Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Jenis Septic Tank yang Sebaiknya Anda pilih untuk rumah minimalis Anda

septic tank dengan instalasi sanitasi modern - diminimalis.com

Jenis septic tank pada rumah tangga dibedakan menjadi dua, yaitu septic tank konevsnional dan septic tank biologis. Pada setiap rumah, septic tank merupakan bagian terpenting yang harus ada sebagai rangkaian dari sistem sanitasi yang ideal. Dengan sistem sanitasi yang baik, maka lingkungan di sekitar akan lebih sehat dan jauh dari penyakit. Namun dalam membuat sistem sanitasi, masih banyak saja orang yang salah dalam membuat septic tank dengan standar yang baik. Hal inilah yang dapat menyebabkan lingkungan menjadi tidak sehat.

bio septic tank, harga septic tank bio, cara kerja septic tank biotech
septic tank dengan instalasi sanitasi modern – diminimalis.com

Jenis septic tank pada rumah tangga yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda pilih

1. Septic tank konvensional

Septic tank jenis ini menanpung limbah dari kamar mandi dengan sistem penguraian mengandalkan bakteri atau cacing tanah yang timbul dari limbah tersebut. Septic tank ini tidak memiliki sistem filter dan resapan untuk melindungi tanah di sekitarnya. Secara berkala septic tank ini akan penuh dan harus disedot, karena tidak memiliki bakteri pengurai untuk mengubah limbah menjadi cairan yang ramah lingkungan.

Jenis septic tank, bio septic tank, harga septic tank bio, cara kerja septic tank biotech
contoh septic tank biotech yang ramah lingkungan – diminimalis.com

2. Septic tank biologis / Bio septic tank

Pada septic tank biologis, limbah akan terurai hingga menjadi cairan bersih yang dapat dimanfaatkan kembali atau dialirkan di saluran umum. Saat ini ada beberapa jenis septic tank biologis yang telah beredar di pasaran, diantaranya:

a. Septic Tank Fiberglass

Jenis septic tank ini terdiri dari 3 bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Air limbah yang masuk ke septic tank ini akan masuk di bagian pertama (Posporasi), kemudian disaring dan dialirkan ke bagian ke dua yang sudah dilengkapi media biofilterion (Rumah bakteri pengurai). Pada bagian kedua tersebut, limbah diurai oleh bakteri pengurai / mikroorganisme dan dialirkan ke bagian ke tiga untuk diurai lebih lanjut. Sisa penguraian dari bagian ke tiga akan dialirkan ke luar menuju saluran drainase umum. Setelah melalui tabung disinfektan, limbah sudah aman dan menjadi cairan ramah lingkungan level 3 yang aman untuk rumah tangga.

b. Septic Tank Beton

Jenis septic tank ini terbuat dari beton yang juga terdiri 3 bagian, tapi dengan proses yang sedikit berbeda dengan septic tank berbahan fiberglass. Pada jenis septic tank ini, limbah yang masuk di bagian pertama akan disaring untuk memisahkan kotoran dengan posporasi. Limbah dari bagian pertama lalu dialirkan ke bagian ke dua untuk diproses oleh mikroorganisme yang memakan limbah tersebut dan mengolahnya menjadi cairan. Limbah yang sudah berubah menjadi cairan di bagian ke dua akan dialirkan ke bagian ke tiga untuk diendapkan kemudian diresapkan ke dalam tanah dan dialirkan ke sistem drainase kota.

Kelebihan dari bio septic tank daripada septic tank konvensional:

• Hasil buangan sesuai standar BPLHD dan digunakan lagi sebagai air bersih level 3.
• Pemasangan praktis dan mudah.
• Tidak membutuhkan perawatan khusus.
• Menggunakan biological ball dan bio filter.
• Tidak mudah penuh.
• Hemat lahan galian.
• Tidak mencemari sumber air tanah dan dapat di tanam berdekatan dengan sumur.

Demikian ulasan kami tentang jenis-jenis septic tank untuk rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami spetic tank biotech sebagai alternatif untuk rumah minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Septic Tank Biotech Alternatif Sanitasi Ramah Lingkungan untuk Rumah Minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.