Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Jenis Pencahayaan Interior Sebegai Penerang yang Indah di Malam Hari

tata cahaya tambahan pada plafon dari plafon sebagai ornamen keindahan - diminimalis.com

Jenis pencahayaan interior ruangan dibagi menjadi 3, yaitu general lighting, task lighting, dan accent lighting. Tata cahaya atau lighting yang ditata apik, akan memberikan nilai keindahan pada ruangan. Dengan memanfaatkan efek tata cahaya, kita dapat memberikan beragam kesan dan nuansa dalam sebuah ruangan.

desain plafon indah, desain plafon rumah sederhana, desain plafon kayu
cahaya tambahan pada plafon dari plafon sebagai ornamen keindahan – diminimalis.com

Jenis pencahayaan interior pada ruangan rumah minimalis

Mendesain tata cahaya untuk interior ruangan semestinya tidak dilakukan dengan asal-asalan. Karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan demi mendapatkan manfaat penerangan maupun keindahaan dari efek cahaya itu sendiri. Selain itu, desain pencahayaan juga perlu disesuaikan dengan fungsi ruangan, karakter bangunan, karakter pemilik, juga suasana yang ingin diciptakan. Di bawah ini kami akan mengulas tentang jenis-jenis tata cahaya pada interior rumah, yaitu:

Jenis pencahayaan interior, lampu kamar mandi, lampu kamar mandi otomatis, lampu yang tepat untuk kamar mandi
General lighting di kamar mandi yang nampak menawan – diminimalis.com

General Lighting
General lighting atau pencahayaan umum, adalah sistem pencahayaan yang menjadi sumber penerangan utama. Umumnya penerangan dilakukan dengan cara menempatkan titik lampu pada titik tengah ruangan atau pada beberapa titik yang dipasang secara simetris dan merata. Tujuan menggunakan general lighting adalah untuk menghasilkan sumber cahaya secara terang dan menyeluruh.

Lampu yang digunakan adalah lampu TL atau downlight. Selain itu, dapat pula digunakan pencahayaan tidak langsung (indirect lighting) dengan lampu tersembunyi yang memanfaatkan bias cahayanya saja. Keunggulan lampu indirect adalah dapat menghasilkan cahaya yang merata tanpa membuat mata silau. Selain itu, suasana “hangat” pun lebih terasa dengan bias lampu yang berwarna kekuningan.

Task Lighting
Task lighting merupakan sistem pencahayaan yang difokuskan pada suatu area untuk tujuan membantu aktivitas tertentu. Task lighting juga difungsikan untuk menghindari ketegangan mata ketika beraktivitas. Selain diperuntukkan sebagai lampu penegas fungsi, task lighting juga dapat berfungsi sebagai penegasan nuansa ruangan.

Contoh task lighting adalah ruang kerja yang dilengkapi dengan lampu meja untuk membaca sehinga mata tidak cepat lelah. Contoh lain adalah lampu gantung yang diletakkan di atas ruang makan yang mengarah pada meja makan.

Accent Lighting
Accent lighting adalah lampu yang digunakan untuk menyorot atau memfokuskan pada suatu benda supaya lebih terlihat dengan jelas. Accent lighting biasanya menggunakan spotlight karena dapat menghasilkan bias cahaya yang kuat dan menghasilkan fokus pada objek yang dituju. Aplikasi wall lamp juga dapat digunakan pada dinding tertentu sehingga menghasilkan tampilan ruang yang dinamis. Pemasangan accent lighting pada ruang dalam, umumnya digunakan untuk menyorot benda seni (artwork) atau menyorot lukisan.

Demikian ulasan kami tentang jenis pencahayaan interior pada ruangan rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami terkait pencahayaan rumah yang baik untuk kesehatan kenyamanan rumah minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Pencahayaan rumah minimalis yang baik ‘tuk rumah sehat dan nyaman

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.