak. Bijinya sendiri berwarna cokelat kehitaman, agak persegi serta mengkilap.

Pohon asem Jawa berasal dari Afrika Timur dan tersebar hingga ke wilayah tropis seperti Indonesia. Penyebaran pohon ini juga mencapai Karibia serta Amerika Latin. Pohon asem terutama akan tumbuh dengan sangat baik di ketinggian 1000 meter di atas permukaan air laut.

Manfaat Pohon Asam dan Tempat Jual Pohon Asem Jawa Terbaik

Manfaat pohon asam yang paling populer ialah sebagai bumbu masakan. Ini karena rasa masamnya akan menambah citarasa tersendiri untuk ragam masakan yang dibuat. Namun selain itu, masih ada lagi beberapa fungsi dari asem Jawa. Berikut beberapa di antaranya!

1. Menghilangkan Bau Amis, Sirup dan Selai
Buah asem Jawa dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis yang ada pada ikan. Di samping itu, buahnya dapat pula digunakan sebagai bahan sirup, selai hingga campuran rujak. Rasa masamnya memang sangat istimewa dan bisa digunakan untuk ragam jenis masakan.

2. Obat Tradisional

Jual Pohon Asem Jawa Terbaik, bonsai asem jawa terbaik, bonsai asem jawa termahal, harga bonsai asem termahal, bonsai asem jawa dari biji, jual beli tanaman bonsai
Asem jawa berupakan salah satu bahan obat tradisional – Diminimalis.com

Pohon serta buah asem Jawa dapat pula dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Sudah sejak lama masyarakat kita mengenal asem Jawa untuk pengobatan. Ragam khasiatnya antara lain adalah mengobati batuk, asma, sakit panas, demam, kolesterol tinggi, darah rendah, sakit perut, alergi, reumatik, luka baru, sariawan, eksim dan lain-lain.

3. Melancarkan Air Susu Ibu
Buah asam Jawa tamarindus dapat pula digunakan untuk melancarkan ASI dan memperbanyak ASI. Manfaat lain adalah memudahkan buang air besar serta melancarkan peredaran darah. Bagian tanaman asem Jawa yang bisa digunakan ialah daun, kulit batang, buah hingga tepung biji.

4. Tanaman Peneduh
Pohon asem Jawa dapat pula dimanfaatkan untuk tanaman peneduh dan ditanam di pinggir jalan. Daunnya memang cukup rimbun sehingga bisa memberikan efek teduh bagi siapapun yang berdiri di bawahnya. Seringkali akan kita temukan pohon asem di pinggir jalan.

5. Sarung Keris
Kayu dari pohon asem cukup keras sehingga sering dijadikan sarung keris atau warangka. Kayunya juga bisa digunakan untuk bahan pahatan. Tekstur yang keras akan membuat perabot berbahan kayu asem menjadi lebih tahan lama.

6. Penangkal Hal Buruk
Di Jawa, tidak sedikit masyarakatnya yang masih percaya bahwa pohon serta kayu asem Jawa menjadi kayu bertuah dan memiliki kekuatan magis. Pohon dan kayu ini dipercaya bisa menambah keselamatan dan menangkal unsur-unsur negatif, termasuk gangguan roh jahat serta santet. Inilah mengapa cara menanam asam Jawa banyak dicari, yaitu agar orang-orang bisa mendapat manfaat keselamatannya.

7. Hiasan
Terakhir, pohon asem Jawa juga bisa digunakan sebagai hiasan di dalam rumah. Bonsai asam Jawa termasuk dalam salah satu jenis bonsai yang paling populer dan banyak dicari. Bentuknya menarik dan tekstur kayu yang keras akan membuatnya tahan lama serta mudah dibentuk.

Walau bukan tanaman asli dari Indonesia, namun asam Jawa menjadi sumber dari berbagai budaya asli Indonesia. Sebut saja dari bidang kuliner hingga kepercayaan mistik. Tanpa adanya pohon asem Jawa, tentu tidak akan ada sayur asem yang nikmat maupun sarung keris yang tahan lama.

Klasifikasi ilmiah untuk pohon ini sendiri adalah berasal dari divisi Magnoliophyta, kelas Magnoliopsida, ordo Fabales dan famili Fabaceae. Pohon asem Jawa termasuk dalam genus Tamarindus serta spesies Tamarindus indica. Jenis ini bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah Indonesia terutama ketinggian 1000 meter di atas permukaan air laut.

Menemukan tempat jual pohon asem juga mudah. Kini pohon asem Jawa banyak dijual di toko-toko tanaman maupun tanaman hias. Hal ini mengingat banyaknya manfaat pohon asem mulai dari batang, daun hingga buah dan bijinya.

Harga per batang pohon asem Jawa terbilang beragam, namun masih dalam taraf rasional. Tempat jual pohon asem Jawa biasanya akan menawarkan harga yang berbeda-beda tergantung dari usia serta ukuran pohon. Kita bisa membeli sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Selain jual pohon asem jawa, bonsai asem jawa juga layak untuk Anda pasarkan. Bagi Anda yang juga tertarik memasarkan bonsai asem, jangan lupa juga untuk memahami cara merawat bonsai asem jawa agar berdaun lebat supaya menghasilkan tampilan yang cantik.  (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed