oleh

Berbagai Jenis Pohon Peneduh yang Cocok Anda Tanam di Depan Rumah

Ketika kita melakukan suatu perjalanan ke suatu tempat, baik itu masih di dalam kota maupun ke luar kota pastinya sering menjumpai sebuah pohon-pohon yang rindang berada di tepi jalan raya. Tidak dapat dipungkiri, setiap daerah dan wilayah yang ada di Indonesia, di pinggir jalan raya pasti memiliki pohon rindang yang berukuran cukup besar. Deretan pohon-pohon rindang yang berada di pinggir jalan adalah pohon yang memiliki manfaat besar bagi kehidupan manusia. Banyak sekali jenis pohon peneduh yang sering kita jumpai di pinggir jalan yang bermanfaat dan berguna untuk kehidupan kita.

Pohon juga bermanfaat untuk mencegah adanya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.
Selain itu, pohon sangat bermanfaat untuk mengurangi polusi udara, mengurangi adanya pemanasan global di muka bumi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, jenis pohon peneduh ini sangatlah berarti dan bermanfaat bagi masyarakat semua. Jika tidak ada pohon, maka akan jadi apa kehidupan kita di bumi ini? untuk itu penghijauan juga sangat dibutuhkan untuk setiap kota, apalagi kota-kota besar yang sudah banyak penduduknya. Penghijauan dilakukan dengan menanam jenis tanaman di tepi jalan yang akan menjadi sebuah pohon peneduh bagi banyak orang, khususnya ketika sedang dalam cuaca tang sedang panas-panasnya.

 Jenis Pohon Peneduh, jenis pohon peneduh depan rumah, pohon peneduh rumah minimalis, jenis tanaman pinggir jalan, jenis pohon pelindung
Pohon peneduh yang dapat memberikan banyak manfaat – Diminimalis.com

Jenis Pohon Peneduh di Tepi Jalan Perumahan

Untuk menanam pepohonan di pinggir jalan pun tidak boleh sembarang dalam memilih jenisnya. Jenis pohon peneduh yang berada di pinggir jalan ini haruslah sesuai dengan kriteria yaitu menyesuaikan tempatnya. Berikut ini beberapa contoh pohon peneduh yang sering kita jumpai:

1. Pohon Tanjung

 Jenis Pohon Peneduh, jenis pohon peneduh depan rumah, pohon peneduh rumah minimalis, jenis tanaman pinggir jalan, jenis pohon pelindung
Pohon tanjung – Diminimalis.com

Jenis pohon ini merupakan pohon yang rindang dan kokoh. Ciri-cirinya adalah tidak memiliki batang yang besar dan juga tidak terlalu tinggi, namun pohon tanjung adalah pohon yang memiliki daun yang rindan, sehingga sangat cocok sebagai pohon peneduh. Daun pohon tanjung juga tidak mudah rontok, sehingga sangat cocok untuk ditanam di pinggir jalan raya sebagai pohon peneduh yang tidak akan cepat mengotori jalan raya.

Ranting dari pohon tanjung ini tidak memiliki ukuran yang terlalu besar dan juga cukup kuat atau tidak mudah patah, sehingga akan mengurangi adanya peristiwa pohon tumbang. Ketika pohon ini berbunga juga berbau wangi, buahnya berwarna kehijauan tetapi jika sudah masak akan berubah menjadi kekuningan, dan memiliki biji yang dapat dijadikan kecik untuk dijadikan permainan anak-anak.

2. Pohon Bintaro

Jika Anda sering memperhatikan pinggir jalan raya, maka akan sering menjumpai pohon bintaro ini. Pohon ini sudah sangat sering ditanam di sejumlah pinggiran jalan raya kota-kota besar di Indonesia. Tanaman yang satu ini memiliki buah yang bentuknya sangat mirip dengan buah mangga, tetapi buah dari tanaman bintaro ini tidak dapat dikonsumsi karena mengandung racun yang membahayakan, bahkan banyak hewan seperti ular dan burung tidak berani mengkonsumsi buah bintaro ini. Walaupun begitu, pohon ini sangat idealis untuk dijadikan sebagai pohon peneduh karena memiliki dedaunan yang berbentuk bulat dan juga berwarna hijau tua.

3. Pohon Ketapang

Tanaman ketapang adalah tanaman yang sangat umum dijumpai diberbagai daerah. Pohon ketapang ini memiliki ranting yang tidak terlalu besar namun sangat ramping tumbuh dengan lurus ke atas. Pohon ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pohon peneduh. Daun dari pohon ketapang yang berbentuk oval dan melebar akan sangat cocok sebagai pohon peneduh kota.

4. Pohon Beringin

 Jenis Pohon Peneduh, jenis pohon peneduh depan rumah, pohon peneduh rumah minimalis, jenis tanaman pinggir jalan, jenis pohon pelindung
Pohon beringin yang nampak rindang – Diminimalis.com

Jika Anda sering singgah ke alun-alun kota daerah masing-masing, pasti disitu ada sebuah pohon besar dan rindang. Ya, pohon beringin memang sangat sering ditanam hampir di semua alun-alun kota. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh sampe ukuran sangat besar. Memiliki batang yang sangat besar, tebal, serta ada banyak semacam akar pohon yang tebal menggelantung ke bawah.  Meskipun begitu pohon beringin juga bisa dijadikan bonsai yang sangat indah untuk mennghias rumah.

5. Pohon Kiara Payung

Pohon kiara payung adalah salah satu pohon peneduh yang cepat tumbuh dan banyak disukai orang saat ini.Itu karena, pohon ini memiliki manfaat yang sangat besar yaitu mampu menyerap CO2 dengan sangat baik. Tinggi dari dari pohon ini bisa mencapai 11 meter, untuk itu pohon ini sangat banyak disukai oleh banyak orang sebagai pohon peneduh terbaik. Pohon kiara payung ini biasanya ditanam di sekitar rumah, sekolah, dan jalan raya.

Nah, itulah beberapa jenis jenis pohon yang sering kita jumpai dan kita gunakan sebagai pohon peneduh. Jika Anda menjumpai pohon-pohon di sekitar jalan raya mungkin saja beberapa diantaranya adalah yang sudah disebutkan seperti yang ada di atas. Beberapa jenis pohon peneduh di atas merupakan jenis pohon yang sering kita lihat di pinggir jalan raya.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.