Jenis Taman Rumah yang Cocok untuk Wilayah Tropis

Desain alam petualangan bebas - Diminimalis.com

Salah satu cara membuat rumah memiliki udara yang baik adalah dengan menyediakan taman di rumah. Ada berbagai jenis taman rumah yang bisa Anda pilih yang cocok dengan kondisi alam tropis kita. Apapun desain rumah minimalis Anda, bahkan hanya menyisakan lahan sempit pun, alangkah baiknya bila Anda tetap mengupayakan memiliki taman di rumah minimalis Anda.

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan, memiliki taman di rumah mungkin membutuhkan strategi penataan ruang yang baik. Hal ini karena keterbatasan lahan di perumahan dan padatnya perumahan, membuat tanah yang tersedia pun tidak banyak.

Jenis taman rumah, menata taman depan rumah, cara membuat taman rumah sederhana, cara membuat taman kecil di depan rumah, tanaman hias untuk taman mungil, taman depan rumah sederhana, taman minimalis, taman minimalis belakang rumah, taman depan rumah minimalis lahan sempit
Jenis taman tropis – Diminimalis.com

Walau begitu, memiliki taman di rumah dengan lahan yang terbatas saat ini tidak lagi menjadi halangan. Agar bukan hanya kesejukan dan keindahannya saja yang didipat, Ada baiknya Anda juga mengupayakan taman indah di malam hari meski dengan beberapa cara simpel.

Tips Membuat Taman di Rumah

Lalu bagaimana cara membuat taman sendiri di rumah dengan penataan yang baik

1. Manfaatkan Lahan

cara mengolah tanah taman, jenis tanah yang baik untuk tanaman, tanah untuk taman
Manfaatkan sisa laham Anda untuk taman rumah – diminimalis.com

Bila Anda memiliki rumah dengan area tanah yang cukup luas, tentu tak akan sulit bagi Anda untuk membuat taman. Anda bisa memanfaatkan tanah kosong di belakang rumah sebagai taman dengan menggunakan rumput jepang yang mudah dikembangbiakan.

Keberadaan taman di belakang rumah dapat Anda dan keluarga manfaatkan untuk bersantai setiap saat di sana. Sementara itu, untuk bagian depan Anda bisa memanfaatkan lahan yang ada sebagai taman dengan menghiasinya dengan berbagai tanaman hijau yang dapat membuat suasana rumah Anda menjadi asri.

Bagi Anda yang memiliki tanah sempit di sekitar rumah, Anda bisa memanfaatkan lahan yang ada. Baik di bagian depan, samping atau belakang rumah, sisa lahan yang Anda miliki tetap bisa dijadikan sebuah taman yang indah dan asri.

2. Tanamlah berbagai tanaman Hijau

Keberadaan sisa lahan di sekitar rumah sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja. Anda bisa menanam berbagai macam tanaman hijau sebagai isi dari taman yang Anda miliki. Tentu ini akan dapat memberikan kesegaran dan keindahan pada taman minimalis Anda.

Namun, bila Anda memiliki taman dengan luas tanah yang terbatas, Anda bisa meletakkan tanaman di dalam pot untuk memperindah taman. Keberadaan tanaman hijau dapat menyuplai oksigen untuk penghuni rumah, sehingga rumah Anda tetap terasa segar.

3. Diberi Dekorasi

Taman juga bisa dihiasi dengan berbagai macam dekorasi yang indah agar semakin membuat betah para penghuni rumah. Anda bisa meletakkan bangku, meja, lampu, lampion dan dekorasi lainnya untuk mempercantik taman.

Membuat taman yang menyegarkan di siang hari dan indah ketika malam hari dapat Anda buat dengan mengusung berbagai tema tertentu. Tema yang Anda usung untuk taman Anda bisa disesuaikan dengan tema keseluruhan rumah Anda.

Jenis – Jenis Taman Rumah Minimalis

Lalu jenis taman rumah apa saja yang bisa membuat taman Anda menjadi segar di siang hari dan memiliki suasana indah di malam hari? Berikut adalah beberapa tema yang dapat Anda usung untuk taman di rumah Anda :

1. Tema Bali

memperindah taman bergaya tropis, memperindah taman bergaya tropis di Indoensia, taman tropis gaya bali
Salah satu taman tropis tema Bali – diminimalis.com

Bila Anda pernah berkunjung ke Bali, beberapa hotel di Bali memiliki taman dengan dekorasi yang khas Penataan taman khas Bali bisa Anda rancang di taman di rumah Anda, seperti meletakkan kursi santai yang terbuat dari anyaman rotan dan beberapa bantal sebagai aksen pelengkap.

Tema Bali ini bisa Anda terapkan di berbagai tipe lahan taman, baik yang sempit maupun yang luas. Taman bisa menjadi cantik di malam hari dengan meletakkan lampu taman di beberapa sudut taman. Anda juga bisa meletakkan lampu kecil di atas tempat bersantai.

2. Tema Vintage

Tema vintage adalah salah satu tema yang sedang populer saat ini. Anda bisa menghias taman Anda dengan meletakaan beberapa hiasan dinding dengan konsep typography.

Sebagai temapt bersantai, Anda bisa meletakkan beberapa kursi dan meja kayu. Sementara itu, untuk mempercantik taman di malam hari, Anda bisa memasang lampu-lampu kuning 5 watt di atas taman minimalis Anda. Dengan begitu, taman Anda di malam hari akan nampak seperti café yang Anda tongkrongi.

3. Tema Bohemian

Selain tema vintage, tema bohemian adalah tema yang banyak diusung. Tema bohemian untuk taman Anda bisa diaplikasikan dengan membuat ruang baca di luar rumah. Anda bisa meletakkan tenda suku indian kecil di taman, dilengkapi dengan tikar dan bantal. Anda bisa mengaplikasikan lampu-lampu kecil di dinding sehingga di malam hari, taman Anda terasa hangat dan nyaman.

Itulah beberapa jenis taman rumah minimalis yang bisa menjadi sarana seru-seruan bersama keluarga tercinta di rumah. Tak perlu cara ribet dan mahal, Anda hanya perlu berkreasi dan memanfaatkan dekorasi yang ada.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.