Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Jenis Rel Pintu Geser Yang Dapat Menjadikan Pintu Lebih Awet

jenis pintu geser kayu - diminimalis.com

Rumah minimalis biasanya hadir dengan minimnya luas pada tiap-tiap ruangannya. Ruangan yang sempit memang mengharuskan penataan yang tepat agar tetap terkesan luas, sehingga nyaman saat digunakan. Ada banyak cara untuk menjadikan ruangan yang sempit terkesan luas dan pemilihan pintu geser adalah salah satunya. Namun, tahukah Anda bahwasannya pintu geser memiliki jenis rel pintu berbeda? Berikut pembahasannya.

jenis rel pintu
jenis rel pintu geser kayu – diminimalis.com

Penggunan rel pintu pada pintu geser memang tidak bisa terpisahkan. Tanpa adanya rel pintu, sistem kerja pintu geser tidak dapat berjalan dengan baik, bahkan bisa tidak berfungsi sama sekali. Apalagi jika rel pintu yang digunakan tidak tepat, hal ini selain dapat merusak daun pintu juga dapat membahayakan orang yang melintasinya dikarenakan daun pintu bisa jatuh dan menimpanya.


Jenis rel pintu geser

Dengan mengetahui jenis rel yang tepat untuk pintu geser diharapkan hal buruk di atas tidak terjadi dan fungsi pintu sebagai pengaman rumah bisa berfungsi dengan baik. Berikut beberapa jenis rel pintu geser yang lumrah dipakai pada pintu geser dan masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Mana pilihanmu?

Baca juga artikel menarik berikut >>  Manfaat Pintu Geser dan Kekurangannya untuk Rumah Minimalis Anda

Rel pintu gotri (pelor)

Secara keseluruhan sistem kerja pintu geser sebetulnya sama. Perbedaannya terletak pada mekanismenya saja yang menjadi bantalan pintu saat digeser. Sesuai dengan namanya, rel pintu gotri menggunakan gotri atau pelor sebagai media bantalan daun pintu saat digeser. Rel pintu jenis ini memiliki kelebihan disisi harganya yang relatif murah, sehingga cocok buat Anda yang memiliki kendala biaya.

Namun, apabila daun pintu yang Anda gunakan memiliki bobot yang cukup berat, ada baiknya tidak menggunakan jenis rel pintu ini. Beban berat yang diterima gotri bisa menyebabkan hancur sehingga menggangu kinerja pintu geser. Jadi, jika Anda ingin menggunakan rel pintu gotri sebagai pengganti engsel pintu, gunakan pula daun pintu yang memiliki bobot ringan.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Masalah Pintu Kayu Yang Sering Datang Dan Cara Mudah Mengatasinya

Rel pintu roda

jenis rel pintu
sistem roda pintu geser – diminimalis.com

Jika rel pintu gotri menggunakan gotri sebagai media ‘seluncurnya’, maka pada jenis rel pintu yang kedua ini menggunakan roda sebagai mekanisme geraknya. Roda yang digunakan biasanya terbuat dari bahan plastik nilon dan besi yang kuat menahan beban berat, sehingga Anda tidak usah khawatir roda akan cepat rusak.

Rel pintu jenis ini bisa dipakai pada daun pintu rumah yang biasanya hanya memiliki satu daun pintu maupun pada pintu yang memiliki lebih dari satu daun pintu seperti pada garasi dan toko, perbedaannya terletak pada besarannya saja. Pada rel garasi dan toko ukurannya jauh lebih besar dibandingkan rel pada pintu geser rumah.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai beberapa jenis rel pintu geser yang dapat Anda gunakan, masing-masing memiliki kelabihan tersendiri. Selamat mencoba (am).

 Baca juga: manfaat pintu geser

Leave A Reply

Your email address will not be published.