Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Jenis-jenis Kayu untuk Konstruksi Rumah Rekomendasi Diminimalis

Kayu merupakan komponen yang pasti dibutuhkan dalam seabagai bagian dari konstruksi rumah - diminimalis.com

Pada kesemaptan kali ini, Diminimalis akan mengajak Anda untuk mengenal  lebih jauh tentang jenis-jenis kayu untuk konstruksi rumah. Sebelum tergeser oleh penggunaan baja ringan,  kayu merupakan bahan yang pasti selalu dibutuhkan untuk membangun sebuah  sebuah rumah. Meski permintaan baja ringan terus bertambah, ini berbanding lurus dengan tingkat perumbuhan kebutuhan rumah saat ini. Dan keberadaan baja ringan belum benar-benar mengganti peran kayu itu sebagai bahan konstruksi sebuah bangunan.

 jenis-jenis kayu untuk konstruksi rumah, jenis kayu dan kegunaannya, macam-macam kayu untuk bangunan,
Kayu merupakan komponen yang pasti dibutuhkan dalam seabagai bagian dari konstruksi rumah – diminimalis.com

Material kayu untuk konstruksi bangunan ada beragam jenisnya. Dari setiap jenis tersebut mempunyai keunggulan tersendiri, jika dilihat melalui segi sifat dan keindahannya. Keunggulan itulah yang bisa menjadi dasar pertimbangan pemilik rumah,  arsitek atau pemborongnya,  agar rumah yang dibangun bisa kokoh dan tahan lama.

Jenis-jenis Kayu untuk Konstruksi Rumah

Sebelum Anda menjatihkan pilihan dan menentukan jenis kayu apa yang Anda pilih dan digunakan untuk apa, ada baiknya Anda mengenal berbagai jenis-jenis kayu untuk konstruksi rumah terlebih dahulu. Ini semua berkaitan dengan rencana model rumah, budget dan peruntukan kayu itu sendiri, bagian mana yang perlu menggunakan bahan kayu dan bagian mana yang menggunakan bahan lain. Berikut ini beberapa jenis kayu umum digunakan sebagai bahan konstruksi rumah minimalis :

Kayu Jati

 jenis-jenis kayu untuk konstruksi rumah, jenis kayu dan kegunaannya, macam-macam kayu untuk bangunan,
Kayu Jati merupakan salah satu jenis kayu terbaik untuk bahan konstruksi bangunan – diminimalis.com

Kayu ini merupakan salah satu jenis kayu konstruksi rumah paling kokoh. Kayu jati memiliki serat serta teksur yang indah dengan karakter yang kuat dan tahan lama, halinilah yang membuat kayu jati menjadi pilhan terbaik untuk material bangunan. Kayu jati kebanyakan tersedia di seluruh pulau jawa, karena dari dahulu kondisi hutan hutan dan perkebunan di jawa cocok untuk budidaya pohon jati. Cuaca tropis dengan curah hujan yang tinggi membuat pohon jati ini dapat tumbuh dengan subur di perhutanan di jawa.

Kayu Bangkirai

Jenis kayu yang satu ini mempunyai tingkat keawetan dan kekerasan yang begitu tinggi. Namun, sayangnya kenis kayu bangkirai ini tidak punya kegetasan yang baik, sehingga rawan muncul keretakan. Kayu jenis ini banyak ditemukan di Kalimantan atau dan berbagai hutan tropis lainnya.

Kayu Merbau

Kalau Anda mencari kayu dengan kualitas yang tidak jauh beda dengan kayu jati, maka merbau bisa menjadi pilihan Anda. Kayu ini memiliki ketahanan lebih, terutama untuk menghadapi serangan rayap. Seratnya mempunyai tekstur garis putus putus yang menjadi sebuah ciri khas dari kau merbau ini.

Kayu Kamper

Bila Anda mencari kayu dengan harga yang lebih terjangkau, kayu kamper bisa menjadi pilihan. Memang ketahannya tidak sekuat kayu jati dan kayu merbau, tetapi seratnya begitu indah dan sangat halus. Kebanyakan kayu kamper digunakan sebagai bahan pembuatan pintu atau jendela.

Kayu Kelapa

Jenis pohon lain yang kayunya dimanfaatkan sebagai konstruksi bangunan ialah kayu pohon kelapa. Bagian dari kayu kelapa ini terdapat banyak serat pedek atau fiber. Jenis kayu pohon kelapa inisebenarnya sangat sangat beragam tergantung tempat tumbuhnya.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis kayu untuk konstruksi rumah. Akan tetapi pembahasan kita terbatas akan lima kayu tadi. Masih ada kayu lainnya seperti akasia, gelam karen dan seterusnya. Namun ulasan diatas, setidaknya sudah cukup mereferensikan untuk Anda, tentang jenis-jenis kayu yang layak Anda pilih untuk bahan konstruksi rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat.(ls)

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.