Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Beragam Jenis Tanaman Untuk Taman Tropis

Taman yang terawat, akan membuat landscap rumah Anda nampak menawan - diminimalis.com

Taman menjadi salah satu bagian untuk mempercantik rumah. Hampir sebagian besar rumah minimalis menggunakan taman untuk mempercantik dan menambah kesan sejuk. Konsep taman yang bisa dipilih salah satunya adalah taman tropis. Jenis tanaman untuk taman tropis tentunya membutuhkan tanaman yang tahan panas. Selain tahan panas, ukuran atau bentuk tanaman yang lebih ramping juga menjadi pertimbangan terutama untuk taman di depan rumah minimalis.

beragam jenis tanaman untuk taman tropis - diminimalis.com
beragam jenis tanaman untuk taman tropis – diminimalis.com

Berikut adalah beberapa tanaman hias yang bisa dijadikan penghias untuk taman tropis.

6 Tanaman Hias untuk Taman Tropis

Tentunya ada banyak pilihan tanaman yang bisa ditumbuhkan di area taman. Jenis tanaman berikut bisa menjadi alternatif untuk taman dengan konsep tropis di pekarangan yang tidak terlalu luas.

1. Kamboja Jepang

kamboja jepang jenis tanaman untuk taman tropis - diminimalis.com
kamboja jepang jenis tanaman untuk taman tropis – diminimalis.com

Kamboja jepang sudah banyak digunakan untuk taman-taman bertema tropis. Tanaman dengan daun yang sedikit tersebut memang cukup kuat untuk hidup di iklim tropis yang relatif panas. Kamboja jepang dapat hidup dengan subur pada suhu 15 sampai 45 derajat celcius.

Jenis tanaman hias untuk taman minimalis ini banyak diminati karena penampilan bunganya yang cantik. Umumnya memiliki 5 helai bunga dengan warna putih di tengah dan kuning atau merah muda di bagian tepi kelopak bunganya.

Selain cantik, kamboja jepang juga mudah untuk masalah perawatan. Tanpa disiram pun kamboja jepang tetap bisa tumbuh, kecuali saat musim kemarau dan jarang turun hujan. Mungkin akan membutuhkan sedikit penyiraman agar daun dan bunganya tidak terlalu banyak berguguran.

2. Bunga kertas atau bougenville
Bunga kertas cukup sering ditemukan pada taman-taman tropis di tanah air. Tanaman hias yang satu ini memang mudah untuk ditanam pada kondisi lingkungan yang panas seperti Indonesia. Untuk Anda yang akan membuat taman tropis, bisa memasukan tanaman yang satu ini.

bougenvile jenis tanaman untuk taman minimalis - diminimalis
bougenvile jenis tanaman untuk taman minimalis – diminimalis

Bunga kertas atau yang biasa disebut tanaman bougenville bisa menjadi pilihan untuk Anda yang memiliki taman di rumah minimalis. Jenis tanaman untuk taman tropis ini tidak memiliki batang besar sehingga bisa terlihat lebih teratur untuk taman yang tidak terlalu luas. Selain itu daunnya pun tidak begitu lebat.

Justru bunga dari tanaman ini bisa lebih lebat dari daunnya. Jadi bisa mempercantik taman tropis minimalis Anda. Beberapa jenis bunga kertas yang populer antara lain adalah cherry blossom, Alexandra, gold rush, after glow, dan masih banyak lagi.

3. Cemara Norfolk
Tanaman beringin bisa menjadi peneduh, namun tidak cocok untuk taman tropis di lahan yang sempit. Jika Anda memilki taman mungil, Anda bisa menaman cemara Norfolk. Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang berasal dari daerah Norfolk di Selandia Baru.

cemara norfolk jenis tanaman untuk taman minimalis - diminimalis.com
cemara norfolk jenis tanaman untuk taman minimalis – diminimalis.com

Banyak juga orang yang menyebutnya sebagai cemara pinus batang. Tanaman yang satu ini bisa menjadi peneduh di taman yang tidak begitu luas. Selain itu, cemara Norfolk termasuk tanaman taman tahan panas. Jadi bisa dipilih untuk menghias taman tropis Anda.

Cemara Norfolk tumbuh dengan sangat baik di lingkungan dengan kondisi panas atau terus mendapatkan sinar matahari penuh. Seperti kondisi lingkungan di tanah air yang setiap tahun menerima sinar matahari. Umumnya cemara yang satu ini tidak membutuhkan penyiraman yang rutin seperti tanaman yang lain. Cukup beri pupuk secukupnya agar tanahnya lebih subur dan cemara tersebut dapat tumbuh dengan baik.

4. Tanaman daun pucuk merah
Contoh tumbuhan yang ada di sekolah yang bisa menjadi referensi untuk taman tropis Anda adalah daun pucuk merah. Tanaman yang memiliki daun kecil dan lebat ini memang menarik untuk dijadikan penghias taman tropis. Daun pucuk merah pun bisa hidup di lingkungan panas atau yang memiliki tingkat polusi tinggi.

Daun pucuk merah memiliki daun yang cukup mengkilap dan berukuran kecil. Saat masih muda daunnya berwarna merah kegelapan. Maka dari itu tanaman ini disebut pucuk merah karena memang daun berwarna merah hanya saat masih baru atau berada di bagian pucuk tanaman.

Tanaman yang satu ini juga tidak memerlukan perawatan khusus. Hanya menyiram secara rutin dan memberi sedikit pupuk untuk bisa tumbuh subur. Tanaman pucuk merah dapat ditanam langsung di tanah atau menggunakan media pot.

5. Bunga sepatu
Nama tanaman hias yang satu ini sudah cukup terkenal di Indonesia. Bunga sepatu, tanaman hias yang memiliki bunga dengan warna terang dan cantik. Bunga sepatu memiliki kemampuan untuk tumbuh di tempat dengan kondisi panas.

Jenis tanaman untuk taman tropis ini pun banyak menghiasi pekarangan rumah. Penyuka bunga sepatu terbilang cukup banyak. Bunga cantik dan perawatan yang mudah menjadi daya tarik dari bunga sepatu. Ada baragam jenis bunga untuk taman tropis, kunjungi artikelnya.

bunga sepatu jenis tanaman untuk taman minimalis - diminimalis.com
bunga sepatu jenis tanaman untuk taman minimalis – diminimalis.com

6. Bayam merah
Taman tidak selalu harus hijau, Anda bisa membuatnya lebih berwarna. Anda bisa menggunakan tanaman bayam merah yang memiliki warna daun yang cukup cantik, merah dan sedikit gelap. Bayam merah bisa menambah warna pada tanaman Anda.

Tanaman hias untuk taman mungil ini pun bisa ditanam langsung di tanah atau menggunakan pot. Bayam merah bisa memberi warna lain pada taman tropis Anda. Selain itu, tanaman ini termasuk salah satu yang tahan panas. Bayam merah dapat tumbuh dengan baik, meskipun berada di lingkungan yang suhunya tinggi. Bayam merah memang cenderung lebih bagus tumbuh di tempat dengan sinar matahari penuh.

Demikian beberapa tanaman hias yang bisa mengisi taman tropis depan pekarangan Anda. Semoga berbagai jenis tanaman untuk taman tropis di atas bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda yang membutuhkan tanaman tahan panas. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.