Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Jenis Ikan untuk Aquascape yang Indah dan Mempesona

ikan tetra - diminimalis.com

Aquascape bukanlah akuarium. Bila akuarium memiliki fungsi utama untuk memelihara ikan hias, maka aquascape lebih berfokus pada menonjolkan keindahan tanaman hiasnya. Namun, untuk membuat aquascape lebih menawan, Anda tetap bisa menambahkan ikan hias pada aquascape Anda agar tampilannya lebih indah. Namun sebelumnya Anda perlu memperhatikan keseimbangan ekosistem di dalamnya. Anda juga perlu memilih jenis ikan untuk aquascape yang tepat, karena aquascape membuthkan co2 yang lebih banyak daripada akuarium biasa.

jenis ikan untuk aquascape, ikan khusus aquascape, ikan untuk aquascape
Tidak semua ikan cocok untuk hidup di ekosistem aquascape – diminimalis.com

Jenis ikan untuk aquascape

Di bawah ini ada beberapa jenis ikan yang cocok disandingkan dengan tanaman hias di aquascape Anda, diantaranya yaitu.


1. Ikan Zebra

jenis ikan untuk aquascape, ikan khusus aquascape, ikan untuk aquascape
ikan zebra – diminimalis.com

Ikan zebra merupakan ikan air tawar mungil yang mudah dipelihara dan diternak. Ikan ini maksimal tumbuhnya hanya sepanjang 3 – 4 cm saja. Karena ikan Zebra memiliki warna yang cerah, maka akan cocok bila  dipelihara di aquascape.

Pemberian pakan dan merawatnya pun cukup mudah. Anda cukup memberikan cacing sutra atau pelet halus yang bisa Anda beli di toko ikan hias. Sifat ikan zebra yang lincah dan gemar bergerombol ini, tentu dapat membuat penampakan aquascape Anda nampak mempesona.

2. Ikan Guppy

jenis ikan untuk aquascape, ikan khusus aquascape, ikan untuk aquascape
ikan guppy – diminimalis.com

Meski tubuhnya kecil, ikan guppy memiliki ekor lebar bagaikan gaun yang indah. Keindahan ikan ini terlihat saat ekornya meliuk-liuk lembut seperti gaun yang tertiup angin. Selain itu, ikan ini juga memiliki warna-warni yang cerah.

3. Ikan Tetra 

jenis ikan untuk aquascape, ikan khusus aquascape, ikan untuk aquascape
ikan tetra – diminimalis.com

Jenis ikan Tetra yang umum dijadikan ikan hias di dalam aquascape adalah Cardinal tetra, Diamond Tetra dan Glowlight tetra. Cardinal tetra memiliki ukuranya yang kecil dan warnya yang terang. Diamond tetra memiliki sisik yang menyala dan termasuk jenis ikan yang aktif bergerak. Sedangkan Glowlight Tetra memiliki tubuh semi – tranparan dengan warna warni merah cerah dan oranye, ditambah garis dari yang memanjang dari mata hingga ekor.

Ikan tetra termasuk ikan yang damai dan dapat berdampingan dengan jenis ikan lain. Warna-warnanya yang terang dan memantulkan silau cahaya ini, membuat ikan tetra cocok dipelihara di aquascape Anda.

4. Udang hias  Red Cherry Shrimp

udang hias untuk akuarium, aquarium ikan hias, makanan udang hias air tawar
red cherry shrimp- diminimalis.com

Red Cherry Shrimp merupakan jenis udang air tawar berwarna merah terang pada bagian badan hingga ekornya. Di Indonesia, udang ini terkenal dengan warna merah terangnya walaupun untuk ada beberapa banyak pilihan lain untuk species Red Cherry Shrimp ini. Harganya juga cukup murah yaitu sekitar Rp10.000 – Rp20.000 per ekornya. Dalam merawat udang ini perlu di perhatikan kualitas airnya terutama fluktuasi kimia air. Red Cherry Shrimp akan terlihat sangat cantik bila dekorasi akuariumnya gelap, karena warna tubuhnya yang terang sehingga lebih terlihat warn-warnanya.

5. Udang hisa Blue Pearl Shrimp

udang hias untuk akuarium, aquarium ikan hias, makanan udang hias air tawar
Blue peral – diminimalis.com

Sesuai dengan namanya, udang ini memilki warna biru terang layaknya mutiara yang berkilau. Terlebih jika dilihat pada malam hari atau dengan cahaya redup, warna birunya akan terlihat lebih mewah dan elegan. Haganya juga sangat bersahabat, yaitu Rp 10. 000 per ekornya untuk harga di pasaran.

Demikian ulasan kami tentang beberapa jenis ikan untuk aquascape yang cocok dipleihara berdampingan dengan tanaman aquascape Anda. Semoga adanya ikan-ikan hias tersebut, membuat tampilan aquascape Anda menjadi lebih indah dan menawan. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.