Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

6 Jenis Kaca Rumah Minimalis Lengkap Beserta keunikannya

Jenis kaca rumah minimalis - diminimalis.com

Material kaca dalam rumah memiliki fungsi dan juga Jenis kaca rumah yang sangat beragam jika dilihat dari tekstur permukaannya. Kaca di dalam rumah ada yang berfungsi sebagai pelengkap furnitur dan ada juga yang memiliki peran sebagai material penyusun jendela dan pintu. Dari fungsi yang berbeda-beda inilah kemudian para pembuat kaca mendesain kaca mereka dengan bentuk dan bahan yang berbeda.

Jenis kaca rumah
Jenis kaca rumah minimalis – diminimalis.com

Jenis kaca jendela rumah minimalis yang digunakan sebagai material penyusun jendela tentunya akan berbeda dengan kaca yang digunakan sebagai atap. Kesalahan saat memilih material kaca yang hendak Anda gunakan pada bagian rumah Anda akan dapat membahayakan penghuni di dalamnya. Maka, ketahuilah dengan baik bagaimana sifat dan jenis kaca yang hendak Anda gunakan.

Ragam jenis kaca rumah

Untuk menghindarkan Anda dari kesalahan pemilihan material kaca untuk rumah minimalis, berikut diminimalis berikan ulasan singkatnya. selamat menyimak.

Kaca bening

Jenis kaca ini tidak dianjurkan untuk dipakai pada area eksterior rumah Anda dikarenakan ketidak mampuannya menahan panas matahari dalam jangka waktu yang lama. Bayangan yang dihasilkan oleh kaca ini hampir akurat yaitu sekitar 90% dari benda aslinya. Anda tinggal menyesuaikan ketebalan dari kaca dengan bidang yang hendak dipakai.

Kaca berwarna

Bagi sebagian orang jenis kaca rumah ini disebut dengan kaca rayben. Warna dari kaca ini diperoleh dari lembaran campuran logam yang dilapiskan di atas permukaannya. Kaca ini tidak hanya memiliki warna hitam saja namun juga abu-abu, hijau gelap, biru gelap dan warna tembaga. Kelebihan dari kaca ini adalah kemampuannya meyerap panas dengan baik sekitar 55%, sehingga ruangan yang memakai kaca ini akan terasa sejuk pada siang hari.

Kaca es

Jenis kaca rumah
keunikan kaca es – diminimalis.com

Kaca jenis ini biasanya digunakan pada tempat-tempat yang membutuhkan privasi tinggi seperti kamar mandi. Tekstur kaca yang bermotif pada salah satu sisinya bisa Anda gunakan sebagai aksesoris interior yang tentunya saja bisa membuat interior ruangan menjadi lebih indah. Harganya memang relatif mahal namun, sekarang banyak dijual stiker berefek kaca es yang bisa Anda gunakan dan tentu saja dengan harga yang lebih murah.

Kaca cermin

Anda menginginkan privasi terjaga? jenis kaca jendela rumah minimalis ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Kaca cermin memiliki lapisan transparan pada salah satu sisinya dan lapisan oksidasi logam pada sisi lainnya yang dapat memantulkan wujud benda di depannya.

Kaca tempered

Jenis kaca rumah ini merupakan jenis kaca paling kuat. Cocok sekali jika jenis kaca ini Anda gunakan sebagai dinding maupun pintu tanpa frame. Ketika pecah, jenis kaca tempered ini menghasilkan pecahan yang tumpul sehingga tidak membahayakan. Ada satu tips untuk Anda yang ingin menggunakan kaca tempered ini pada rumahnya, yaitu belilah kaca dengan ukuran sesuai agar tidak perlu pemotongan lagi yang akan mengurangi kualitas kaca.

Kaca laminasi

Jenis kaca yang terakhir adalah kaca laminasi. Kaca jenis ini umumnya digunakan pada kaca kendaraan umum semisal kereta api dan bis. Hal ini dikarenakan jenis kaca ini sangat kuat dan tidak mudah pecah. meskipun peca, kaca jenis ini tetap tidak mudah tembus dikarenakan ada lapisan polofinil yang menjaga agar pecahan kaca tetap menempel saat pecah.

Jika Anda ingin menggunakan kaca laminasi ini untuk kaca di area rumah perlu dipertimbangkan dengan baik. Hal ini dikarenakan jika terjadi kebakaran pada rumah, kaca ini tidak mudah untuk dipecah sehingga Anda bisa terjebak di dalamnya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai ragam jenis kaca rumah minimalis yang bisa Anda gunakan pada bagian interior maupun eksterior rumah. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am).

Baca juga: atap kaca

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.