Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Jenis Tanaman Taman Minimalis untuk Iklim Tropis

jenis tanaman taman minimalis-diminimalis.com

Jenis tanaman taman minimalis yang bisa dipilih bagi kita yang tinggal di wilayah iklim tropis sangatlah beragam. Namun kita harus bisa menentukan jenis tanaman yang cocok untuk ditempatkan di taman minimalis yang kita miliki. Jangan sampai salah pilih, supaya tampilan taman tidak abusrd karena faktor sempitnya  taman.

 jenis tanaman taman minimalis, jenis pohon taman minimalis, jenis tanaman buat taman minimalis, jenis tanaman pada taman minimalis, jenis tanaman untuk taman kecil, tanaman hias untuk taman kecil
jenis tanaman taman minimalis-diminimalis.com

Indonesia terletak di wilayah yang memiliki curah hujan tinggi di bulan-bulan tertentu, membuat kelembaban udara menjadi padat. Selain itu melimpahnya sinar matahari akan meningkatkan  temperatur udara. Maka, untuk membuat taman tropis, kita harus bisa memadukan banyak jenis tanaman dengan berbagai jenis varian.


Jenis tanaman taman minimalis yang bisa Anda pilih

Ciri khas taman tropis atau tropical garden adalah  kaya dengan aneka jenis tanaman. Umumnya taman tropis membutuhkan pohon besar sebagai peneduh, seperti beringin, asam jawa dan palem. Namun karena kita akan membangun taman tropis berukuran mini, maka tanaman besar tersebut bukan menjadi pilihan kita.

Meski luas lahan kita terbatas, jangan sampai kita tidak menghiraukan akan pentingnya keberadaan pohon peneduh.  Bagaimanapun juga, pohon peneduh merupakan salah satu tanaman yang harus ada untuk menaungi sekitar taman supaya tidak terasa panas. Kita bisa memilih pohon peneduh dari jenis pohon buah-buahan seperti mangga, rambutan, jambu biji, jambu air, pisang, leci dan lain sebagainya.

Setelah kita memiliki tanaman peneduh, selanjutnya kita bisa menyiapkan tanaman buah dalam pot (tabulampot), selain untuk mempercantik taman, buah dalam pot bisa kita konsumsi untuk meningkatkan nutrisi vitamin dalam tubuh.  Kuantitas buah yang lebat dalam tabulampot tentu akan menambah nilai estetika taman tropis di rumah minimalis Anda.

 jenis tanaman taman minimalis, jenis pohon taman minimalis, jenis tanaman buat taman minimalis, jenis tanaman pada taman minimalis, jenis tanaman untuk taman kecil, tanaman hias untuk taman kecil
Tabulampot jambu kristal-diminimalis.com

Budidaya tabulampot tidaklah susah, Anda hanya perlu menentukan buah dari genetik unggulan yang cocok untuk tumbuh dalam pot. Biasanya jenis buah ini sudah tersedia di penjual tanaman bunga dan perlengkapan taman. Setelah itu Anda tinggal memberi pupuk dengan intensitas yang tidak terlalu sering, karena di dalam pot penyerapan air dan pupuk bisa mencapai 80%. Beberapa jenis buah yang cocok dikembangkan untuk tabulampot antara lain, buah naga,  kelengkeng, jambu biji, jambu air, jeruk, sawo dan strowberry.

Sedangkan untuk bunganya, banyak ragam jenis bunga yang bisa kita pilih, diantaranya : Mawar, melati, adenium, dendobium, kantung semar dan bunga dari jenis anggrek. Kemudian, untuk membuat taman tropis kita semakin menarik, adalah dengan menanam tanaman pengalas.

Tanaman pengalas bisa berupa ubi kuning dan rerumputan. Jenis rumput yang bisa kita gunakan adalah rumput jepang dan rumput swiss.  Meski kedua jenis rumput tersebut bukan berasal dari daerah tropis, tapi cocok untuk ditanam di taman minimalis karean perumbuhannya lambat.
Demikian ulasan kami tentang jenis tanaman taman minimalis untuk iklim tropis. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang taman di teras minimalis dibawah ini (ls)

Taman di Teras menjadikan si Minimalis semakin Manis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.