Jenis Tanaman Pagar untuk Menambah Keamanan dan Kesejukan Rumah

Selain meningkatkan keamanan, tanaman pagar juga dapat memberikan kesejukan- Diminimalis.com

Eksterior rumah minimalis menjadi salah satu poin utama yang akan menambah kesan eksotis tampilan sudut rumah yang tampak dari luar. Ada banyak hiasan eksterior yang bisa digunakan untuk membuat rumah lebih indah, seperti lampu taman, rumput hijau yang subur dan terawat, serta berbagai macam tanaman hias yang disusun secara teratur menghias taman depan maupun belakang rumah. Pagar menjadi salah satu aspek yang harus dipikirkan untuk membuat rumah minimalis. Ada banyak jenis tanaman pagar yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan keamanan dan kesejukan. Selain mengurangi biaya pembuatan tembok pagar, pemilihan tanaman juga bisa membuat rumah terlihat lebih natural.

jenis tanaman pagar, tanaman pagar rumah
Selain meningkatkan keamanan, tanaman pagar juga dapat memberikan kesejukan- Diminimalis.com

Jenis Tanaman Pagar yang Bisa Anda Tanam di Rumah

Bagi Anda yang ingin menggunakan tanaman pagar sebagai pengganti tembok, berikut adalah beberapa jenis tanaman yang dapat menambah keindahan tampilan rumah bergaya minimalis Anda:

1. Laurel

Jika Anda mengusung konsep ramah lingkungan, maka tanaman Laurel bisa menjadi pilihan yang tepat. Tanaman Laurel memiliki kemampuan menyerap polusi udara sehingga akan menjadi penetralisir udara yang alami di lingkungan rumah.

Tanaman Laurel memiliki tampilan warna daun hijau tua dengan pucuknya yang berwarna hijau muda kecokelatan. Dengan perawatan yang baik serta pemangkasan yang tepat, Anda akan memiliki tanaman pagar yang bisa menambah keindahan taman eksterior rumah.

2. Privets

Jika Anda ingin tanaman yang tidak terlalu tinggi dan tidak membutuhkan perawatan khusus, maka tumbuhan privets adalah pilihan yang tepat karena tanaman privets memiliki struktur daun kecil dan rimbun.

Selain itu, Anda pun bisa bereksperimen dalam memangkas tanaman tersebut menjadi bentuk-bentuk yang unik sesuka hati Anda.

3. Juniper

Tanaman Juniper dapat tumbuh subur di berbagai kondisi tanah. Tingginya dapat mencapai sekitar 40 kaki sehingga Anda dapat menutup seluruh area pekarangan rumah Anda. Selain itu, tanaman Juniper juga tidak memerlukan perhatian khusus dan Anda pun tak perlu repot mengurusnya.

4. Bambu kuning

tanaman bambu hias, tanaman hias bambu rejeki, bambu hias untuk pagar, jenis bambu kecil, bambu hias mini, tanaman hias bambu jepang, tanaman hias bambu air, bambu gendang
bambu kuning termasuk tanaman pagar yang cocok untuk rumah di wilayah tropis – Diminimalis.com

Bambu merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan pagar rumah, khususnya pada area taman belakang rumah. Bambu kuning memiliki warna yang cukup mencolok yang akan memberikan kesan hidup.

Apabila ditata dengan sangat baik, maka akan memberikan tampilan yang sangat indah. Kesan yang alami juga akan terpancar dari luar rumah Anda.

5. Forsythia

Tanaman yang identik dengan daun berwarna kuning cerah ini akan memberikan kesan musim panas yang akan memanjakan mata. Apalagi tanaman ini dapat tumbuh pada kondisi lingkungan yang cenderung kering maupun lembap sekalipun.

Tanaman Forsythia merupakan jenis tanaman semak dengan struktur perkembangan batang dan daunnya yang cukup padat. Apabila ditanam secara berdempetan maka akan menghasilkan komposisi bentuk pemandangan yang memukau.

6. Kenanga

Kenangan merupakan salah satu jenis tanaman yang paling umum dan lazim dimanfaatkan untuk memagari halaman rumah. Pertumbuhan daunnya yang cukup padat membuatnya sangat mudah dipangkas untuk membuat bentuk-bentuk yang Anda inginkan.

Selain itu, daunnya yang bergradasi hijau tua dan hijau muda pada daun pucuk memberikan kesan kesegaran yang akan memanjakan. Tidak hanya itu saja, Aroma dari bunga kenanga yang mekar pun bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pemiliknya.

7. Kaktus

agar kaktus rajin berbunga, bagaimana cara agar kaktus cepat berbunga kaktus yg berbunga
Kaktus juga bisa menjadi tanaman pagar di rumah Anda – Diminimalis.com

Tumbuhan kaktus tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda karena tanaman ini cukup banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Selain bentuknya yang cukup eksotis, tumbuhan ini juga bermanfaat sebagai pelindung rumah Anda dari tangan-tangan jahil.

Menanam kaktus di iklim tropis sebenarnya tidak sulit. Kaktus pun mudah ditata sedemikian rupa sehingga tidak hanya berfungsi sebagai pagar, namun juga bisa menambah keindahan taman di rumah Anda.

8. Melati

Bunga melati yang sangat khas dengan wanginya yang semerbak ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pagar halaman rumah Anda. Daunnya yang berwarna hijau dengan bunga-bunga, tidak hanya akan memanjakan mata Anda, namun juga akan menyuguhkan suasana relaksasi pada lingkungan hunian Anda.

Tanaman bunga melati bahkan sudah sering digunakan sebagai pengganti pagar rumah. Biasanya tanaman ini dipadukan dengan tembok kecil yang juga berfungsi sebagai pengganti pot. Perpaduan tembok kecil dan bunga melati akan membuat eksterior rumah terlihat lebih ramah lingkungan.

9. Bunga soka

Sudah banyak orang yang memanfaatkan bunga soka sebagai tanaman hias sekaligus sebagai tanaman pagar yang indah dan sehat. Hal tersebut dikarenakan tumbuhan ini memiliki perpaduan antara daunnya yang berwarna hijau dengan warna bunganya yang bermacam-macam, mulai dari warna merah, kuning, oranye, dan lain sebagainya.

Tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu campuran ramuan obat untuk kesehatan. Tidak heran jika tren menggunakan bunga soka sebagai pengganti pagar rumah pun digemari oleh banyak orang.

Itulah beberapa jenis tanaman pagar yang dapat menambah keamanan dan keindahan rumah minimalis Anda. Anda hanya perlu memilih jenis tanaman pagar yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan eksterior rumah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.