Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Ingin Menghangatkan Rumah? Kenali Jenis Tungku Perapian Berikut Ini

jenis tungku perapian - diminimalis.com

Jenis tungku perapian dari tungku tradisional hingga tungku perapian yang modern hari ini masih cukup banyak digunakan orang terutama pada daerah dingin. Apalagi jika Anda pernah berkunjung ke Eropa ataupun negara-negara yang memiliki empat musim di dalamnya Anda akan menemui hampir seluruh bangunannya menggunakan tungku perapian untuk menghangatkan ruangannya.

jenis tungku perapian
jenis tungku perapian – diminimalis.com

Di Indonesia sendiri penggunaan tunngku perapian rumah masih banyak yang hanya difungsikan sebagai media untuk memasak dan memanaskan air. Padahal ada fungsi lain dari tungku perapian yang cukup penting yaitu bisa digunakan sebagai elemen ekoratif, hal ini terwujud jika pemilihan desainnya tepat.


Jenis tungku perapian yang cocok untuk rumah Anda

Memiliki tungku perapian memang banyak membantu Anda disaat musim dingin tiba. Meskipun hari ini sudah ada AC yang bisa mengatur suhu dalam ruangan namun ada satu hal yang tidak tergantikan dari tungku pembakaran yaitu ‘seni’ menghidupkannya. Anda juga tidak perlu repot-repot harus menggunakan jaket untuk menghangatkan badan, cukup dengan menghidupkan tungku perapian saja.

Bagi Anda yang belum memiliki tungku perapian di dalam rumahnya, berikut diminimalis sajikan ulasan singkat mengenai beberapa jenis tungku perapian yang bisa Anda gunakan untuk menghangatkan rumah Anda. Selamat menyimak.

Perapian dengan kayu

Teknik perapian pertama ini merupakan teknik yang paling tradisional. Bahan bakar yang mudah didapat dan murah menjadikan perapian model ini cukup digemari masyarakat terutama di daerah pedesaan. Namun bagi Anda yang tinggal di kota dan ingin menggunakan tungku jenis ini disarankan agar teliti dalam membangunnya jangan sampai asap yang keluar membuat rumah Anda terpapar polusi udara.

Perapian dengan gas

Jenis tungku dari gas memiliki keunggulan lebih bersih dalam penggunaannya dan juga mudah dalam menyalakannya jika dibandingkan dengan perapian berjenis kayu. Anda tidak usah repot-repot menyiapkan kayu bakar yang bisa saja sulit untuk didapatkan terutama bagi Anda yang hidup di daerah perkotaan.

Perapian elektrik

Sistem pengapian elektrik mirip dengan perapian dengan gas cuma perbedaannya terletak pada sumber bahan bakarnya saja. Perapian elektrik mengambil sumber daya dari listrik sedangkan gas dari gas elpiji maupun gas alam. Desain tungku perapian jenis ini biasanya berbentuk minimalis dan juga memiliki tutup untuk menghalangi asap dan panas yang keluar berlebih saat penggunaannya.

Perapian outdor

jenis tungku perapian
perapian di luar ruangan – diminimalis.com

Jenis terakhir dari tungku perapian yang bisa Anda gunakan adal jenis outdor. Jenis tungku perapian ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki lahan yang luas pada luar rumah. Anda bisa membuat gazebo kecil ataupun gubug sederhana agar melindungi Anda dari hujan saat bersantai di sekitarnya. Teknik perapian pada sistem outdor ini bisa menggunakan bahan bakar kayu, gas maupun dengan sistem elektrik.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa jenis tungku perapian yang bisa Anda pilih untuk menghangatkan rumah Anda. Sesuaikan dengan kondisi rumah Anda dan juga selera Anda agar diperoleh hasil yang memuaskan. Semoga bermanfaat. Salam diminimalis (am).

Baca juga: keuntungan memiliki tungku

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.