Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Jenis tanaman Obat dan Manfaatnya untuk Anggota Keluarga Anda

tanaman obat yang bisa juga digunakan sebagai remaph-rempah - diminimalis.com

Jenis tanaman obat untuk dijadikan sebagai apotek hidup sangat beragam. Sejak dulu tanaman obat hampir selalu ada di pekarangan rumah –rumah lama. Saat ini, kita sebaiknya juga tetap melestarikan kebiasaan baik pendahulu kita dengan menanam beberapa tanaman obat yang pastinya bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan keluarga kita di rumah.

jenis tanaman obat, jenis tanaman obat keluarga, jenis tanaman obat dan gambar
ramuan obat-obatan tradisional dari tanaman – diminimalis.com

Jenis tanaman obat kaya manfaat untuk keluarga Anda

1. Daun Sirih
Sirih bermanfaat untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit, mengatasi pendarahan gusi, mimisan, serta menyembuhkan sariawan. Jaman dahulu sirih digunakan untuk untuk nginang. Orang yang memiliki kebiasaan nginang biasanya memiliki tubuh yang sehat, karena sari dari daun sirih yang tertelan dapat membentengi tubuh dari serangan penyakit.

2. Jahe
Jahe memiliki jenis yang bermacam-macam, ada jahe merah, jahe gajah, jahe prit, dan lain sebagainya. Jahe sering digunakan sebagai rempah-rempah bumbu dapur. Namun fungsi penting jahe adalah sebagai obat tradisional yang aman dan menyehatkan. Sebagai tanaman obat, jahe berkhasiat untuk meredakan kejang, rematik dan masuk angin.

3. Kunyit
Tanaman rimpang berwarna kuning ini terkenal sebagai pewarna makanan alami yang menyehatkan. Selain itu kunyit merupakan tanaman yang digunakan untuk ramuan jamu yang berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, dan pembersih darah.

4. Lengkuas
Lengkuas biasa digunakan sebagai bumbu masak ikan agar tidak bau amis. Ada dua jenis lengkuas yang kita kenal, yaitu lengkuas putih dan merah. Lengkuas merah biasa digunakan untuk mengobati rematik, dan mengatasi penyakit kulit.

lidah buaya dapat digunakan untuk menyembuhkan luka - diminimalis.com
lidah buaya dapat digunakan untuk menyembuhkan luka – diminimalis.com

5. Lidah Buaya
Selain berfungsi sebagai tanaman hias, lidah buaya juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya umunya dikenal sebagai tanaman penyubur rambut. Namun, sebenarnya lidah buaya juga berkhasiat untuk menyembuhkan luka bakar dan keseleo.

6 Mahkota Dewa
Merupakan tanaman berukuran sedang namun mampu tumbuh hingga sepanjang 3 meter. Buahnya berwarna merah, tumbuh dari batang hingga ke ranting. Tanaman mahkota dewa ini sebenarnya berasal dari Papua dan memiliki berbagai zat aktif yang seperti alkaloid, saponin, flavonoid dan polivenol. Mahkota dewa Bermanfaat untuk racun racun dalam tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah dan lain sebagainya.

Demikian ulasan kami tentang jenis tanaman obat kaya manfaat untuk keluarga Anda, Anda juga bisa melihat galeri tanaman apotek hidup  di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Ragam tanaman kesehatan yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.